Please Wait...

RajaBackLink.com

Berbagai Macam Makanan Khas Kota Padang

Makanan Macam Makanan Khas Kota Padang

Siapa yang sudah pernah ke Padang ? Yang di Sumatera Barat itu lho ? Jika Anda belum pernah kesana, mungkin Anda pernah coba makanan khas dari Kota Padang ? Pastinya pernah dong. Karna, hampir di setiap daerah di Indonesia pasti ada yang namanya Rumah Makan Padang. Bahkan di setiap sudut kota ada juga kemungkinan.

Namun, makanan khas Kota Padang yang paling di sukai oleh semua orang adalah Rendang. Pasti Admin yakin nih, kalau sudah menyebut makanan yang satu ini, pasti jadi laper, hahah... Karna makanan yang satu ini menjadi salah satu daya tarik orang-orang agar mau merasakan makan yang enak dan mendunia satu ini.

Tapi, jika Anda cuma makan makanan yang satu ini, rasanya tidak lengkap deh. Karna di Kota Padang sendiri, masih banyak menyediakan makanan lain yang tidak kalah sedapnya.

Nah, berikut ini Admin akan membagikan, apa saja sih makanan khas Kota Padang lainnya itu ?

Mari Simak Ulasan Berikut Ini

  • Sate Padang

Kalau Anda mendengar kata Sate, tentu yang akan terbayang adalah tusukan daging, ketupat dengan kuah dan dicampur dengan kerupuk. Duh, jadi laper nih. Sate Padang ini berbeda dengan jenis sate lainnya, bedanya terletak pada kuahnya, seperti kuah kare.

Jika dilihat, kuah sate padang warnanya kuning dan kental. Kuah sate padang ini terbuat dari kladu jeroan pedas, jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih, lengkuas, jinten, bubuk kari, garam dan tepung beras.

Meskipun kebanyakan sate Padang memakai daging sapi, ada juga lho yang memakai daging ayam, kambing dan lokan. Jika Anda mau mencobanya, silahkan cari saja sate Padang di kota Anda.

  • Soto Padang

Tidak di herankan lagi kalau soto adalah makanan berkuah yang hampir ada di seluruh Indonesia. Namun, salah satu soto di Indonesia yaitu Soto Padang. Bahan soto Padang adalah sebuah irisan sapi yang khas dan memiliki tekstur daging yang empuk dengan cita rasanya yang enak. Anda akan merasakan rasa yang berbeda ketika mencicipi soto Padang ini, jika tidak percaya, silahkan datang langsung ke tempat orang penjual soto Padang di kota Anda.

  • Dendeng Batokok

Olahan daging sapi lainnya adalah Dendeng Batokok. Dendeng ini di buat dengan cara di pukul, sesuai dengan namanya batokok yang artinya dipukul.

  • Dendeng Balado

Kalau Anda tau cara mengawetkan daging dan di keringkan, salah satunya dendeng ini nih. Dendeng tersebut adalah makanan yang dibuat dari daging sapi yang di potong tipis kemudian di keringkan.

Mulanya, dendeng ini ditemukan oleh masyarakat Minangkabau. Mereka membuat masakan dari daging sapi yang dikeringkan tersebut dan sekaligus tahan lama dan juga bisa di bawa kemana aja.

Salah satu masakan yang sedang populer di Indonesia adalah dendeng balado tersebut. Dendeng ini dibuat dari daging sapi yang  dipotong tipis dan di keringkan setelah itu di goreng. Kemudian, ditambah cabai dan juga bumbu pelengkap lainnya.

  • Rendang

Hampir seluruh orang tahu dengan makanan yang satu ini. Makanan tersebut terbuat dari daging sapi sudah sangat terkenal, bahkan sudah sampai ke beberapa penjuru dunia.

Anda pasti belum pernah mendengar bahwa rendang di akui sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN. Dengan mempublikasikan itu membuat rendang semakin di kenal ke seluruh penjuru dunia.

Bahan dasarnya yaitu dari daging sapi yang di campur dengan berbagai rempah. Kemudian, daging sapi dimasak dalam santan dan di campur dengan bumbu khas dan santan telah meresap.

