Please Wait...


RajaBackLink.com

Fitur, Kelebihan Dan Kekurangan Beserta Cara Setting CloudFlare

Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Cara Setting CloudFlare

CloudFlare adalah salah satu penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) secara gratis. Ada banyak kegunaan jika Anda menggunakan DNS dari CloudFlare ini, seperti tambahan keamanan dan juga server cache yang bisa membuat website Anda bisa diakses sangat lebih cepat.

Fitur Yang Ada Pada CloudFlare

  • Analitics adalah fitur statistika pengunjung website yang menampilkan jumlah visitor, threats serta bisa digunakan untuk mengukur satuan bandwidth.
  • DNS adalah fitur yang di gunakan untuk melakukan setting DNS (A , AAAA, CNAME, MX, TXT) record. Pada pengaturan ini, Cloudflare memberikan 2 opsi, dapat memakai IP asli hosting atau memakai IP Cloudflare.
  • Crypto adalah layanan SSL gratis yang diterbitkan oleh Cloudflare.
  • Firewall adalah fitur keamanan yang disediakan oleh CloudFlare. Dalam fitur ini, Anda bisa melakukan blocking IP dan user agent.
  • Speed adalah fitur untuk optimasi yang berhubungan dengan kecepatan loading website.
  • Cache adalah layanan cache yang disediakan oleh Cloudflare untuk tujuan akses ke website agar lebih cepat dan ringan.

Kelebihan Menggunakan CloudFlare

  1. Menghemat bandwith dan melindungi dari SPAM akses, sehingga melindungi website dari pengunjung SPAM atau Botnet
  2. IP original server hosting disembunyikan oleh layanan cloudflare ini, sehingga lebih aman dari sisi serangan hacker (DoS/DDoS)
  3. Propagasi DNS yang relatif lebih cepat
  4. Fitur Firewall akan membuat website Anda lebih aman dari attacker
  5. Fitur Cache akan membuat website Anda akan lebih cepat ketika diakses
  6. Terdapat Fitur setting DNS yang bisa membuat Anda bisa mengarahkan DNS ke Server manapun, dengan management DNS yang murah
  7. Dapat SSL Gratis dengan fitur Crypto
  8. Support HTTP2, sehingga bisa lebih cepat ketika diakses

Kekurangan Menggunakan CloudFlare

Dengan semua kelebihan dari layanan yang diberikan oleh Cloudflare tersebut, apakah ada kekurangan jika menggunakan layanan ini ? Jawabannya tentu saja ada. Berikut beberapa poin kekurangan dari penggunaan Cloudflare :

  • Jika hosting Anda terletak di Indonesia, dengan target pengunjung dari Indonesia juga, tidak kami sarankan untuk memakai CloudFlare. Mengapa? Karna ketika Anda memakai layanan Cloudflare tersebut, maka secara otomatis pengunjung yang akan mengakses website Anda tersebut, dipaksa untuk rute server international atau server yang di luar, sehingga menyebabkan route semakin panjang dan waktu akses semakin banyak. Hasilnya, akses website dapat sangat lama.
  • Apabila terdapat masalah traffic internasional disisi server hosting, maka website Anda akan berdampak pada kecepatan loading website.
  • Jika terjadi masalah atau Issue error di sisi Cloudflare, website Anda bisa jadi tidak bisa diakses, walaupun hosting Anda berjalan normal. Masalah yang sering terjadi adalah kode 502 atau 550 Error. Poin penting ini yang seringkali Admin temukan dari layanan CloudFlare tersebut.

Cara Atur Domain DNS di CloudFlare

Nah kali ini, Admin akan membahas cara atur DNS domain ke CloudFlare. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Daftar account terlebih dahulu melalui cloudflare, jika Anda baru pertama kali mencobanya.
  • Setelah itu, login dan klik menu addsite, lalu isikan nama domain Anda. Jika sudah Klik Begin Scan.
  • Setelah scan domain selesai, Anda dapat meng-klik continue. Cara selanjutnya pada halaman DNS Record. Dihalaman ini, DNS record yang ada pada domain Anda akan terlihat hasil dari scan pada cara yang sebelumnya. Di halaman tersebut, record DNS Anda akan terlihat. Tidak hanya itu, halaman ini juga dapat dipakai untuk membuat subdomain.
  • Setelah DNS domain sudah sesuai, langkah berikutnya klik menu Continue di bagian bawah.
  • Langkah selanjutnya yaitu pemilihan paket CloudFlare. Silahkan Anda pilih Free Plan untuk layanan CDN yang Gratis, lalu klik Continue.
  • Langkah terakhir yaitu mengganti Name Server domain Anda, isi sesuai dengan permintann dari CloudFlare.

Jadi itulah cara - cara untuk menggunakan CloudFlare. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih.