20 Agu 2019

Cara Membuat Nasi Dengan Mudah Dan Praktis


Salah satu type masyarakat Indonesia yakni belum dianggap makan jika tidak bertemu nasi. Meski sudah makan martabak, bakso, jus, dan aneka camilan, tetap saja masih di bilang belum makan. Makanya, nasi jadi bahan makanan pokok di masyarakat. Atas dasar itulah, Admin merasa bahwa Kita perlu tahu bagaimana caranya memasak nasi yang baik dan benar.

Nah, bagi Anda yang masih pemula, coba ikuti cara di bawah ini agar nasi buatan Anda mempunyai rasa enak dan di jamin tidak akan gagal.

1. Pilih Beras Berkualitas Baik

Di pasaran, ada begitu banyak jenis beras yang di tawarkan, dengan bermacam variasi harga juga. Di antara sekian banyaknya jenis beras, mungkin Anda kebingungan memilih beras berkualitas bagus. Beras yang baik mempunyai ciri yaitu warnanya yang bening dan bebas dari kotoran. Aromanya pun harum. Jika di tekan, beras yang baik tidak akan murah patah.

2. Cuci Beras

Sebelum di masak, beras harus di cuci terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran dan debu yang menempel pada beras ikut terbuang bersama dengan air. Meskipun begitu, usahakan untuk mencuci beras maksimal 2-3 kali saja. Mencuci beras terlalu sering akan menghilangkan serat dan vitamin yang terkandung dalam beras.

3. Tambahkan Air Dengan Perbandingan 1:2

Jika anda takut nasi yang Anda masak terlalu keras atau terlalu lembek, anda dapat coba membuat perbandingan 1:2. Misalnya, jika Anda memasak beras satu gelas, maka air yang digunakan pun sebanyak 2 gelas. Anda juga dapat mengira-ngira jumlah air dengan memasukkan jari ke dalam panci beras yang sudah di berisi air dan beras. Jika tinggi air mencapai satu ruas jari di atas permukaan beras, artinya takarannya telah pas.

4. Masak Beras Sampai Matang

Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk memasak beras secara tradisional atau memakai rice cooker.

5. Memasak Secara Tradisional

Pertama-tama masukkan beras yang telah di cuci bersih ke dalam panci, lalu rebus dengan air setinggi ½ ruas jari di atas permukaan beras. Agar bagian dasar panci tidak berkerak, sesekali aduk beras. Setelah air berkurang, pindahkan beras setengah matang tadi ke dalam kukusan. Lalu kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai beras benar-benar matang.

6. Memasak Menggunakan Rice Cooker

Jika Anda mau lebih praktis, Anda dapat memasak beras memakai rice cooker. Masukkan beras yang telah di cuci ke dalam wadah/mangkok rice cooker, lalu beri air sesuai takaran. Hidupkan tombol mode masak dan biarkan hingga tombol beralih otomatis ke mode warm atau penghangat. Agar hasil nasi maksimal, setelah nasi matang diamkan dulu selama 5-10 menit sampai uapnya habis. Setelah itu Anda dapat membuka tutup rice cooker dan mengaduk nasi dengan rata sebelum di sajikan.

Jadi itulah cara membuat nasi dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar