3 Agu 2019

Kebiasaan Begadang Bisa Memperpendek Umur, Apa Efeknya?


Halo Teman-Teman, kali ini Admin akan membahas mengenai, bagaimana sih efek begadang itu bisa memperpendek umur... Ayo cari tahu disini...

Mari Admin jelaskan...

Efek begadang pada kesehatan itu lama-lama bisa memperpendek usia lho... Karena sudah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah. Kebiasaan tersebut dikatakan dapat meningkatkan resiko sejumlah masalah kesehatan serius, mulai dari hipertensi, penyakit jantung, obesitas, diabetes, hingga kematian dini.

Hal ini dimungkin kan oleh periset asal Inggris dan Italia yang menganalisa kebiasaan tidur dari 1,3 juta orang, yang dikumpul-kumpulkan dari 16 study yang terpisah. Penemuannya itu menunjukkan bahwa orang-orang yang setiap malam tidur kurang dari 6 jam cenderung beresiko akan mengalami kematian dini sebesar 12%. Mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang mengurangi waktu tidur dari 7 jam menjadi 5 jam atau bahkan kurang memiliki 1,7 kali resiko kematian yang lebih cepat.

Apa Sebabnya ?

Sejumlah penelitian menemukan, tidur malam yang kurang dari 5 jam dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah. Lebih lagi, kurang tidur juga dapat memicu akan terjadi kekurangan magnesium yang menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah arteri ( Ateroskelosis ). Ateroskelosis meningkatkan resiko Teman-Teman terhadap stroke, hipertensi, dan masalah jantung lainnya.

Tidak hanya itu, efek begadang akan tampak pada meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Kurang tidur pun dapat menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin serta meningkatnya hormon stres kortisol sehingga tubuh tidak bisa menyerap sisa-sisa gula yang ada dalam darah. Sebabnya, kadar gula dalam darah semakin mengalami peningkatan. Kondisi ini juga dapat memicu terjadinya diabetes.

Jadi, kesimpulannya adalah begadang itu bisa memperpendek umur dan menurunkan imunitas tubuh, saran dari Admin sendiri sih, Teman-Teman yang suka begadang harus di kurang-kurangi ya, supaya tidak sakit dan tidak mengalami penurunan sistem imunitas tubuh, jangan terlalu sering begadang bila tidak diperlukan.

Demikian itu saja yang dapat Admin sampaikan, semoga apa yang Admin berikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Teman-Teman semuanya... Terima Kasih atas kunjungannya ke blog ini. Sekian dan Terima Kasih 😉

Buka Komentar