27 Jul 2019

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi


Salah satu ancaman yang paling menakutkan bagi pengguna laptop adalah mengenai keyboard yang tidak berfungsi sama sekali. Masalah tersebut bisa menghambat Kita dalam pekerjaan dan bisa membuat Kita stress.

Penyebab keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali, mungkin karna ada yang bermasalah pada software dan hardware laptop Kita tersebut.

Jadi apa langkah Kita berikutnya agar Kita bisa mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ?

Berikut Admin jelaskan disini...

Dari sudut pandang manapun, keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang mempunyai peran yang sangat penting. Karna sering di pakai, keyboard inilah yang menjadi salah satu bagian laptop yang paling mudah mengalami kerusakan.
Didalam tutorial inilah Admin akan menjelaskan bagaimana solusi untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi sama sekali.

Adapun penyebab keyboard Anda tidak bekerja seperti biasanya, yaitu :

  • Anda pastikan keyboard yang di gunakan mengalami kerusakan

Ada dua hal yang dapat terjadinya kerusakan pada fungsi keyboard, entah yang salah di hardware-nya atau di software-nya.

Dan bagaimana cara mengeceknya ? Coba Anda buka akses BIOS laptop Anda. Jika Anda bisa memasuki dan memakai keyboard Anda, bisa jadi besar kerusakan terjadi pada software laptop Anda.

  • Membersihkan keyboard Anda dari debu

Jika ada beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi walaupun tombol yang lain masih baik-baik saja, pasti kemungkinan terjadi keyboard laptop Anda terhalang oleh debu-debu yang banyak.

Supaya dapat tersingkirkan debu-debu yang menumpuk secara efektif, hal yang paling umum yang bisa Anda lakukan adalah memiringkan laptop Anda sekitar sudut 75⁰ dan goyangkan secara perlahan laptop Anda untuk bisa menjatuhkan debunya.

Agar lebih manjur, laptop Anda sebaiknya di nonaktifkan agar Anda dapat memiringkannya sekitar sudut 90⁰ jika itu dibutuhkan.

Kemudian, bersihkan lagi di bagian bawah dan atas keyboard menggunakan selotip dan periksa kembali tombol keyboard, apakah tombol tersebut sudah berfungsi kembali.

  • Me-restart Laptop Anda

Jika memang seluruh keyboard tidak berfungsi sama sekali, mungkin masalahnya ada di bagian software/driver . Silahkan Anda coba restart laptop Anda, Mungkin hal ini dapat mengembalikan fungsi keyboard di laptop Anda.

Namun, jika Anda tidak dapat melakukan restart di menu start laptop Anda, silahkan Anda tekan tombol power selama 5 detik atau lebih lama 15 detik. Setelah itu, laptop Anda akan melakukan restart.

  • Memulihkan Windows Laptop Anda

Jika keyboard laptop Anda berhenti bekerja kemudian setelah melakukan instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah Anda pulihkan Windows di laptop Anda. Bisa jadi ini akan mengatasi permasalahan. Bagi Anda yang tidak tahu cara memulihkan Windows Anda, berikut caranya Admin bagikan :

  1. Klik Start Menu pada laptop Anda, setelah itu pilih dan klik Control Panel.
  2. Kemudian, Anda cari disana pilihan menu System And Security lalu pilih dan klik Back Up Your Computer.
  3. Pada halaman berikutnya, Anda klik Recover System Settings Or Your Computer.
  4. Setelah itu klik Open System Restore.

Dan saat tiba disini, cukup Anda ikuti Wizard agar bisa memulihkan Windows Anda. Setelah itu laptop Anda aakn melakukan Reboot.

Jika disitu masalah system-nya, Harusnya keyboard laptop Anda sudah sembuh dan bisa berfungsi kembali.

  • Memperbaiki Driver Keyboard

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan juga karena driver keyboard laptop Anda tidak up to date dan bisa jadi ada aplikasi yang bisa merusak keyboard laptop Anda menjadi tidak responsif.

Anda dapat memeriksakan hal ini dan memastikan apakah driver keyboard laptop Anda berfungsi dengan benar atau tidak dari Device Manager, berikut caranya Admin bagikan :

  1. Silahkan Anda Klik Start Menu, kemudian pilih dan klik Control Panel.
  2. Di dalam Control Panel tersebut, Anda cari System And Security, bila sudah ketemu silahkan Anda klik menu tersebut. Dan pilih juga menu Device Manager.
  3. Di dalam Device Manager tersebut, Anda akan menemukan Driver untuk keseluruhan hardware yang ada pada laptop Anda.
  4. Lalu pilih keyboard laptop Anda dan Anda akan menemukan pilihan menu untuk driver laptop Anda tepat dibawahnya.

Jika Anda sudah membuka menu tersebut dan mempunyai segitiga kuning tepat diatasnya dengan tanda seru di dalamnya,berarti keyboard laptop Anda mempunyai masalah. Jika masalah itu yang terjadi silahkan Anda perbaiki masalah tersebut.
Ada baiknya kamu meng-update driver keyboard Anda dengan men-download pada website resmi yang memprodusen laptop Anda tersebut. Setelah itu, Anda cari diver yang ter-update yang sesuai dengan laptop Anda, kemudian Anda lakukan download dan install pada laptop Anda.

  • Bawa Laptop Anda Ke Service Center Resmi

Jika cara yang diatas tidak bekerja dan keyboard laptop Anda masih mengalami mengalami masalah berlanjut, silahkan Anda bawa ke Sevice Center resmi mungkin bisa jadi yang mengalami masalah adalah pada hardware laptop tersebut, namun jika laptop Anda masih memiliki kartu garansinya.

Jika garansi laptop Anda habis, Anda bisa pergi dan meminta bantuan kepada teknisi komputer yang sudah Anda percayai. Pada umumnya, masalahnya ada di kawat kecil, seperti kabel pita penyambung keyboard ke laptop terputus dan dengan mudah bisa di perbaiki kembali.

Namun, jika masalahnya besar dan biaya perbaikannya mahal. Maka Anda mulai harus berfikir dengan bijak agar bisa memperbaiki laptop tersebut atau membeli perangkat baru saja.

  • Menggunakan Keyboard USB Eksternal

Dan jika ternyata keyboard laptop kamu rusak sebagian, kemudian cara yang Admin bagikan tadi tidak bekerja sama sekali dan juga belum sempat ke service center karna alasan belum ada waktu dan biaya, cara yang lain yaitu menggunakan keyboard eksternal untuk mengetik.

Ada banyak kok orang yang menjual keyboard eksternal dengan desain yang unik dan menarik, kadang juga sedikit repot sih. Namun, jika dalam keadaan yang darurat, kamu gunakan saja keyboard virtual yang ada pada laptop Anda.
Caranya cukup mudah yaitu :

  • Anda klik Start Menu pada laptop Anda.
  • Lalu pilih dan klik All Programs.
  • Dan pilih accessories.
  • Dan klik Ease Of Access.
  • Setelah itu, klik On-Screen Keyboard.

Jadi itulah cara untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali. Semoga dapat berguna bagi Anda semuanya dan dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung.

Buka Komentar