29 Jul 2019

Apa yang Di Maksud Dengan Pengetahuan?


Pengertian Pengetahuan adalah Informasi atau Maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Simple... Tapi kayaknya belum lengkap kan,yuk simak selengkapnya

Definisi Pengetahuan secara umum dan lengkap, adalah Informasi atau Maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah betul dan berguna.

Di dalam pengertian lain menyebutkan bahwa Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.

Contohnya ketika seseorang menaiki sebuah wahana Roller Coaster, ia akan mendapatkan pengetahuan bagaimana rasanya menaiki wahana Roller Coaster tersebut. Apakah seru atau tidak ?? Silahkan di jawab sendiri ya... 😂

Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat di benak seseorang.

Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap suatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Manakala informasi dan data sekedar ber-kemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan yang sangat mendalam, maka Pengetahuan berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Inilah yang disebut dengan potensi untuk mendaki.

Lalu, Apa saja Sumber Pengetahuan ??

Pengetahuan yang dimiliki oleh Seseorang tentu saja berasal dari berbagai sumber.

Berikut adalah sumber Pengetahuan :

  1. Kepercayaan yang didasarkan dari tradisi
  2. Kebiasaan-kebiasaan dan agama
  3. Panca indra/pengalaman
  4. Akal pikiran
  5. Intuisi Individual

Syarat-Syarat Dari Ilmu Pengetehuan :

  • Metodis

Metodis itu sendiri adalah berupaya untuk melakukan minimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran-kebenaran tersebut. Konsekuensinya, ada cara tertentu untuk menjamin kepastian dari kebenaran-kebenaran tersebut. Metodis itu berasal dari bahasa Yunani "Metodos" yang berarti adalah jalan dan cara. Secara umum, Metodis berarti metode-metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode-metode ilmiah.

  • Objektif

Ilmu Pengetahuan itu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun dari dalam. Objek tersebut dapat bersifat ada atau mungkin ada karena harus masih di uji dulu keberadaannya. Dalam kajian objek, yang dicari adalah tentang kebenarannya, yakni kesesuaian antara tahu dengan objek tersebut, sehingga disebut sebagai kebenaran objektif, bukan subjektif berdasarkan dari subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.

  • Universal

Kebenaran yang mau dicapai adalah kebenaran yang bersifat Universal (umum) tidak bersifat tertentu.

  • Sistematis

Sistematis perjalanannya mencoba untuk bisa mengetahui dan menjelaskan suatu objek, Ilmu Pengetahuan harus terurai dan dirumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga di bentuknya suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu dan harus mampu menjelaskan rangkaian sebab menyangkut objeknya.

Lalu, Apa saja jenis Pengetahuan ??

Jenis Pengetahuan khususnya dalam pokok bahasan Manajemen Pengetahuan, terdapat 2 jenis utama Pengetahuan bila dilihat dari perihal eksplisitasnya :

  • Pengetahuan Implisit

Pengetahuan Implisit merupakan pengetahuan yang masih tertanam dalam bentuk pengalaman Seseorang dan berisikan faktor-faktor yang tidak bersifat nyata seperti keyakinan pribadi, perspektif, dan prinsip. Pengetahuan diam Seseorang biasanya sulit untuk ditransfer ke orang lain baik secara tertulis ataupun lisan. Keahlian berbahasa, mendesain, atau mengoperasikan sebuah mesin atau alat rumit dapat membutuhkan pengetahuan yang tidak selalu bisa tampak secara eksplisit, dan juga tidak begitu mudahnya untuk mentransferkannya ke orang-orang secara eksplisit.

Contoh dari Pengetahuan Implisit adalah kemampuan mengendarai motor. Pengetahuan umum bagaimana mengendarai motor adalah bahwa agar bisa seimbang dan bisa memposisikan bagaimana badan kita agar tidak jatuh. Bila motor menoleh ke kiri, maka arahkan setir ke kanan. Untuk berbelok ke kanan, pertama belokkan dulu setir ke kiri sedikit, lalu ketika motor sudah condong ke kanan, belokkan setir ke kanan. Tapi mengetahui itu saja mungkin tidak cukup bagi seorang pemula untuk bisa menyetir motor.

