Please Wait...


RajaBackLink.com

Dampak Makan Ikan Lele Jika Makan Terlalu Sering

Bahaya Sering Makan Ikan Lele Untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ternyata memakan ikan lele dapat memicu terjadinya kanker? Bagi Anda yang pecinta ikan lele berita seperti ini tentunya membuat Anda kalang kabut ya, tapi Anda tidak usah khawatir dulu, karena tidak semua ikan lele yang dapat mejadi pemicu kanker, hanya ikan lele jenis tertentu saja yang dapat meningkatkan resiko Anda diserang kanker, yaitu ikan lele yang hidup di perairan yang tercemar karena ikan lele yang hidup di perairan yang tercemar sudah mengandung zat karsinogenik.

Berikut beberapa bahayanya makan ikan lele untuk kesehatan.

1. Mengandung Berbagai Macam Bakteri Aktif

Kebanyakan orang memelihara ikan lele dengan cara yang tidak baik seperti kolam yang dibuat di bawah jamban pembuangan kotoran manusia. Hal itu karena adanya anggapan yang mengatakan bahwa ikan lele merupakan jenis ikan yang mampu bertahan hidup di dalam air kotor dan memakan kotoran manusia. Namun ternyata hal tersebut menyebabkan kualitas gizi pada ikan lele menjadi hilang dan mengandung banyak bakteri e-coli yang menyebabkan sakit perut dan diare.

2. Hipertiroid

Semakin banyaknya peternak lele yang memanfaatkan kotoran hewan maupun kotoran manusia sebagai makan lele menjadi salah satu penyebab bahaya dalam mengkonsumsi ikan lele. Salah atu bahaya yang akan Anda alami yaitu muncul nya gangguan pada kelenjar tiroid yang berada di sekitar leher. Biasanya gejala yang dialami yaitu leher terasa nyeri, timbulnya peradangan, serta infeksi.

3. Penyakit Jantung

Pembudidayaan ikan lele yang kurang baik ternyata juga berdampak pada kesehatan jantung, selain itu, cara memasak yang salah dengan menggunakan minyal bebas pakai dapat melipatgandakan bahaya bagi tubuh. Salah satunya akan menyebabkan penyumbatan terhadap pembuluh arteri pada jantung.

4. Pertumbuhan Sel Abnormal

Ikan lele yang dimasak dengan menggunakan minyak bebas pakai secara berulang-ulang juga berdampak pada terpapar nya radikal bebas yang mengandung asam lemak jenuh yang dapat menyebabkan munculnya sel abnormal dalam DNA tubuh. Bukan hanya itu saja efk terburuknya bahkan juga bisa terkena risiko kanker hati, lambung dan beberapa penyakit lainnya.

5. Ada Yang Mengandung Logam

Secara otomatis ikan lele yang dipelihara di dalam kolam yang tercemar partikel limbah beracun dengan kandungan logam juga akan sangat berisiko paa kesehatan orang yang menyantapnya. Karena bakteri dari pengendapan logam atau merkuri menyebabkan kanker dan tumbuhnya tumor.

Itulah beberapa bahaya dari mengkonsumsi ikan lele, jadi apakah kita masih boleh mengkonsumsi ikan lele atau tidak? Jawaban nya pasti boleh ya, tetapi kita harus tau tips-tips nya terlebih dahulu, yuk simak tips aman mengkonsumsi lele dibawah ini.

Tips Aman Mengkonsumsi Ikan Lele

Untuk anda yang doyan makan lele tentu kadang Anda akan kesulitan menentukan dari perairan mana lele yang Anda beli berasal, karena itu tidak ada salahnya Anda membatasi seberapa sering Anda mengkonsumsi ikan lele. Pada umumnya ikan lele aman dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Selain itu Anda juga harus membuang dulu kulit ikan lele sebelom diolah menjadi makanan. Masalahnya, kulit ikan lele biasanya paling mudah tercemar oleh zat-zat polutan di perairan kotor.

Semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih.