Please Wait...

RajaBackLink.com

√ 5 Makanan Khas Di Indonesia Ini Populer Di Dunia

Makanan Khas Di Indonesia Ini Populer Di Dunia - Kekayaan budaya mempengaruhi bagaimana jenisnya kuliner Indonesia terbuat. Tidak hanya setiap provinsi, setiap kota maupun mempunyai sajian khasnya tersendiri.

Tapi berbicara pada tingkat internasional, tentu tidak seluruh makanan Nusantara harus di tawarkan. Cukup dengan beberapa menu saja agar nama Indonesia ternama di dunia.

Bila Thailand mempunyai Tom Yum, Jepang mempunyai Sushi, atau Singapura mempunyai laksanya, tapi bagaimana dengan Indonesia ? Untuk mengakomodasi jenis kuliner yang mewakili kekayaan budaya di Indonesia pada tingkat internasional, Kementerian Pariwisata menetapkan lima makanan khas Indonesia yang dapat di jual di negara luar.

"Setiap daerah mempunyai makanan khas, tapi jangan banyak-banyak. Kalau hanya satu juga nanti pastinya jadi rebutan. Akhirnya, kami memilih lima," ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers, Selasa, 11 Juni 2019, di lansir dari JawaPos.com.
Lalu, apa saja kelima makanan tersebut ? Makanan Indonesia tersebut terdiri dari :

  • Soto

Indonesia mempunyai banyak macam soto yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Soto Betawi, Soto Makassar, Soto Ayam, Soto Sapi, dan juga Soto Babat. Keunikan setiap rempah dan ciri khas masing-masing inilah yang membuat soto menjadi salah satu makanan populer di dunia. Masyarakat Ibaraki, Jepang, sudah terbiasa dengan cita rasa yang sudah di perkenalkan di beberapa pelajar Indonesia yang ada di sana.

  • Rendang

</>

Selain di nikmati oleh masyarakat Indonesia, makanan khas Sumatera Barat tersebut juga populer sampai ke seluruh penjuru dunia. Rendang berada pada posisi yang pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terlezat yang diadakan di Jerman dalam beberapa waktu yang lalu. Rasanya yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor utamanya.

  • Nasi Goreng

    </>

    Setiap negara mempunyai menu nasi goreng. Tetapi, rasa nasi goreng Indonesia lebih khas karena menggunakan bumbu lengkap. Tidak heran jika nasi goreng Indonesia juga sempat masuk di dalam daftar makanan terlezat di dunia. Presiden Amerika Serikat yang ke-44 Barrack Obama sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia.

    • Sate

    </>

    Sate Padang dan Sate Madura menjadi varian yang paling terkenal sekaligus favorit bagi banyak orang. Belakangan ini, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan mencoba makanan sate, tetapi sejumlah restoran internasional sudah memasukkan sate dalam menunya. Di New York saja, terdapat restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai sajian utamanya.

    • Gado-Gado

    Makanan khas Jawa yang dapat disebut sebagai "saladnya" Indonesia tersbeut cukup populer di luar negeri, terutama di Napoli, Italia. Hal tersebut karena gado-gado pernah ikut serta dalam kompetisi yang bersaing dengan sajian dari negara-negara lainnya dan mendapatkan juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang di miliki, keunikan bahan yang di pakai, sampai cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

    Tidak hanya sekedar menetapkan makanan ini, Kementerian Pariwisata juga mengkurasi restoran Indonesia di mancanegara. Kurang lebih sekitar 100 restoran terpilih di 21 negara untuk memperkuat menu-menu tersebut sebagai hidangan khas asli Indonesia.

    "Kami tidak punya restoran sendiri di luar negeri. Maka kami bertugas menawarkan dan melakukan kurasi sampai menetapkan 100 restoran Indonesia di internasional untuk memperkuat menu-menu tersebut. Kami bertugas menawarkan," ucap Menteri Arief.

    Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

    Sumber Referensi : Liputan6.com