Please Wait...

RajaBackLink.com

Berbagai Macam Makanan Khas Jawa Tengah Yang Sedap Dan Mantap

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan yang khas emang sangat menggoda untuk di rasakan kalau kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang enak rasanya kalau sudah berkunjung ke daerah lain tapi tidak mencoba makanan khasnya. Coba Anda pikirkan, Anda sudah berkunjung ke suatu daerah tapi Anda tidak mencoba makanan khasnya, Apakah Anda merasa rugi ?

Nah, kali Admin berkunjung ke Jawa Tengah nih. Biar Anda tahu, makanan khas apa saja yang ada di sana. Apa saja itu ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Tahu Petis

Tahu Petis pada umumnya hanya untuk cemilan saja, atau Anda makan dengan nasi juga bisa. Tahu petis ini adalah makanan yang berasal dari Kota Semarang.

Bahan dari tahu petis itu sendiri adalah tahu. Namun, bedanya dari tahun yang lainnya adalah dia menggunakan saus hitam yang disebut petis. Petis tersebut terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang di masak sampai kental.

2. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan berasal dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Tempe Mendoan ini sama dengan tempe biasa, di selimuti dengan menggunakan tepung. Beda letaknya ada di nama mendoannya. Mendoan tersebut artinya masak menggunakan minyak yang panas dengan cepat sehingga tempenya tidak terlalu masak.

Namun tempe mendoan tidak hanya ada di Banyumas dan Purwokerto, melainkan hampir di seluruh Jawa Tengah ada makanan yang satu ini yang di jual di toko-toko makanan yang berada di sekitarnya.

3. Lumpia Semarang

Ada yang tahu makanan khas dari Semarang ? Pasti kalian kalau menjawabnya pasti simple saja, yaitu lumpia. Namun, Anda tahu bahwa lumpia enak rasanya kalau baru di masak lho... Kalau di tambah dengan saus atau cabe rawit, pasti Anda akan tergoda melihatnya.

Lumpia sendiri memiliki rasa dan isi yang beragam. Mulai yang berisi telur, sayuran, ayam dan udang pun ada. Jadi, kalau Anda berkunjung ke Kota Semarang tersebut jangan lupa untuk mencoba makanan lumpia tersebut ya...

4. Telur Asin

Makanan ini berasal dari Brebes, Jawa Tengah. Pada umumnya sih, telur asin ini di makan menggunakan nasi. Namun ada di antara kita yang memakannya langsung tanpa menggunakan nasi.

5. Gethuk

Gethuk merupakan makanan berbahan dasar singkong. Sebetulnya, tidak hanya di Jawa Tengah saja, di Yogyakarta pun ada juga gethuk. Tapi yang terkenal hanya di Jawa Tengah aja sih.

Gethuk ini berwarna asli putih, tapi kini ada berbagai macam warna-warni biar lebih indah. Sementara itu ada juga goreng gethuk Yang tidak kalah dengan gethuk yang biasa.

6. Rondo Royal

Taukah Anda bahwa nama rondo royal ini namanya sangat nyentrik sekali ? Admin tidak tau juga sih, asal muasal nama itu berasal. Bahwa namo rondo itu sendiri artinya janda lho.

Kalau tidak di Jawa Tengah biasanya Anda akan asing mendengar nama makanan yang satu ini. Namun, makanan yang satu ini berasal dari Jepara. Bahan dari rondo royal sendiri adalah tape singkong. Dan usut punya usut ternyata itu adalah tape yang di goreng. Jadi, tape di masukkan ke dalam adonan tepung jadi deh yang namanya rondo royal.

Buat Anda yang datang jauh-jauh ke Jawa Tengah, yuk cicipin makanan yang satu ini. Tapi seandainya kamu tau bahannya, ya silahkan Anda buat aja sendiri. Namun kalau tidak tau Anda beli saja di tukang jualan gorengan, berkemungkinan ada tuh.

7. Nasi Liwet

Nasi Liwet berasal dari Kota Solo. Nasi liwet ini di hidangkan dengan potongan-potongan ayam dan kadang-kadang pakai labu siam juga.

Masak nasi liwet ini sama dengan masak nasi uduk. Nasi di masak dengan santan yang sudah tua biar tambah gurih rasanya. Jika Anda main-main ke Solo, sempatin juga deh makan makanan yang satu ini, dijamin enak deh.

8. Enting-Enting Gepuk

Makanan khas ini berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Berbahan dasar kacang tanah yang di gepuk atau di tumbuk agar menjadi lebih padat. Namun, sebelum itu harus di campur dengan gula merah dahulu biar semua bahan menyatu menjadi satu.

9. Soto Kudus

Jika Anda ke Kudus, nggak lengkap rasanya kalau Anda tidak memakan makanan yang satu ini. Soto kudus ini beda dari soto lain yang penyajiannya menggunakan mangkok kecil. Tidak hanya itu, soto kudus tersebut memiliki2 versi yaitu soto kudus menggunakan daging kerbau dan soto kudus menggunakan daging ayam.

Kalau Anda belum pernah makan daging kerbau. Yuk cobain deh sensasi makan daging kerbau di Kudus ini.

