Please Wait...

RajaBackLink.com

✅ Pengertian Bitcoin Cash - Trading - Bussiness

Pengertian Bitcoin Cash

Bagi pendatang baru pada dunia krypto, mata uang krypto cukup membingungkan karena sekarang ini telah ada lebih dari 2,100 koin dan token yang di sebar luaskan, baik yang koin asli ataupun dari hasil turunan. Bitcoin sendiri yang populer merupakan mata uang krypto pertama yang telah mempunyai berbagai jenis variasi, di antaranya termasuk Bitcoin Cash, Bitcoin Gold, Bitcoin Diamond, dan Bitcoin Private. Dari ragam-ragam tersebut, pesaing terbesar BTC sekarang ini adalah Bitcoin Cash (BCH).

Definisi Bitcoin Cash

Bitcoin Cash merupakan uang tunai elektronik peer-to-peer Internet. Sepenuhnya terdesentralisasi, tidak melibatkan (peran) bank sentral dan tidak membutuhkan pihak ketiga untuk mengoperasikannya.

Penekanan pada bagian "uang tunai elektronik peer-to-peer" dilakukan karna manfaat utama Bitcoin Cash terfokus pada kemampuan untuk melakukan lebih banyak transaksi yang bebas masalah keterlambatan jaringan. Bitcoin Cash memang menawarkan cara untuk menyesuaikan tingkat kesulitan kerja yang lebih cepat daripada waktu penyesuaian kesulitan normal Bitcoin.

Dibuat Karena Transaksi Bitcoin Terlalu Mahal

Bitcoin Cash (BCH) merupakan hasil dari Hardfork Bitcoin yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah skalabilitas melalui penggunaan blok lebih besar. Kendala terkait skalabilitas Bitcoin muncul ketika jumlah transaksi BTC yang semakin pesat mulai memenuhi semua jaringan. Hal tersebut menyebabkan jaringan Bitcoin menjadi lebih lambat dan biaya untuk melakukan transaksi pun lebih mahal daripada sebelumnya. Pada saat itu, biaya transaksi di jaringan Bitcoin mencapai lebih dari $5, terlepas dari berapa nominal BTC yang di transferkan.

Untuk menyelesaikannya, ada dua cara yang kemudian di perbincangkan oleh para pengembang, meningkatkan ukuran blok Bitcoin atau solusi lapis kedua kayak Lightning Network. Ketika kedua belah pihak tidak bisa mencapai musyawarah, pertikaian terjadi dan mengarah kepada penciptaan koin baru yang mereka anggap lebih sempurna, yaitu Bitcoin Cash.

Di support oleh Roger Ver, raksasa penambangan Jihan Wu, para pemimpin industri krypto, serta pakar lainnya, Bitcoin Cash di ciptakan setelah melakukan Hardfork yang sulit di Blockchain Bitcoin, dengan menerapkan ukuran blok yang bertambah menjadi 8MB. Tujuannya untuk mengatasi kemacetan transaksi dan mengonfirmasi transaksi yang lebih cepat ke dalam setiap blok.

Blok yang lebih besar bisa jadi lebih banyak transaksi terjadi dalam waktu satu blok. Tetapi, ini disertai dengan kelemahan yang cukup merisaukan. Mereka yang masih berpihak pada BTC berpendapat bahwa blok lebih besar pada akhirnya akan mengarah kepada sentralisasi penambangan.

Pihak lainnya, pendukung BCH berpendapat bahwa teknologi berbasis Moore's Law yang diterapkan, penambangan kripto Bitcoin Cash tidak akan tersentralisasi meskipun bisa jadi penerapan blok yang lebih besar.

Perbedaan Bitcoin Cash Dengan Bitcoin

Bitcoin Cash (BCH) sekilas mirip dengan Bitcoin, tetapi pada dasarnya memiliki beberapa perbedaan yaitu :

  • Ukuran blok adalah 8MB.
  • Tidak akan mempunyai Segwit.
  • Tidak akan mempunyai fitur percepatan dengan biaya tambahan.
  • Mempunyai perlindungan replay dan wipeout.

Dengan begitu, Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH) merupakan dua mata uang yang berbeda dan independen. Bitcoin Cash tidak boleh dikirim ke alamat Bitcoin, begitu pun sebaliknya.

Anti Serangan Replay

Salah satu fitur terbaik dari Bitcoin Cash yaitu bagaimana dia mampu bertahan dari salah satu masalah terbesar yang dihadapi mata uang krypto apa pun setelah Hardfork, yaitu serangan replay.

Apa itu serangan replay ? Serangan replay merupakan transmisi data yang berulang-ulang. Transmisi sejenis ini mengambil transaksi yang terjadi pada satu Blockchain dan mengulanginya di Blockchain yang lain. Dengan begitu, serangan replay mampu mengeluarkan atau memakai koin yang sama lebih dari satu kali, dan ini bisa merusak total jaringan Blokchain karena masalah gangguan Supply.

Bitcoin Cash bisa melindungi diri dari replay karena memakai algoritma sighash yang di definisikan ulang. Algoritma tersebut hanya di pakai ketika flag sighash mempunyai bit 6 set. Dalam hal tersebut, pemakaian output OP_RETURN yang mempunyai string unik sebagai data tambahan mampu memastikan keamanan Bitcoin Cash. Setiap transaksi yang berisi string yang unik akan dianggap tidak valid oleh node Bitcoin Cash sampai blok yang ke-530,000. Pada umumnya, sebelum blok tersebut muncul, Anda bisa membagi koin dengan bertransaksi pada rantai non-UAHF terlebih dahulu dengan output OP_RETURN, kemudian bertransaksi pada rantai UAHF yang kedua.

Perang Hash Bitcoin Cash

Baru-baru ini, ada perang yang terjadi pada komunitas Bitcoin Cash dan dijuluki Hash War. Perang Hash pada umumnya merupakan perang saudara antara dua faksi yang bersaing dalam komunitas Bitcoin Cash :

  • Bitcoin ABC (Adjustable Blocksize Cap): merupakan pihak yang di ketuai oleh Roger Ver dan CEO Bitmain, Jihan Wu.
  • Bitcoin SV (Satoshi's Vision): merupakan pihak yang diketuai oleh Craig Wright dan miliarder Calvin Ayre dan pemilik CoinGeek.

Kedua faksi Bitcoin Cash tersebut memanfaatkan kekuatan Hash untuk menambang rantai terpanjang. Siapa pun yang mempunyai rantai terpanjang dan lebih simple, akan menjadi rantai kas Bitcoin yang dominan. Menurut coin.dance, 71.8% komunitas mendukung Bitcoin ABC, sedangkan Bitcoin SV hanya 28.2%.

Jadi itulah pengertian dari Bitcoin Cash. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.