Please Wait...


RajaBackLink.com

Cara Membuat Soto Padang Asli Masakan Padang

Cara membuat soto padang asli masakan padang - Resep yang akan Kita bikin ini mungkin tidak sepopuler resep masakan Padang atau Sate Padang yang memang dapat diatakan telah menjadi legenda kuliner di Indonesia. Tetapi tentu saja resep Soto yang memakai bahan daging sapi berkualitas baik tersebut juga memiliki citarasa yang khas dan segar yang membuat setiap orang mau mencobanya lagi. Selain Soto Ayam Padang, resep Soto Padang Daging Sapi yang berasal dari daerah Sumatera Barat ini juga banyak disantap oleh penggemar kuliner khas Padang. Tentu saja hal ini dikarenakan bumbu soto yang dipakai memang sedikit berbeda dengan resep dari daerah lain. Kalau cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan resep dari Lamongan, Surabaya, Kudus dan daerah lain.

Resep masakan Soto adalah salah satu masakan berkuah yang paling banyak dicintai oleh masyarakat negara kita yaitu Indonesia. Berbagai jenis bahan dasar bisa Anda pakai untuk membuat resep soto yang enak dan mantap, seperti daging sapi, daging ayam, jeroan, kikil sapi ataupun soto ceker yang banyak mengandung kalsium yang penting untuk tubuh kita. Resep soto padang ini sebetulnya ada dua macam, yaitu Soto Ayam Padang dan Soto Daging. Untuk kali ini, kita akan memberikan bahan dan bumbu serta cara membuat soto daging padang dengan bumbu khas dari tanah Minang tersebut.

Seperti juga resep soto madura, empal gentong cirebon, soto surabaya atau resep soto daging dari daerah lainnya, resep Soto Daging Padang dapat juga memakai berbagai jenis bumbu rempah khas negara kita. Perpaduan berbagai jenis bumbu soto spesial yang dipadu dengan resep yang pas menghasilkan citarasa masakan berkuah yang nikmat, enak dan lezat untuk dimakan bersama keluarga dan teman teman.

Sebetulnya, bahan dan bumbu yang dipakai mirip dengan resep masakan dari daerah lain. Yang membuat resep soto asli padang ini mempunyai citarasa khas adalah pemakaian buah pekak atau bunga lawang yang membuat aroma dan rasanya unik dan berbeda dari daerah lain. Tidak seperti resep lainnya yang menggunakan daging rebus, daging yang dipakai kedalam resep kali ini menggunakan cara digoreng sampai garing sehingga lebih renyah dan menimbulkan sensasi yang berbeda. Untuk lebih detailnya, silahkan melihat detail resepnya dibawah ini yang sudah Admin rangkum disini.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Resep Soto Padang Yang Sedap Dan Mantap

  • Bahan yang terlebih dahulu disediakan adalah daging sapi segar kurang lebih sebanyak 1/4 kg. Dapat memakai daging has dalam saja tetapi disarankan untuk menggabungkan sedikit daging tetelan agar rasa kaldunya lebih gurih dan lezat.
  • Bawang putih berukuran sedang untuk menambah aroma dagingnya, kurang lebih sebanyak 4 butir saja. Haluskan sebelum digabung nanti dengan potongan daging sapi yang telah direbus.
  • Buah pekak atau dapat memakai bunga lawang 2 pieces saja. 1 untuk merebus dagingnya dan 1 lagi untuk dicampur dengan bumbu soto padang lainnya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai yang di inginkan.
  • Lengkuas berukuran sedang kurang lebih panjangnya 3 ruas jari saja. Lalu, cuci bersih dan memarkan lengkuas sebelum dicampur dengan bahan yang lain.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar.
  • Serai yang diambil hanya batang bagian putihnya saja 1 pieces.
  • Kapulaga kurang lebih sebanyak 3 pieces.
  • Daun jeruk purut secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs.
  • Air bersih secukupnya untuk merebus dagingnya.
  • Minyak goreng seperlunya untuk menumis bumbu halusnya dan menggoreng daging sapinya.
  • Daun bawang yang sudah di potong halus secukupnya untuk bahan taburan.
  • Bawang goreng seperlunya saja untuk ditaburkan.
  • Daun seledri yang telah dipotong halus untuk bahan taburan.
  • Soun matang seperlunya saja sesuai yang di inginkan.
  • Perkedel kentang goreng secukupnya kalau Anda suka.

Bahan Untuk Bumbu Soto Padang Yang Sedap Dan Mantap

  • Bawang merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 10 siung. Kulitnya di kupas lalu potong agar mudah pada saat akan dihaluskan.

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kulit luarnya dikupas lalu potong agar gampang diulegnya.

  • Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.

  • Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih 1 sendok kecil saja.

  • Merica bubuk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.

  • Garam dapur beryodium seperlunya sesuai selera Anda atau kurang lebih sebanyak 1 sendok teh saja.

Cara Membuat Soto Padang Yang Enak Dan Mantap

  1. Siapkan panci berukuran sedang kemudian beri air seperlunya, lalu masak sampai airnya mendidih.
  2. Masukkan daging sapi dan bunga lawang atau buah pekaknya, lalu rebus sampai dagingnya empuk, setelah itu angkat dagingnya dan tiriskan sebentar (air rebusan jangan sampai dibuang, karena akan digunakan untuk kuahnya).
  3. Setelah daging mulai dingin, potong daging berbentuk kotak sesuai yang di inginkan.
  4. Masukkan bawang yang telah dihaluskan dengan garam seperlunya, lalu aduk ke dalam dagingnya sampai merata, setelah itu diamkan sebentar saja agar meresap (kurang lebih sekitar 25 menit – 30 menit).
  5. Sambil menunggu dagingnya meresap ke bawangnya, silahkan haluskan bumbu Soto Padang seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, merica, gula pasir dan garam dapur sampai halus.
  6. Siapkan penggorengan dan beri minyak goreng seperlunya untuk menumis bumbunya.
  7. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan diatas dan aduk sampai tercium bau harumnya.
  8. Setelah itu, tambahkan lengkuas, daun salam, serai, daun jeruk, pekak dan kapulaganya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tadi matang dan tercium bau harum dari tumisan bumbunya.
  9. Rebus kembali air sisa rebusan dagingnya dan masukkan bumbu soto yang telah ditumis diatas tadi. Aduk dan masak sampai airnya mendidih sampai bumbunya tercampur rata.
  10. Sekarang goreng daging yang telah dicampur bersama dengan bawang dan garam sampai kering dan renyah, kemudian angkat dan tiriskan sampai sisa minyaknya habis.

Jadi itulah cara untuk membuat Soto Padang. Semoga artikel ini bermnafaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih.