29 Jul 2019

Sejarah Dan Kemajuan Teknologi


Perkembangan teknologi berjalan secara evaluatif. Dasar kata teknologi adalah "techne" yang berati sekumpulan konsep dasar atau metode logis yang berhubungan dengan pembentukan suatu atau ilmu pengetahuan tentang metode-metode dan seni. Sebuah sebutan teknologi untuk yang dipakai oleh Philips tahun 1706.

Sejarah Abad Pertengahan Dan Modern

Inovasi berkembang terus selama abad pertengahan dengan temuan seperti sutera dan tali kerah kuda di dalam beberapa ratus tahun pertama sesudah jatuhnya kekaisaran romawi. Teknologi pada abad pertengahan menggunakan mesin sederhana yang disambungkan untuk membuat peralatan lain yang lebih banyak seperti kincir angin dan jam dinding. Mesin cetak ditemukan pada zaman renaisans yang mungkin mendokumentasikan pengetahuan yang lebih luas dan teknologi semakin berhubungan dengan sains. Kemajuan teknologi pada saat ini memastikan cadangan makanan dan barang yang lebih standar.

Ini dimulai dari Inggris di abad ke-18, merupakan periode penciptaan teknologi baru, terpenting dalam pertanian, manufaktur, pertambangan dan sebagainya yang digerakkan oleh tenaga uap. Teknologi ini akan naik ke babak selanjutnya melalui industri revolusi yang ke-2 dengan ditemukannya listrik dan sebagainya seperti lampu pijar, motor listrik dan lainnya. Kemajuan sains dan penemuan adalah konsep baru dimungkinkan adanya kedokteran, kimia, fisika dan tekhnik. Tidak hanya itu, ini juga memungkinkan membangun gedung-gedung pencakar langit yang penduduknya hanya bergantung kepada motor transportasi. Komunikasi berkembang juga seperti temuan telepon, telegraf radio dan sebagainya. Di akhir abad ke-19 dan di awal abad ke-20, di bidang transportasi juga menemukan pesawat dan mobil.

Di abad ke-20, semakin banyak saja penemuan-penemuan baru. Di dalam ilmu fisika, ditemukannya tenaga nuklir. Komputer ditemukan juga dan ukurannya pun semakin mengecil berkat transistor. Teknologi Informasi mengacu pada penemuan internet, sehingga dikenal dengan era reformasi. Manusia bisa juga menjelajah luar angkasa dengan menggunakan satelit dan mengirim manusia ke bulan. Di dalam bidang kedokteran, ditemukan juga terapi sel induk dan operasi jantung dan menemukan berbagai macam obat-obat terbaru.

Teknik kontruksi dan manufaktur yang sempurna berguna untuk membuat dan menjaga semua teknologi dan mereka juga tidak lupa untuk mendukung dan mengembangkan generasi terkini, bahkan muncul juga teknologi yang lebih sempurna lagi.

Ada tiga klasifikasi dasar dari berkembangnya teknologi, yaitu :

  • Kemajuan Teknologi Yang Hemat Tenaga Kerja

Ini terjadi sejak akhir abad ke-19 yang banyak di jumpai oleh meningkatnya teknologi secara cepat yang bisa menghemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu

  • Kemajuan Teknologi Yang Bersifat Netral

Ini terjadi apabila tingkat pengeluaran yang lebih tinggi dicapai dengan kombinasi dari faktor-faktor penentuan atau pemasukan.

  • Kemajuan Teknologi Yang Hemat Modal

Ini relatif langka. Hal ini di akibatkan karna hampir semuanya riset teknologi, dan iptek di dunia dilakukan oleh negara-negara maju, tujuannya untuk menghemat tenaga kerja tanpa modalnya.

Tidak dapat di pungkiri jika berkembangnya teknologi seperti saat sekarang ini berkembang sangat pesat. Hal ini bisa dibuktikan dengan luasnya inovasi-inovasi terbaru yang telah di buat di dunia ini. Hanya dari yang sederhana sampai yang bisa menghebohkan dunia.

Jadi itu saja yang dapat Admin bagikan, semoga bisa menambah pengetahuan sobat semuanya dan bisa menambah inspirasi-inspirasi dari sobat semuanya. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar