29 Jul 2019

3 Obat Untuk Meredakan Perut Kembung


Perut kembung biasanya akan terasa sangat meresahkan bila efeknya yang terasa penuh dan begah. Kondisi tersebut pada umumnya terjadi waktu ada penumpukan gas yang berlebihan di dalam sistem pencernaan kita.

Tidak hanya mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut, rasa kembung bisa membatasi ruang gerak kita. Jadi begitulah mengapa ketika perut kita mengalami kembung, kita rasanya malas sekali ber aktivitas seperti biasanya karena disertai dengan kebanyakan gas pada perut.

Lalu apa saja obat yang bisa mengatasi rasa kembung pada perut kita ?

Adapun beberapa obat untuk mengatasi perut kembung :

  • Bismuth Subsalicylate

Obat ini adalah obat yang bisa mengatasi perut kembung, mual, diare, asam lambung naik, maupun gangguan pencernaan lainnya dan dapat di peroleh di apotek-apotek.

Contoh obat ini antara lain Pepto Bismol, Kaopectate, dan Maalox. Dokter atau apoteker pada umumnya akan menentukan aturan minumnya bila kondisi, kebutuhan dan respon tubuh Kita dalam pengobatan.

Silahkan Anda patuhi aturan minumnya dan hindari menambahkan jumlah dan dosis dari obat Bismuth Subsalicylate lebih dari yang anjurkan dari dokter ataupun apoteker. Karna jenis obat tersebut berbagai macam jenisnya, ada baiknya selalu memperhatikan aturan minumnya untuk setiap produk.

Dosis dan aturan minum dari masing-masing obat ini berbeda-beda. Untuk obat Bismuth Subsalicylate yang berbentuk tablet, biasanya di kunyah terlebih dahulu sebelum di telan.

Adapun yang berbentuk cair, kocok terlebih dahulu sebelum meminumnya. Jangan sampai lupa, untuk memberitahu kepada dokter mengenai kondisi kesehatan.

Obat Bismuth Subsalicylate akan beresiko berbahaya jika diminum secara bersamaan bersama dengan obat-obat jenis tertentu.

  • Antasida

Obat ini adalah obat yang sering di pakai untuk mengatasi gejala maag, seperti sakit perut, asam lambung sedang naik, amupun gangguang pencernaan yang lainnya. Tapi, obat Antasida dapat juga di pakai untuk meringankan banyaknya gas yang menumpuk pada perut.

Karna Antasida ini mempunyai salah satu kandungan yang didalamnya kayak Simethicone, yang bisa membantu mengurangi gelembung gas. Obat ini pada umumnya tersedia dalam 2 macam, yaitu berbentuk tablet dan cair.

Jika bentuknya tablet, obat tersebut disarankan untuk di kunyah sampai halus terlebih dahulu, setelah itu baru ditelan. Sedangkan, bentuk obat Antasida berbentuk cair, dapat langsung di minum sesuai yang di anjurkan.

Aturan minum obat ini pada umumnya di minum sebelum makan dan 1 jam setelah makan. Obat ini aman untuk di minum langsung sebelum makan maupun setelah makan.

Pastikan semuanya Anda minum sesuai dengan yang di anjurkan oleh dokter maupun apoteker. Ada baiknya segera hindari meminum obat Antasida untuk mengatasi perut kembung yang berlebihan dan jangka waktu yang telah di tetapkan.

Obat ini tidak di sarankan untuk diminum selama 2 minggu berturut-turut, kecuali atas saran dari dokter. Dan jangan lupa perika juga kondisi kesehatan Anda pada dokter jika kondisi tidak membaik setelah meminum obat tersebut atau sedang mengalami efek lainnya.

  • Simethicone

Obat ini berguna untuk menghilangkan banyak gas yang berlebihan yang bisa menyebabkan terjadinya perut kembung. Obat tersebut bisa membantu menghilangkan sendawa, tekanan pada perut dan ketidaknyamanan yang lainnya.

Cara kerja obat ini adalah dengan cara memecahkan gelembung gas yang bertumpuk pada sistem pencernaan, bisa mengatasi perut kembung. Dengan itu, gas dapat lebih mudah dan leluasa mengalir dalam perut Anda.

Obat Simethicone bisa di beli di apotek-apotek terdekat di tempat Anda berada, dan bisa juga melalui resep dokter untuk dosis yang lebih kuat. Sebelum diminum, saran dari Admin pahami aturan pakai obat ini yang telah di sarankan oleh dokter maupun apoteker atau silahkan baca petunjuk minumnya.

Segera hindari pemakaian obat ini jika untuk meredakan perut kembung lebih dari yang disarankan. Dari dosis yang lebih banyak ataupun lama waktu meminumnya.

Sangat penting untuk memberitahu kepada dokter ataupun apoteker jika Anda punya alergi terhadap obat, ataupun yang sedang di alami. Jika mau hasil yang lebih baik, Simethicone di sarankan untuk meminumnya setelah Anda makan ataupun sebelum tidur dan sesuaikan dengan yang disarankan dokter maupun apoteker. Perhatikan label pada obat apakah di telan atau dkunyah terlebih dahulu, jika ragu silahkan memberitahu kepada dokter ataupun apoteker.

Sementara untuk obat Simethicone yang cair, dapat di minum langsung dengan bantuan cairan yang lainnya agar untuk memudahkannya. Obat ini sangat jarang menyebabkan reaksi alergi.

Jika Anda mengalami pusing, sesak nafas, ruam, ataupun bengkak pada kulit ataupun wajah, lidah dan sebagainya, segera memberitahukan kepada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang lain.

Jadi itulah 3 obat untuk meredakan perut kembung, jika masih ragu silahkan tanya kepada dokter cara dalam penggunaan obat tersebut. Semoga apa yang Admin bagikan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung.

Buka Komentar