Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Dan Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Pengertian Bisnis

Dalam Ilmu Ekonomi, Bisnis merupakan organisasi yang memperjual-belikan barang dan jasa kepada pembeli atau rekan bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. Kata bisnis dalam bahasa inggris adalah "Bussiness", menggunakan kata dasar "busy" yang artinya sibuk dalam konsep individu, komunitas, amupun masyarakat. Dari kata tersebut, sibuk melaksanakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, kebanyakan bisnis dipunyai oleh pihak swasta, bisnis bisa dibilang dalam mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan para pebisnis. Pebisnis maupun operator dari suatu bisnis menghasilkan imbalan sesuai dengan waktu dan usaha yang mereka berikan. Tapi, tidak semua bisnis bisa mencapai keuntungan tersebut, contohnya saja bisnis kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran kepada seluruh anggotanya yang bermaksud untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Gaya bisnis tersebut sama dengan sistem sosialistik, dimana pebisnis besar kebanyakan di punyai oleh pemerintah, masyarakat umum dan serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis yaitu keadaan di mana orang atau sekelompok orang yang sibuk dengan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" mempunyai tiga kegunaan yaitu bisnis dapat merujuk kepada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis ( hukum ), teknis, dan ekonomis yang bermaksud untuk mencari keuntungan. Penggunaan yang lebih luas bisa merujuk kepada wilayah pasar tertentu, contohnya "bisnis pertelevisian". Penggunaan yang luas dapat merujuk kepada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh penyedia barang dan jasa. Tapi maksud dari kata "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan permusyawarahan pada saat ini.

Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Bentuk dari kepemilikan bisnis pasti berbeda-beda tiap negara, adapun bentuk yang dianggap umum adalah :

  • Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepunyaannya dipegang oleh satu orang. Yang mempunyai perusahaan perseorangan mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas atas harta perusahaan. Perusahaan tersebut di olah secara perorangan dan mempunyai tanggung jawab penuh atas kelangsungan perusahaan dan modalnya pun dari milik sendiri. Pada umumnya, perusahaan perorangan mempunyai kelebihan dan kekurangan.

  • Persekutuan

Persekutuan adalah jenis bisnis dua orang atau lebih, bergotong royong untuk menjalankan perusahaan agar bisa menghasilkan keuntungan. Perusahaan persekutuan sama dengan perusahaan perseorangan, setiap anggota persekutuan mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dikelompokkan menjadi 2, yaitu persekutuan komanditer dan firma.

  • Perseroan

Perseroan adalah bisnis yang kepunyaannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap orang mempunyai tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.

  • Koperasi

Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan menjelaskan kegiatannya berdasarkan konsep koperasi serta sebagai ekonomi rakyat yang berdasarkan kepada asas kekeluargaan. Koperasi berguna untuk memakmurkan anggotanya. Fungsi utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain yaitu anggota koperasi mempunyai identitas double. Maksudnya seorang anggota koperasi adalah pemilik serta pengguna jasa koperasi.

Bisnis terdiri juga dari bermacam-macam bentuk, bisnis bisa dijabarkan dengan cara yang berbeda-beda. Dari banyak cara yang bisa digunakan yaitu dengan menjelaskan dan menjabarkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya untuk menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen, setelah itu, dijual agar bisa mendapatkan keuntungan.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan menghasilkan keuntungan dengan meminta bayaran atas jasa yang di berikan.
  • Pengecer dan distributor adalah orang yang berperan sebagai perantara barang antara pembuat produk dengan pembeli.
  • Bisnis pertanian dan pertambangan yaitu bisnis yang memproduksi barang-barang mentah seperti Tanaman dan Mineral dari tambang,
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan.
  • Utilitas adalah bisnis yang menjalankan jasa kepada publik, seperti listrik dan air, dan pada umumnya dibiayai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan, dan mengembangkan rumah dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan mengantarkan barang atau orang dari sebuah tempat ke tempat yang lain.
  • Bisnis online adalah bisnis yang online yang di lakukan lewat internet. Di dalam bisnis online, barang apa saja dapat diperjual-belikan kayak bisnis pada biasanya. Agar dapat berbisnis secara online, banyak media yang dapat digunakan, yaitu website, facebook, twitter, instagram, blog dan sebagainya.

Jadi itulah pengertian dari bisnis serta jenis-jenis dari bisnis. Semoga apa yang Admin berikan berguna untuk sobat semuanya. Sekian dan Terima kasih telah berkunjung.