Please Wait...

RajaBackLink.com

Inilah Cara Memperbaiki Sinyal HP Android Yang Hilang Timbul

Cara Memperbaiki Sinyal HP Android Yang Hilang Timbul

Apakah HP Android Anda sering sinyalnya hilang timbul ?

Memang sinyal HP menjadi salah satu faktor penting yang berguna untuk berkomunikasi jarak jauh dan juga menjelajah dunia internet.

Kali ini Admin akan membagikan tips cara memperbaiki HP Android yang sinyalnya hilang timbul dan bisa Anda terapkan ke semua HP Anda. Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Sinyal Di HP Android Yang Hilang Timbul

Sebelum masuk ke cara memperbaikinya, ternyata gangguan sinyal di HP Android ada beberapa faktor. Dan penyebabnya itu ialah :

  1. Posisi Anda di luar jangkauan jaringan.
  2. Ada kerusakan pada hardware HP Android Anda.
  3. Faktor cuaca yang buruk.
  4. Ada aplikasi yang lagi bermasalah pada HP Android Anda.
  5. Jaringan pada operator Anda sedang dalam perbaikan.
  6. Penerima Sinyal pada HP Android Anda bermasalah.

Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan cara yang Admin bagikan di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Timbul Di Android

Saat sinyal HP Anda hilang secara mendadak, maka yang harus Anda lakukan mencari titik permasalahannya. Ada 2 kemungkinan terjadi yaitu : SIM Card yang bermasalah atau HP Android itu sendiri yang bermasalah.

Untuk men-cek SIM Card yang bermasalah caranya cukup mudah, silahkan Anda lepas saja SIM Card Anda dari HP Android Anda, kemudian setelah itu pasang kembali secara pelan-pelan.

Jika SIM Card telah di pasang kembali, namun tidak bekerja dan juga tidak menunjukkan indikator sinyal ,berarti emang SIM Card Anda yang bermasalah. Dan jika HP Android Anda baik-baik saja dan SIM Card Anda yang bermasalah, silahkan Anda menghubungi penyedia layanan operator Anda.

Namun jika sebaliknya, SIM Card Anda masih berfungsi dengan baik, seperti bisa mengirim sms dan menelpon, berarti HP Android Anda yang bermasalah.

Untuk permasalahan di HP Android Anda, silahkan Anda ikuti cara-cara yang Admin bagikan di bawah ini :

  • Menggunakan Mode Pesawat

Anda cukup mengaktifkan Mode Pesawat di HP Android Anda. Tunggu beberapa saat, kemudian matikan mode pesawat tersebut.

Dengan cara tersebut bisa membuat HP Android Anda mencari server jaringan 4G LTE yang lebih bagus. Cara ini sudah banyak di buktikan oleh semua orang, dan terbukti ampuh dan efektif.

  • Cek Jaringan HP Android Secara Manual

Untuk memilih jaringan secara manual, caranya cukup mudah. Silahkan Anda masu ke menu pengaturan HP Android Anda dan masuk ke menu Pengaturan Jaringan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Settings - Network - Connections - Mobile Network - Select Operator -  Select Automatically. Jika sudah Anda atur, maka HP Android Anda akan mencoba mengkoneksikan jaringan pada jaringan yang sudah terdeteksi.

  • Cek Pemasangan SIM Card HP Android Anda

Jika indikator sinyal di HP Android Anda belum muncul juga, coba Anda cek kembali apakah SIM Card yang anda masukkan sudah benar ke slot SIM Card. Pemasangan SIM Card yang salah membuat SIM Card tidak terdeteksi dan sinyal pun tidak akan muncul.

  • Restart HP Android Anda

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk di lakukan. Dengan melakukan restart, HP Android Anda akan mulai memproses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Tapi bukan kekasih baru. Haha...

Dengan melakukan cara ini, cara ini juga ampuh dalam mengatasi jaringan HP Android Anda.

  • Sinyal Radio Dari HP Android Anda Yang Buruk 

Sinyal HP Android Anda yang hilang mungkin bisa saja di sebabkan karna HP Android Anda tidak bisa memunculkan sinyal radio dengan benar. Untuk bisa memperbaiki hal tersebut, silahkan Anda ikuti lakngkah-langkahnya.

Langkah-Langkahnya :

  1. Silahkan Anda ketik di HP Android Anda dengan kode *#*4636*#*.
  2. Kemudian, akan muncul menu yang bernama Phone Information.
  3. Selanjutnya, Anda cari dan klik Run Ping Test dan lihat ke bawah dan pilih LTE/GSM auto (PRL). Setelah itu, tekan pada tombol Turn Off Radio.
  4. Ketika Anda sudah selesai, silahkan restart HP Android Anda dan lihat hasilnya, apakah sudah kembali kembali normal atau belum.

  • Silahkan Anda Hubungi Penyedia Layanan Operator Anda

Cara tersebut adalah cara dimana Anda merasa sudah menyerah untuk bisa mengembalikan sinyal HP Android Anda yang masih suka hilang timbul. Jika sudah Anda lakukan semua cara tersebut tapi masih hilang timbul, berarti ada kesalahan di penyedia layanan operator Anda. Bisa jadi operator pada penyedia layanan jaringan Anda ada masalah dan pihak operator tidak sadar bahwa di wilayah Anda ada permasalahan jaringan. Ada baiknya, Anda langsung segera melaporkan permasalahan Anda ke operator penyedia jaringan Anda.

  • Tukar SIM Card Anda

Untuk bisa memastikan jaringan HP Android Anda yang hilang timbul, coba Anda tukarkan SIM Card Anda ke orang lain. Jika sudah Anda tukarkan SIM Card Anda pada orang lain, dan sinyal di SIM Card Anda baik-baik saja, maka sudah dapat dipastikan HP Android Anda yang bermasalah.

Jika hal ini terjadi, Silahkan Anda bawa HP Android Anda ke Service Center di wilayah Anda. Ada baiknya, Anda service HP Android Anda ke Service Center resmi.

Jadi itulah cara memperbaiki sinyal HP Android Anda yang hilang timbul. Semoga apa yang Admin berikan dapat bermnfaat bagi Anda. Dan semoga HP Android Anda yang hilang sinyal tadi bisa kembali seperti semula dalam keadaan normal. Sekian dan Terima Kasih sudah berkunjung.