Please Wait...

RajaBackLink.com

Berbagai Macam Jenis Kopi Dan Cara Pembuatannya

Proses Pembuatan Kopi

Dari banyaknya jenis biji kopi yang dijual di pasaran, ada terdapat 2 jenis utama, yaitu kopi arabika (Coffee Arabica) dan kopi Robusta (Coffee Robusta). Jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing yaitu :

  • Biji Kopi Robusta

Kopi tersebut ( Robusta ) pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi Robusta bisa di bilang sebagai kopi kelas 2, karna rasanya lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang banyak. Selain itu, cakupan wilayah tumbuh kopi robusta luas daripada kopi arabika yang harus tumbuh pada ketinggian tertentu. Kopi robusta bisa ditumbuhkan dari ketinggian 800 M di atas permukaan laut. Oleh karena itu, kopi Robusta ini lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi Robusta murah. Kopi Robusta banyak di tumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

  • Biji Kopi Arabika

Kopi Arabika adalah bentuk kopi tradisional dengan rasa terbaik. Kopi Arabika berasal dari Ethiopia dan saat ini telah di kembangkan di berbagai belahan dunia. Secara umum, kopi Arabika tumbuh di negara yang ber iklim tropis dan subtropis. Kopi Arabika ini dapat tumbuh dari ketinggian 600-2000 M diatas permukaan laut. Tumbuhan kopi Arabika bisa tumbuh pada ketinggian 3 M bilamana kondisi lingkungan yang baik. Tumbuhan kopi Arabika bisa tumbuh pada suhu optimalnya yaitu antara 18-26⁰C. Bentuk dari kopi Arabika yaitu berukuran kecil dan berwarna hijau dan merah gelap.

  • Kopi Luwak

Ada juga jenis kopi yang lain dari turunan kopi Arabika dan kopi Robusta, dan salah satunya kopi yang terkenal adalah kopi Luwak yang asalnya dari Indonesia. Kopi Luwak ini adalah kopi yang dengan harga jual tinggi di seluruh dunia. Proses pembuatan dan rasanya yang sangat unik ini yang menjadi alasan utama harga jual kopi ini menjadi sangat tinggi.

Berbagai jenis minuman kopi yang sering dijumpai :

  • Kopi Hitam

Kopi murni yang di ekstraksi langsung dari merebus biji kopi dan disajikan tanpa tambahan apapun.

  • Kopi Latte

Jenis kopi yang ditambahkan susu dengan perbandingan antara susu dan kopi 3:1.

  • Kopi Espresso

Kopi Espresso ini di buat dengan meng-ekstrak biji kopi pakai uap panas pada tekanan yang tinggi.

  • Kopi Tubruk

Kopi Tubruk adalah kopi yang berasal dari Indonesia yang di masak dengan biji kopi dan di campur dengan gula.

  • Kopi Instan

Kopi yang di keringkan dan di granulasi.

  • Kopi Irlandia

Kopi Irlandia adalah kopi yang di campur pakai whiski.

  • Kopi Melya

Kopi Melya adalah kopi yang yang di campur dengan bubuk cokelat dan madu.

  • Kopi Cappuccino

Kopi yang di campur dengan susu, krim dan sedikit serpihan cokelat.

  • Kopi Frappe

Kopi Frappe berbentuk espresso yang di sajikan dalam bentuk dingin.

  • Kopi Moka

Kopi ini mirip dengan kopi cappuccino dan latte, tapi kopi moka di tambah dengan sirup cokelat.

  • Kopi Dry Cappuccino

Kopi Cappuccino yang di beri sedikit krim dan tanpa menggunakan susu.

  • Kopi Oleng

Kopi yang berasal dari Thailand yang di seduh dengan jagung, kacang kedelai dan wijen.

Proses Pembuatan Kopi

  • Panen dan Memisahkan Cangkang Biji Kopi

Tumbuhan kopi berdaun warna hijau dan berbunga putih. Bunga tersebut akan menghasilkan buah mirip ceri yang terbungkus dengan tertutup cangkang yang keras. Hasil pembuahan inilah yang disebut dengan biji kopi. Memanen biji kopi biasanya pakai metode manual dengan tangan. Setelah itu, biji kopi yang sudah dipanen tersebut dipisahkan dari cangkangnya. Terdapat 2 cara yang sering dipakai, yaitu dengan cara penggilingan dan cara pengeringan menggunakan mesin. Dalam kondisi daerah yang kering pada umumnya digunakan cara pengeringan dibawah matahari langsung. Jika sudah kering maka cangkang biji kopi akan lebih murah untuk di tanggalkan. Di Indonesia sendiri, biji kopi di keringkan sampai kadar air tersisa tinggal 30%-35%. Metode lainnya menggunakan mesin. Sebelum digiling, biji kopi harus dicuci terlebih dahulu. Waktu di giling dalam mesin, biji kopi akan mengalami fermentasi yang singkat.

  • Pemanggangan Biji Kopi

Jika sudah di pisahkan dari cangkangnya, biji kopi siap untuk masuk ke proses pemanggangan. Ini yang proses yang secara langsung bisa meningkatkan warna dan cita rasa dari biji kopi tersebut. Secara fisik, biji kopi terlihat berubah dari pengeringan biji dan menurunnya berat biji kopi secara keseluruhan. Pori-pori di seluruh permukaan biji kopi akan nampak terlihat lebih jelas. Warna kecoklatan dari biji kopi pun akan terlihat pekat.

  • Penggilingan Biji Kopi

Tahap kemudian, biji kopi yang sudah kering akan digiling untuk membesarkan luas dari permukaan biji kopi. Dengan tambah luasnya permukaan biji kopi maka proses ekstraksi akan jadi lebih efisien dan cepat. Menggiling biji kopi dengan benar bisa menghasilkan aroma, rasa dan tampilan yang baik. Hasil dari menggiling biji kopi tersebut harus segera dimasukkan ke wadah yang kedap udara agar tidak menghilangkan cita rasa kopi tersebut.

  • Proses Perebusan Biji Kopi

Proses merebus biji kopi adalah proses yang terakhir dari pengolahan biji kopi sampai di konsumsi. Untuk mendapatkan minuman kopi yang bercita rasa lebih baik, merebus biji kopi harus di buat dengan baik dan sempurna. Terdapat banyak jenis variabel dalam merebus biji kopi, yaitu komposisi biji kopi dan air, ukuran partikel, suhu air yang di gunakan dan lama perebusan. Kesalahan kecil saja dalam merebus biji kopi bisa menurunkan cita rasa kopi tersebut.

  • Dekafeinasi

Menghilangkan kafein termasuk dalam cara tambahan dari seluruh pengolahan kopi tersebut. Tujuan dari dekafeinasi adalah untuk menghilangkan dan menurunkan kadar kafein dalam kopi agar rasa kopi tidak terlalu pahit, tujuan lainnya adalah untuk menekan efek samping dari aktivitas dalam tubuh. Proses dari dekafeinasi dilakukan dengan melarutkan kafein di dalam senyawa metilen klorida dan etil asetat.

Jadi itulah macam-macam jenis kopi serta cara pembuatan biji kopi sampai bisa dikonsumsi oleh semua orang. Semoga apa yang Admin bagikan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari sobat. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung.