Please Wait...

RajaBackLink.com

Mengenal Apa Itu Printer, Jenisnya Serta Fungsinya

Di dalam proses computing, kita pasti mengenal istilah input, process, dan output. Pada saat menyiapkan suatu pekerjaan melalui proses computing, monitor akan menampilkan hasil pekerjaan ke dalam bentuk digital, tapi jika Anda mau mengubah bentuk digital menjadi bentuk fisik, maka perangkat tambahan yang Anda butuhkan adalah sebuah printer. Jadi secara sederhana, printer adalah perangkat eksternal yang bertugas untuk mengambil data komputer dan menghasilkan hard copy dari data tersebut.

Printer secara umum adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Biasanya printer adalah perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang tersambung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Sekarang ini, berbagai printer sudah tersedia dengan berbagai macam fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, sampai gabungan fungsi dari perangkat lainnya.

Dari segi kualitas, perangkat printer diidentifikasi dengan fitur-fitur bawaannya seperti kualitas warna, kecepatan cetak, resolusi cetak, dll. Saat ini, bermunculan printer-printer dengan multifungsi, seperti halnya printer modern. Printer modern tersebut datang dengan fungsi multiguna yaitu kombinasi printer, scanner, mesin fotokopi, faks, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ada berbagai printer yang tersedia dan dapat bekerja di berbagai macam teknologi sekarang ini.

Jenis-Jenis Printer

Seperti di sampaikan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai jenis teknologi sudah digunakan dalam printer komputer. Secara umum printer bisa dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu printer impact dan printer non-impact. Printer impact merupakan jenis printer yang digunakan untuk membuat surat. Misalnya printer daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact tidak bekerja dengan pita tinta. Misalnya printer inkjet dan printer laser. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah jenis-jenis printer yang ada sekarang ini:

1. Printer Thermal

Ini adalah jenis printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis tersebut umumnya di pakai di kasir pembelanjaan dan mesin fax. Jenis printer tersebut bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Cara kerjanya dengan menarik kertas yang bersinggungan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak pakai tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah di pakai dan memeliharanya.

2. Printer Laser Dan LED

Printer Laser dan Printer LED adalah jenis dari mesin fotokopi, keduanya mempunyai cara kerja yang memakai drum logam dan toner bubuk yang sensitif terhadap cahaya. Di dalam printer, cahaya dari laser atau LED "menarik" gambar halaman ke drum sebagai rangkaian percetakan. Cahaya menghasilkan muatan listrik statis dalam drum, menyebabkan toner untuk bereaksi. Ketika di panaskan, toner akan mencair, printer menekan selembar kertas ke drum, sehingga toner melalui kertas dan membentuk objek yang di cetak. Printer laser mempunyai proses cetak lebih cepat dari printer inkjet dengan hasil yang berkualitas tinggi.

3. Printer Dot-Matrix

Printer dot-matrix adalah jenis printer dari jenis printer impact. Printer jenis tersebut pertama kali di perkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970. Printer tersebut beroperasi dengan memakai kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Printer jenis ini kurang begitu populer sekarang ini, namun kalangan bisnis masih memakai jenis perinter ini untuk mencetak faktur, cek, struk, dan lainnya.

4. Printer Inkjet

Inkjet Printer (printer inkjet) adalah jenis printer yang populer sekarang ini, selain printer laser. Cara kerja printer tersebut adalah dengan menyemprotkan tinta dengan cartridge ke dalam kertas, sehingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi. Printer inkjet memakai tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta, biasanya tinta di pusatkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama tersebut biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer tersebut sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena mempunyai kualitas grafis yang sangat baik.

5. Printer Multifungsi

Printer All In One atau di sebut juga sebagai Printer Multifungsi (Multifunctions Printer), adalah jenis printer yang di pakai untuk menggambarkan perangkat printer serbaguna (all in one/multifungsi), fungsinya bukan lagi hanya sebagai alat cetak, tapi disematkan juga fungsi lain seperti scanner, fax, telephone, atau lainnya. Secara sederhana, jenis printer tersebut akan mencukupi berbagai macam kebutuhan Anda hanya dengan satu perangkat.

6. Printer 3D

Printer 3D di buat pertama kali oleh Charles W. Hull pada tahun 1984. Printer 3D adalah perangkat cetak tercanggih sekarang ini. Cara kerja dari printer tersebut adalah dengan memakai desain dari gambar digital untuk menghasilkan suatu objek fisik berbentuk 3D yang identik. Bahan yang di pakai dalam proses percetakan bukanlah tinta atau kertas, melainkan umumnya menggunakan bahan-bahan seperti paduan logam, polimer, lilin, atau plastik.

Nah, jadi itulah pengertian, jenis dan fungsi dari printer. semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.