10. Nasi Gandul

Jika Anda ke Pati, sempatkan makan nasi gandul. Nasi gandul ini beda dari nasi yang lain yang penyajiannya menggunakan daun pisang. Tidak hanya itu saja, nasi gandul ini mempunyai rasa yang gurih daripada nasi yang lain. Bahkan ada juga yang menambahkan dengan daun pandan biar rasanya sedap. Dan biar bisa menggugah selera makan kita.

Makan nasi gandul ini enaknya di Pati. Dengan memakai kuah yang segar ditambah dengan lauk dan daging sapi yang sudah di olah tentu ini akan menjadikan nasi gandul tersebut memiliki rasa yang enak.

11. Garang Asem

Garang asem adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah seperti Demak, Pekalongan, Semarang, Kudus dan Pati.

Garang asem adalah makanan berbahan dasar ayam yang di masak dengan santan dan memakai daun pisang sebagai pembungkusnya. Kalau soal rasa dari makanan ini, garang asem ini mempunyai rasa yang pedas yang bisa mengguga selera makan Anda.

Pada umumnya, garang asem dimakan dengan nasi dan makanan pendamping lainnya.

12. Jenang Kudus

Makanan ini berasal dari Kota Kudus, Jawa Tengah. Makanan ini pada umumnya sebagai oleh-oleh khas Kota Kudus jika Anda bepergian ke sana.

Jenang kudus biasanya dijual dalam bentuk potongan-potongan yang memanjang dan di bungkus pakai plastik. Anda bisa membelinya dalam bentuk kiloan atau beli yang sudah di masukkan ke dalam kotak.

Kalau soal rasa dari jenang kudus ini, makanan ini mempunyai rasa yang manis dan teksturnya legit jika di gigit. Jenang kudus ini tidak hanya di sukai oleh masyarakat Indonesia saja lho, bahkan makanan ini sudah sampai ke Brunei Darussalam, Arab Saudi, Hongkong, Malaysia dan Singapura.

13. Nasi Grombyang

Nasi grombyang ini berasal dari Kota Pemalang. Makanan ini mempunyai nama seperti ini berasal dari cara penyajiannya yaitu kuahnya lebih banyak dari isinya, sehinggan kelihatan bergoyang atau grombyang-grombyang.

Makanan ini terbuat dari daging kerbau, nasi dan kuah. menghidangkannya menggunakan mangkuk kecil dan di lengkapi dengan sate daging kerbau.

14. Mie Ongklok

Mie ongklok ini berasal dari Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Kuliner makanan ini adalah mie rebus yang di bumbui dengan kol dan potongan daun kucai. Kuah mie ongklok ini terbuat dari tepung kanji, sehingga kuahnya lebih kental daripada jenis mie lainnya.

Untuk menikmati mie ongklok ini, makanan pendampingnya yaitu tempe kemul, keripik tahu, dan sate daging sapi.

Mie onglok ini dinamakan begitu karna memakai ongklok yaitu keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok ini di gunakan untuk membantu merebus mie ke dalam kuahnya. Jika Anda penasaran dengan makanan yang satu ini, Anda bisa datang langsung ke Wonosobo untuk mencobanya.

15. Getuk Goreng 

Getuk goreng berasal dari Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Rasa getuk goreng ini manis dan gurih. Bahan untuk membuatnya adalah singkong dan rasa manisnya dari gula merah.

16. Brekecek

Makanan khas ini berasal dari daerah Cilacap, Jawa Tengah. Namanya aneh sih, tapi jika Anda sudah mencobanya, Anda pasti bakal ketagihan memakannya dan membuat lidah Anda bergoyang-goyang.

Bahan dasar dari brekecek adalah ikan jahan atau ikan pathak. Namun, ada juga yang memakai bahannya dari kepala ikan laut.

Nama dari brekecek itu sendiri adalah ada dua, yaitu brek dan kecek. Arti brek sendiri adalah dijatuhkan atau di letakkan, sedangkan kata kecek berarti dimasak dengan bumbu.

17.  Es Dawet Ireng

Jika Anda haus di Kota Purworejo, Anda coba deh minuman es yang satu ini. Es dawet ireng ini berbeda dengan es dawet biasa yang berwarna hijau. Karna es dawet ireng ini memiliki nama ireng berarti hitam.

Nah, warna hitam pada es dawet ireng sendiri adalah dari abu jerami. Abu jerami inilah yang di gunakan untuk membuat cendol es dawet ireng.

Jika Anda penasaran dengan rasanya, cobain deh datang langsung ke purworejo. Es dawet ireng ini mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan. Jika Anda meminumnya di siang hari, mungkin bisa jadi Anda akan bertambah semangat lagi, apalagi es dawet ireng ini gulanya berasal dari gula merah. Pastinya enak toh.

18. Mangut Beong

Makanan ini berada di Kota Magelang, Jawa Tengah. Di Magelang ini Anda bisa mencoba makanan yang terbuat dari ikan beong. Anda tahu apa itu ikan beong ? Kalau di lihat sekilas saja sih, mirip ikan lele, tapi sebenarnya itu bukan ikan lele.

Ikan Beong adalah ikan khas yang ada di sungai progo, mempunyai rasa yang enak dan mantap dengan dagingnya tidak lembut dan tidak juga mudah hancur.

Jadi itu lah berbagai macam makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Jadi, bila Anda berkunjung kesana, sempatin juga ya, untuk memakan makanan khasnya. Rugi toh, Anda jauh-jauh datang ke Jawa Tengah tidak makan makanan khas yang ada disana.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung.