6 Sep 2019

10 Dampak Yang Di Alami Jika Malas Menggosok Gigi


Gigi merupakan bagian tubuh yang harus di perhatikan dan dirawat secara teratur. Sebab, jika tidak di rawat akan muncul masalah-masalah yang lama-lama akan menjadi masalah yang serius. Oleh sebab itu, gigi wajib di bersihkan setiap hari agar terhindar dari ancaman-ancaman penyakit mulut.

Ada berbagai cara untuk merawat gigi, salah satunya dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Pertama, di saat pagi hari setelah bangun tidur atau setelah sarapan. Kedua, sebelum tidur di malam hari.

Tetapi, banyak juga orang yang malas menggosok gigi di malam hari sebelum tidur. Padahal, kebiasaan inilah yang menjadi cikal bakal penyakit gigi dan mulut. Berikut ini dampak yang akan di alami jika kamu malas menggosok gigi.

1. Muncul Karang Gigi

Jarang menyikat gigi akan membuat kotoran sisa makanan menjadi menumpuk dan pada akhirnya menjadi karang gigi. Plak yang tidak di hilangkan akan mengeras dan membentuk 'tartar' yang tidak bisa di bersihkan hanya dengan menggosok gigi.

2. Gigi Berlubang

Berlanjut dari masalah karang gigi, jika plak gigi yang di sebabkan oleh sisa makanan yang mengandung glukosa, sukrosa, laktosa dan lain-lain tinggal di dalam mulut atau tidak dibersihkan, bakteri penyebab plak akan memfermentasinya menjadi zat asam. Maka email gigi akan dengan mudah terkikis oleh zat asam.

3. Gigi Lepas

Malas menggosok gigi bisa memicu periodontitis. Jika dalam waktu lama tidak segera diobati, maka bisa merusak tulang rahang dan membuka ruang antara gusi dan gigi. Akibatnya, gigi menjadi longgar dan mudah lepas.

4. Bau Mulut

Tidak menggosok gigi membuat plak di gigi menjadi menumpuk, yang kemudian menjadi sarang bakteri. Selain bau mulut, penumpukan plak juga bisa menyebabkan kerusakan rongga dan struktur gigi.

5. Gusi Berdarah

Kebiasaan melewatkan jadwal menggosok gigi bisa membuat gusi mudah sekali berdarah. Pada dasarnya, menggosok gigi bisa merangsang aliran darah ke gusi, yang merupakan bagian terpenting dari kesehatan mulut. Jika gigi tidak di gosok, maka gusi menjadi mudah radang lalu berdarah.

6. Pembuluh Darah Tersumbat

Malas menjaga kebersihan gigi dan gusi juga dapat membuat plak berkumpul di dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi sangat lambat atau malah berhenti sepenuhnya.

7. Gangguan Pernafasan

Malas menggosok gigi rupanya mempengaruhi paru-paru. Berbagai penyakit yang berkaitan dengan masalah pernafasan pun muncul. Seperti asma, infeksi, kanker paru-paru, dan lain-lain.

8. Selulit Wajah

Penyakit yang dapat mengancam jika Anda malas menggosok gigi yaitu selulit di wajah. Kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri pada kulit.

9. Penyakit Jantung

Termasuk di dalamnya jantung koroner, serangan jantung, dan gagal jantung, semua macam penyakit jantung mengancam nyawa kamu jika malas menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

10. Abses Otak

Jarang menjaga dan membersihkan rongga mulut dan gigi ternyata juga memicu abses otak yaitu kumpulan nanah yang terbungkus oleh kapsul di dalam jaringan otak yang disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur.

Nah, jadi itulah dampak yang di alami jika malas menggosok gigi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang malas menggosok gigi. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar