Please Wait...

RajaBackLink.com

Wow !!! Ternyata Coklat Bisa Meredakan Batuk Juga Lho...

Coklat Bisa Meredakan Batuk

Selama ini, kita semua tahu bahwa lemon dan madu merupakan dua makanan yang ampuh mengobati rasa gatal pada tenggorokan yang diakibatkan batuk. Namun, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa coklat ternyata juga dapat meredakan batuk, dikarenakan theobromine yang terkandung pada coklat yang berfungsi menimbulkan rasa tenang pada tenggorokan. Namun, coklat yang dimaksud disini bukanlah coklat batangan ya,tetapi bubuk kakao yang menjadi bahan dasar dari pembuatan coklat.

Penelitian yang dilakukan profesor Alyn Morice, kepala penelitian kardiovaskular dan pernapasan di University of Hull di Yorkshire, Inggris, mengeksplorasi kemanjuran pengobatan berbasis kakao, dan menyebutkan bahwa cokelat dapat meredakan batuk.

Dalam penelitian tersebut mereka melibatkan 163 responden dengan kondisi batuk akut, seperti pada umumnya batuk juga disertai dengan flu, pilek, atau bronkitis parah, penelitian yang dinamai Rococo Study itu, secara acak responden diberi resep sirup obat batuk biasa dan CS1002, yakni obat yang mengandung kakao.

Dalam waktu dua hari, responden yang menggunakan obat yang berbasis kakao terbukti membaik secara signifikan, dibandingkan dengan responden yang menerima obat batuk biasa. Sejak saat itu, CS1002 yang dilisensikan dengan nama merek Unicough, juga mampu mengurangi frekuensi batuk serta gangguan tidur dalam waktu dua hari. Dari jumlah responden yang menerima obat yang berbasis kakao, hampir seperempatnya menghentikan pengobatan setelah kondisi nya kian membaik.

Mengapa cokelat bisa bekerja sebaik itu? Para peneliti mengklaim, biji cokelat memiliki sifat yang mampu menawar rasa sakit, yang berarti mengurangi peradangan atau iritasi.

Pada dasarnya, tekstur cokelat juga lebih lengket daripada sirup obat batuk biasa, sehingga dinilai lebih baik dalam melindungi ujung saraf di tenggorokan yang memicu dorongan untuk batuk. “Dengan begitu, jika kita minum cokelat panas tidak akan memiliki efek yang sama, sebab cokelat tidak bersentuhan langsung dengan tenggorokan dan membentuk lapisan pelindung, “Morice menerangkan. “Menghisap sepotong coklat secara perlahan bisa membantu anda meredakan batuk, namun harus dipastikan dulu ya bahwa cokelat tersebut tidak mengandung banyak gula.”

Semoga artikel ini bermanfaar untuk Anda. Sekian dan Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Wow !!! Ternyata Coklat Bisa Meredakan Batuk Juga Lho..."