  • Karupuak Sanjai

Kalau Anda berkunjung ke Kota Bukittinggi, jangan melupakan oleh-oleh yang terpopuler di Kota ini yaitu karupuak sanjai. Karupuak sanjai adalah keripik yang bahan dasarnya terbuat dari singkon yang di potong tipis. Dan di olah berbagai macam bentuk agar menjadi keripik yang mempunyai 3 rasa yang berbeda-beda.

Rasa dari karupuak sanjai ini berbeda-beda, ada rasa asin berwarna kuning, rasa pedas yang disebut karupuak balado atau keripik pedas, rasa ambar dan berwarna putih. Dari ketiga rasa ini, yang menjadi favorit adalah rasa yang pedas. Berkemungkinan rasa ambar dan warna kuning tersebut tidak menarik perhatian.

  • Gulai Banak

Gulai banak atau dalam bahasa Indonesianya gulai otak adakah sebuah makanan berkuah santan yang pedas dari daerah Minangkabau. Bahan dasar dari makanan tersebut adalah otak sapi yang telah di potong. Kemudian, otak sapi dimasak dengan santan dan bumbu khusus untuk menggulai.

Tapi jika Anda mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, Admin tidak menyarankan dalam mengkonsumsi gulai otak tersebut. Anda pasti tau kan, kalau di dalam otak itu kolesterolnya tinggi, apalagi di campur dengan santan, wah, tambah tinggi aja tuh kadar kolesterolnya.

  • Gulai Itiak

Gulai itiak atau gulai bebek adalah salah satu makanan khas Kota Padang yang bahan dasarnya dari bebek. Gulai ini serupa dengan gulai biasanya, cuma perbedaannya terletak hanya di bahan dagingnya. Gulai itiak ini menjadikan bebek sebagai sumber proteinnya.

Untuk bisa memasak gulai tersebut, diperlukan bumbu kayak jahe, laos, kunyit, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan cabai.

Gulai itiak mempunyai rasa yang pedas dengan warna kuahnya seperti kehijau-hijauan karna memakai cabai hijau untuk memberikan rasa sedapnya.

  • Gulai Touco

Anda mungkin jarang mendengar nama makanan tersebut. Padahal gulai touco itu merupakan makanan khas Kota Padang juga lho. Gulai yang berwarna hijau dan coklat dan juga mempunyai harum yang menggugah selera ini sangat cocok di campur dengan nasi hangat.

Bahan permbuatan gulai touco ini adalah tahu, udang, buncis, dan bahan lainnya yang di campur dengan gulai touco lainnya.

  • Kalio Dagiang

Kalio dagiang merupakan daging sapi yang mempunyai rasa yang sedap, nggak kalah juga sama rendang kok rasanya. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Kota Padang silahkan Anda cicipi makanan yang satu kalau Anda tidak percaya.

Daging yang di pakai untuk bisa membuat kalio ini harus dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah dan tidak lupa dimasukkan cabe. Supaya bisa menghasilkan tekstur yang empuk, daging harus dimasak cukup lama, supaya daging nggak lembek, dan bumbunya pun meresap sampai ke dalam.

  • Teh Talua

Setelah Anda menikmati berbagai macam jenis makanan, pasti akan kurang jika nggak ada minumnya. Salah satu minuman khas Kota Padang yang dapat Anda nikmati yaitu teh talua. Meskipun di seluruh daerah hanya mengenal teh saja. Tapi berbeda dengan minuman khas Kota Padang yang satu ini dan pastinya mempunyai rasa yang berbeda pula.

Teh talua ini bukan dibuat sekedar memakai daun teh saja, tetapi juga memakai  kuning telur dari ayam ataupun bebek. Tidak hanya kuning telur saja yang di tambahkan, masih bisa di tambahkan dengan yang lainnya seperti jeruk nipis dengan gula.

  • Gulai Paku

Gulai paku adalah salah satu makanan khas Kota Padang yang mempunyai rasa yang unik. Gulai ini memakai bahan daun pakis dan setelah itu, dimasak di dalam saus kelapa dengan dicampur dengan lengkuas, cabai, dan jahe. Gulai paku ini cocok untuk Anda yang suka makan sayuran. Tidak hanya itu, selain rasanya yang sedap gulai ini punya juga rasa yang unik.

  • Kalio Jariang

Cara membuat kalio jariang ini sama dengan masakan padang lainnya. Bedanya, ada di bahan bakunya saja yang memakai jengkol. Cara buatnya yaitu jengkol di pukul dan di pipihkan, setelah itu, dimasak dengan bumbu khas Kota Padang.

