Please Wait...


RajaBackLink.com

Berbagai Macam Fitur WhatsApp Yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai Macam Fitur WhatApp Yang Wajib Anda Ketahui

Zaman dulu Aplikasi WhatsApp masih kalah saing dengan Aplikasi BBM Messenger, tapi sekarang aplikasi WhatsApp justru jadi aplikasi chatting yang paling di sukai. Penyebabnya selain mudah di akses oleh siapa saja, aplikasi WhatsApp terus - menerus mengembangkan fitur-fiturnya menjadi semakin modern dari hari ke hari. Hasilnya, kebutuhan di dalam berkomunikasi dengan orang lain pun semakin murah.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi WhatsApp bisa di bilang sangat lengkap. Mulai dari fitur menjaga privasi kita, mengendalikan pemakaian data atau bisa menghemat data, hingga macam-maam trik chatting yang bisa membuat percakapan jadi lebih enak. Meskipun semua fitur sudah ada, tapi sayangnya tidak semua orang yang tahu cara mengaksesnya. Oleh karena itu, Admin akan menjelaskan fitur-fitur yang tersembunyi di dalam aplikasi WhatsApp. Simak ulasan berikut.

1. Bisa Mem-Backup Percakapan

Jika akun WhatsApp Anda sering di pakai untuk pekerjaan atau untuk bisnis, pasti banyak chat penting berhubungan hal itu. Oleh karenanya, beberapa orang membutuhkan untuk mencadangkan percakapan sehingga pada saat mengganti ponsel, percakapan lama tidak akan hilang dan bisa di akses kembali. Cara mencadangkan percakapan ini terbilang mudah. Buka saja menu setting kemudian pilih chat dan cadangan chat. Kemudian atur penyimpanan percakapan di Google Drive dengan menambahkan akun gmail. Langkah selanjutnya, aplikasi secara otomatis akan membackup chat Anda dalam waktu yang di tentukan.

2. Membuat "Terakhir Di Lihat" Bisa Di Sembunyikan

Fitur "Terakhir Di Lihat" merupakan fitur pemakai WhatsApp dapat saling melihat waktu terakhir online orang lain. Tetapi sebagian orang, khususnya mereka yang sedang sibuk dan tidak ingin di ganggu, kadang-kadang merasa privasinya terancam dengan menggunakan fitur ini. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menyembunyikan "Terakhir Di Lihat" ini agar orang-orang tidak bisa melihatnya.

Caranya terbilang mudah, pilih menu setting kemudian memilih tabakun and privasi. Setelah itu tekan “Terakhir Di Lihat”. Terakhir Anda tinggal pilih satu dari tiga pilihan. Pertama, pilih "Semuanya" untuk membiarkan semua orang melihat last seen. Kedua, pilih "Kontak Saya" untuk hanya orang yang ada di dalam kontak saja yang bisa melihat. Terakhir pilihan Ketiga "Tidak Ada" agar tidak ada satu pun orang pun yang bisa melihat informasi tersebut.

3. Mengatur Download Data

Pada saat menggunakan aplikasi WhatsApp, kita mengikuti banyak grup. Dan anggota grup sering mengirim file baik gambar, video, musik, dokumen, atau yang lain. Beberapa file mungkin penting untuk kita, namun beberapa lainnya tidak terlalu penting. Kekurangannya, pengaturan basic WhatsApp yaitu otomatis mengunduh semua data yang masuk. Untuk itulah, kita harus mengubah pengaturannya menjadi download secara manual.

Kenapa begitu? Agar kita bisa menentukan sendiri data mana yang perlu kita unduh dan mana yang tidak perlu di unduh. Untuk mendapatkan kondisi ini kamu bisa menuju ke menu setting, pilih "Data Usage", dan rubah pada tab unduh otomatis media sesuai dengan keinginan. Ada tiga pilihan mengunduh otomatis yaitu "When Using Mobile Data (Saat Menggunakan Data Seluler), When Connect On Wi-Fi (Saat Tersambung Wi-Fi), atau When Roaming (Saat Roaming)". Silahkan kamu pilih saja terserah kamu.

4. Menyembunyikan Tanda Laporan Di Baca

Biasanya, pada saat kita menerima pesan dan sudah membacanya, tanda ceklist akan berubah warna dari abu-abu ke biru. Tapi ada saatnya, kita hanya mau membaca pesan tanpa orang yang mengirim tahu kita sudah membaca atau belum. Kelebihannya, kita tidak perlu langsung membalas pesan tersebut. Jadi, untuk mendapatkan fitur ini kamu masuk ke menu setting kemudian privasi akun. Setelah itu hilangkan ceklist pada tab read receipts (laporan dibaca).

5. Memberi Tanda Bintang Bila Ada Pesan Yang Penting

Tanda bintang di Aplikasi WhatsApp berguna untuk mengelompokkan chat penting di dalam satu tempat. Contohnya sebuah grup yang penuh dengan chat, kita hanya mau menyimpan informasi di chat pada baris yang ke 98 saja. Gunanya, agar kita lebih murah dalam mencari dan tidak perlu capek - capek scroll ke atas maupun ke bawah. Cara membintangi pesan yaitu dengan memilih text yang akan di bintangi kemudian tekan tombol titik tiga dan tekan gambar bintang yang ada di samping tanda delete. Pesan yang kamu tandai selanjutnya dapat dilihat pada starred message atau pesan berbintang.

6. Menandai Chat

Kita pasti mengirim chat dengan banyak orang dalam sehari. Tapi dari sekian banyak orang yang kita chat, pasti ada chat prioritas yang kita tidak mau itu turun ke bawah . Comtohnya saja chat dari ibu, dari atasan, atau bisa jadi dari kekasih hati. Untuk itu lah, kamu tetap bisa membiarkan chat orang yang kamu prioritaskan tersebut di bagian atas dengan membuatnya menjadi pinned chat atau chat yang di tandai. Jadi, caranya cukup mudah, kalian tinggal tekan dan tahan pada kolom chat orang yang ingin kita prioritaskan, kemudian tekan lambang pin di bagian kanan atas layar aplikasi. Otomatis, chat orang yang kita tandai akan berada di bagian atas apapun yang terjadi.

7. Mengirim Gambar GIF

Sejak bulan Januari lalu, pengguna WhatsApp memang telah dapat mengirim gambar GIF. Banyak GIF yang sudah di sediakan WhatsApp dan kamu tinggal memilih mana yang kamu sukai. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat membuat gambar GIF sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan. Caranya seperti mengirim video biasa, tapi kalian hanya perlu memotong dulu video 1-6 detik. Jika sudah dipotong, pilih tab untuk mengubah video menjadi gambar GIF.

8. Bisa Memblokir Kontak

Anda Sering mendapatkan pesan spam dari orang tidak dikenal? Caranya mudah, tinggal blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur ini dan bisa diakses dengan mudah. Cara memblokirnya, buka percakapan dengan orang yang mau di blokir. Tekan menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menjumpai pilihan Block di antara menu yang di lihat. Jika ketemu tekan itu, dan pemblokiran pun telah selesai di lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan Terima Kasih.