Seseorang yang memiliki Pengetahuan Implisit biasanya tidak menyadari bahwa Dia sebenarnya memilikinya dan juga bagaimana pengetahuan itu bisa mengutungkan orang lain. Untuk mendapatkannya pun, memang membutuhkan pembelajaran dan keterampilan, namun tidak lantas dalam bentuk-bentuk yang tertulis. Pengetahuan Implisit seringkali berisi kebiasaan dan budaya yang bahkan Kita tidak menyadarinya.

  • Pengetahuan Eksplisit

Pengetahuan Eksplisit merupakan pengetahuan yang telah di dokumentasikan atau disimpan dalam wujud nyata berupa media atau semacamnya. Dia telah di aritikukalasikan ke dalam bahasa resmi dan bisa dengan relatif murah di sebarluaskan.

Bentuk umum dari Pengetahuan Eksplisit adalah petunjuk penggunaan, tata cara, dan video how to. Pengetahuan juga bisa termediakan secara audio-visual. Hasil kerja seni dan desain produk juga bisa dipandang sebagai suatu bentuk pengetahuan eksplisit yang merupakan eksternalisasi dari keterampilan, motif dan pengetahuan manusia.

  • Pengetahuan Empiris

Pengetahuan yang menekankan pengamatan dan pengalaman inderawi dikenal dengan Pengetahuan Empiris atau Pengetahuan Aposteriori. Pengetahuan ini bisa di dapatkan dengan melakukan pengamatan yang dilakukan secara Empiris dan Rasional. Pengetahuan Empiris tersebut juga dapat berkembang menjadi pengetahuan deskriptif bila seseorang dapat melukiskan dan menggambarkan segala ciri, sifat dan gejala yang ada pada objek Empiris tersebut.

Pengetahuan Empiris juga bisa di dapatkan melalui pengamatan pribadi manusia yang terjadi berulang kali. Misalnya, Seseorang yang sering di pilih untuk memimpin sebuah perusahaan, dengan sendirinya akan mendapatkan Pengetahuan tentang manajemen Perusahaan.

  • Pengetahuan Rasionalisme

Pengetahuan Rasionalisme merupakan Pengetahuan yang diperoleh melalui akal budi. Rasionalisme menekankan pengetahuan yang bersifat apriori, dan tidak menekankan pada pengalaman. Contohnya, Pengetahuan tentang matematika. Dalam matematika, hasil 8 x 9 = 72 bukan di dapatkan melalui pengalaman atau pengamatan Empiris, melainkan melalui sebuah pemikiran logis akal budi.

Terus, Bagaimana Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengetahuan ??

Pengetahuan Seseorang di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Pendidikan

Pendidikan adalah sebuah proses pengubahan sikap dan tata laku Seseorang atau kelompok dan juga usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, maka Kita jelas dapat kerucutkan sebuah visi pendidikan yaitu mencerdaskan manusia.

  • Media

Media yang secara khusus di desain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Contoh dari media massa adalah :

➪ Televisi ( TV )

➪ Radio

➪ Koran

➪ Majalah

  • Informasi

Informasi adalah suatu yang dapat di ketahui, namun ada pula yang menekankan Informasi sebagai transfer Pengetahuan. Selain itu, istilah Informasi juga memiliki arti yang lain sebagaimana diartikan oleh RUU Teknologi Informasi yang mengartikannya sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memanipulasi, mengumumkan, menganalisis, dan menyebarkan Informasi dengan tujuan tertentu. Sedangkan, Informasi tersebut mencakup data, teks, gambar, suara, kode, program komputer, basis data. Adanya perbedaan definisi Informasi di karenakan pada hakikatnya Informasi tidak dapat di uraikan ( Intangible ), sedangkan Informasi itu di jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yang diperoleh dari data dan pengamatan terhadap dunia sekitar Kita serta di teruskan melalui Komunikasi.

Nah, sudah tau kan... Apa definisi dari Pengetahuan itu sendiri. Admin harap dapat menjadi berkah dalam berbagi ilmu disini dan dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda 😇🙏

Buka Komentar