Jengkol Kan Berbau. Bagaimana Mengatasi Hal Tersebut ? Perlu Di Hilangkan Atau Tidak ?

Bau dari jengkol biarkan saja menyatu dengan aroma rempah dari bumbu gulai tersebut. Campuran jengkol dan gulai yang khas ini memberikan rasa yang sedap, sehinggan cocok di makan bersama dengan lontong.

  • Palai Rinuak

Makanan berikutnya ada palai rinuak. Kalau di Pulau Jawa mungkin Anda kenal sebagai pepes ikan. Jika di lihat dari pepes ikan dan palai rinuak, tidak ada bedanya. Tetapi jika Anda membukanya begitu langsung terlihat bedanya.

Biasanya, palai rinuak memakai ikan yang berukuran kecil. Karna memakai ikan yang berukuran kecil, akan menambah cita rasanya yang gurih dan sedap.

Namun, jika di tambah lagi dengan parutan kelapa, rasanya akan bertambah gurih, gurihnya double-double gitu sih. Tidak hanya itu, menambah bumbu lainnya yang menyatu dengan ikan akan menambah cita rasa yang sempurna.

  • Sate Lokan

Selain sate yang Anda kenal hanya sate padang saja, namun ada juga sate yang lainnya dari Kota Padang yaitu sate lokan.

Buat Anda yang belum pernah ke Kota Padang sama sekali, barangkali Anda akan bertanya, makanan apaan tuh ? Memang sih, sate lokan ini nggak sepopuler sate padang yang sering Anda kenal dan malahan jarang banget yang tahu.

Sebetulnya, sate lokan ini bahan dasar nya yaitu sejenis kerang yang di tangkap di pesisir pantai. Kerang tersebut mempunyai tekstur yang sangat unik, lembut dan kenyal. Sate lokan ini tidak akalah unik dan sedap dengan sate padang lho, di bagian luar dagingnya saja terasa sangat gurih.

Sate lokan ini tidak jauh berbeda dari sate padang pada umumnya. Bumbunya pun sama, hanya saja yang membedakannya bahan baku dan cara penggunaan jeruk nipis dan nanas saja yang berbeda. Sate lokan tersebut dilumuri dengan jeruk nipis terlebih dahulu sebelum di bakar, sekalian juga menambah rasa yang nikmat. Fungsi dari jeruk nipis sendiri adalah untuk menghilang bau amis yang menyengat.

  • Gulai Cancang

Gulai cancang adalah salah satu makanan khas Minangkabau, Anda juga bisa menenukannya di seluruh Rumah Makan di Kota Padang. Bahan dasarnya adalah daging yang di potong kecil-kecil dan dimasak hingga jadi gulai. Tidak hanya memakai daging sapi, tapi bisa juga menggunakan daging kambing sebagai bahan dasarnya.

Umumnya, daging yang digunakan untuk membikin gulai cancang adalah daging yang berlemak. Jadi, Anda bisa membayangkan bagaimana banyaknya kolesterol yang terkandung di dalamnya. Admin sarankan juga, bagi kolesterol di dalam darahnya tinggi, sebaiknya jangan memakan makanan ini. Bisa-bisa Anda tidak sehat lagi gara-gara banyak makan yang mengandung kolesterol.

Jika Anda bisa mencium bau gulai cancang, Anda bakalan meningkat nafsu makannya. Arom kha dari gulai cancang ini benar-benar sedap sehingga membuat Anda lapar dan segera mau cepat-cepat menghabiskannya.

  • Ikan Balado

Ikan balado ini tidak kalah enak dengan dendeng balado. Ikan yang dimasak menggunakan bumbu balado, ada cabai, tomat, bawang merah, garam, gula, air, dan jeruk nipis.

Ikan balado ini memiliki rasa yang pedas manis, dan tentunya cocok banget dengan lidahnya orang Indonesia.

Namun tidak hanya di Indonesia saja lho, yang suka makan ikan balado ini. Bahkan di negara tentangg kita seperti Singapura dan Malaysia juga sangat menyukainya lho.

Jadi itulah berbagai macam makanan khas dari Kota Padang. Jika ada liburan mudik nantinya, Anda usahakan deh untuk makan makanan khas Kota Padang yang Admin bagikan di atas jika Anda belum pernah mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung ke blog Admin.