Please Wait...


RajaBackLink.com

Ponsel Yang Masih Ilegal Akan Segera Dapat Pemutihan Sebelum Tanggal 17 Agustus

HP Android Ilegal

Sekarang ini pemerintah tengah berusaha membuat peraturan tentang mengatur ponsel yang beredar di Indonesia, HP yang beredar secara ilegal berkemungkinan akan diblokir dan tidak dapat mengakses data seluler di Indonesia lagi.

Sampai saat ini tidak jelas peraturan tersebut akan berlakunya mulai kapan, tapi yang jelas pada tanggal 17 Agustus yang akan datang kementrian yakni Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan dan Kementrian Komunikasi dan Informasi yang akan menandatangani dan menyetujui regulasi pemblokiran ponsel-ponsel ilegal tersebut.

Pemerintah di dalam hal ini diwakilkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi juga tidak hentinya mengajarkan masyarakatnya untuk tetap tenang dan besabar, terlebih lagi bagi para pembeli yang sudah terlanjur membeli ponsel yang bukan masuk resmi di Indonesia alias Ilegal.

Melalui official akun dari Kementrian Perindustrian RI di Instagram memberikan sesuatu informasi dimana nantinya setiap ponsel ilegal yang masuk dan dipakai sebelum 17 Agustus nanti akan mendapatkan kesempatan untuk pemutihan. Untuk itu pemutihan ini regulasinya masih sedang disiapkan.

“HP blackmarket (ilegal) yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus akan mendapat pemutihan yang regulasinya sedang di persiapkan,” kata Kemenperin.

Jika regulasinya sudah dikeluarkan, mungkin bisa jadi ponsel ilegal yang sudah terlanjur terbeli dan dipakai masyarakat tetap bisa dipakai, karna dalam masa pemutihan kemungkinan setiap masyarakat yang sudah membeli dan memakai ponsel ilegal akan dikasih kesempatan untuk mendaftarkan IMEI mereka di database punya Kemenperin.

Rudiantara sebagai menteri Komunikasi dan Informasi juga mengatakan dalam sebuah wawancara jika peraturan itu dibuat untuk ponsel ilegal yang akan masuk keesokan harinya.

Sebelumnya pemerintah telah menargetkan jika regulasi IMEI ini paling lambat mulai berlaku 6 bulan setelah di tandatangani oleh ketiga kementrian pada tanggal 17 Agustus yang akan datang.

Sampai sekarang ini belum jelas mekanisme tentang pemblokiran ini, semoga saja tidak akan merugikan kedua belah pihak ini, baik masyarakat ataupun pemerintah, karena sekarang ini banyak masyarakat yang sudah terlanjur menggunakan ponsel – ponsel ilegal di Indonesia, baik yang sadar maupun tidak sadar.