30 Jul 2019

Apa Yang Di Maksud Dengan Komputer?


Pengertian Komputer Adalah alat yang di gunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer pada dasarnya dipakaikan untuk menggambarkan orang yang tugasnya melakukan perhitungan aritmetika tanpa alat bantu. Arti dari kata tersebut lalu dipindahkan pada mesin itu sendiri. Pada awalnya, pengolahan informasi ini hampir eksklusif bersamaan dengan masalah aritmetika, tapi pada komputer digunakan untuk banyak tugas yang tidak ada hubungannya dengan aritmetika.

Dalam artian ini terdapat alat yang disebut Slide Rule, macam-macam kalkulator mekanik dari abaskus dan sebagainya, sampai dengan keseluruhan komputer elektronik yang kontemporer. Istilah tersebut cocok dalam artian yang luas seperti "komputer" merupakan "yang bisa mengolah informasi" atau "sebuah sistem pengolahan informasi".

Kata Computer umumnya pernah di pakai untuk mendefinisikan individu atau orang yang melaksanakan hitungan aritmetika tanpa alat pembantu. Kata tersebut di pakai dalam Bahasa Inggris tahun 1646 sebagai kata "orang yang menghitung" lalu pada tahun 1897 juga dipakai sebagai "alat hitungan mekanis". Pada saat terjadi Perang Dunia II kata tersebutdiberikan kepada pekerja wanita USA (Amerika Serikat) dan Inggris yang tugasnya menghitung jalannya artileri perang menggunakan mesin hitung.

Orang yang menemukan Komputer dan sekaligus mendesainnya adalah Charles Babbage yaitu Mesin Analitikal. Yang lain-lainnya, berbagai alat mesin yang sederhana seperi Slide Rule juga bisa dibilang sebagai Komputer.

Jenis Komputer

  • Komputer Benam

    Sekitar 20 tahun lalu, banyak macam alat rumah tangga, terkhususnya panel dari permainan video termasuk juga telepon genggam, perekam video berbentuk kaset dan yang lainnya di dalam rumah tangga, otomotis, industri dan alat-alat elektronik lainnya. Semua iu berisikan sirkuit elektronik seperti komputer yang sudah memenuhi konsep  Turing. Terkhusus untuk komputer yang lain pada umumnya di sebut sebagai "mikrokontroller" (Komputer Benam). Oleh sebab itu, banyak yang dibatasi pada definisi komputer untuk alat yang artian pokoknya adalah pengolahan informasi, meskipun menjadi bagian dari sistem yang besar seperti telepon, pesawat terbang dan oven mikrowave dan bisa di ganti untuk berbagai tujuan dari si pengguna tanpa menggunakan midifikasi fisik. Berbagai macam contoh dari Komputer Benam yaitu MiniKomputer, Komputer Pribadi (PC), dan Komputer Kerangka Utama.
  • Komputer Pribadi (PC)

    Komputer Pribadi (PC) merupakan istilah yang di ketahui orang pada biasanya, sehingga orang yang tak akrab dalam bentuk komputer tak terkecuali Komputer Pribadi. Hanya orang yang khusus saja yang dapat memakai istilah tersebut secara eksklusif agar menunjukkan istilah lebih menuju ke arah yang spesifik dan tepat sasaran. Komputer Pribadi (PC) di kenalkan di Indonesia tahun 1980.

Macam-Macam Komponen Komputer Yang Diketahui

  • Processor

    Processor merupakan sebuah hardware yang menjadi otaknya komputer, tanpa processor maka komputer tidak bisa dijalankan. Processor ini merupakan IC yang mengontrol jalannya sebuah komputer dan kegunaan dari processor itu sendiri adalah untuk melakukan perhitungan dan menjalankan sesuai dengan tugasnya.

  • Memory

    Memory merupakan sistem generik bagi tempat penyimpanan data di komputer. Memory yang Anda kenal sinkatannya adalah RAM (Random Access Memory). Dan fungsi dari memory sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara.

  • MotherBoard

    MotherBoard adalah salah satu hardware yang paling penting di dalam sebuah komponen komputer. Bentuk dari MotherBoard sendiri ialah sebuah papan sirkuit yang hampir sama sengan PCB, dimana tempat inilah berbagai macam komponen-komponen lain di satukan dan bisa terhubung satu sama lain. Apabila tidak ada MotherBoard ini sudah bisa dipastikan komputer yang Anda gunakan tidak akan berfungsi.

    Kegunaan dari MotherBoard sendiri ialah menyambungkan beberapa komponen seperti VGA Card, Processor, BIOS, RAM, Chipset, dan Additional Card. Dengan adanya MotherBoard ini semua peralatan dan perlengkapan sebuah komputer mampu berfungsi sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.

  • Casing

    Kegunaan dari Casing yaitu sebagai rumah untuk bisa memasangkan hardware komputer dan sekaligus untuk melindungi komponen komputer dari panas, debu, air ataupun kotoran agar proses dari berjalannya sebuah komponen komputer bisa bekerja dengan maksimal dan juga untuk melindungi dari benturan.

    Dan fungsi lain dari Casing yaitu sebagai tempat komponen komputer yang bernama Exhaust Fan sebagai pendingin pada saat komponen komputer lainnya bekerja.

  • Power Supply

    Power Supply merupakan Hardware yang berguna untuk mensuplai tegangan langsung dari komponen ke komponen lainnya di dalam casing yang membutuhkan tegangan. Masukan dari Power Supply itu berupa arus bolak-balik (AC) dan mengubahnya menjadi arus searah (DC). Kemudian letak dari Power Supply  di bagian belakang atas casing.

  • CDROM

    Kepanjangan dari CDROM adalah Compact Disk Read-Only Memory yang merupakan sebuah hardware yang terdapat dalam sebuah komponen komputer yang bentuknya seperti balok yang berfungsi sebagai tempat membaca data dalam CD.

    Pada umunya, CDROM terbagi menjadi 2, yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Fungsi dari CDROM sendiri ialah untuk membaca data dari dalam CD dan mem-burning data ke dalam CD.

  • Monitor

    Monitor adalah salah satu hardware yang di pakai untuk menampilkan output video dari sebuah CPU dan penggunaannya itu tidak bisa di pisahkan dari komputer karna komponen itu sangatlah penting.

    Dan fungsi dari Monitor itu adalah untuk menampilkan video serta informasi grafis yang di hasilkan oleh komputer itu sendiri melalui alat yang disebut dengan VGA Card (Kartu Grafis). Monitor komputer serupa dengan televisi. Namun, televisi mampu menghasilkan dan menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi tinggi.

  • VGA Card

    Kepanjangan dari VGA Card adalah Video Graphics Array Card yang berguna untuk menterjemahkan sinyal digital dari sebuah komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Oleh sebab itu, beberapa macam komputer yang tidak mempunyai VGA Card maupun mempunyai VGA Card dengan menggunakan kualitas seadanya dan tampilan layar pun menjadi kurang baik dan tidak menarik.

  • Hard Disk

    Hard Disk merupakan hardware komponen komputer agar bisa mendukung komputer dan laptop untuk menyediakan penyimpanan data atau output dari berbagai macam proses data dari komputer.

    Kegunaan dari Hard Disk itu sendiri ialah, untuk menyimpan data secara permanen ke dalam seluruh sector yang terdapat pada disk yang sudah tersedia, baik itu hanya di baca saja ataupun bisa juga ditulis.

Jadi itulah pengertian dari Komputer. Semoga apa yang Admin bagikan dapat berguna bagi Anda semuanya. Sekian dan Terima Kasih sudah berkunjung.

Buka Komentar