23 Sep 2019

20 Makanan Khas Aceh

Provinsi Aceh merupakan sabangnya Indonesia yang pernah gempar akibat bencana Tsunami pada tahun 2004. Tetapi, bencana yang di alami tidak membuat rakyat Aceh menderita. Sehingga mereka terus melangkah maju lagi.

Provinsi yang terkenal dengan julukan Kota Serambi Mekah ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam yang mengagumkan. Tidak hanya tempat wisatanya aja yang indah, namun Aceh juga memiliki makanan khas nya yang sedap dan mantap.

Apakah kamu mau tahu apa saja makanan khas Provinsi Aceh yang sedap dan mantap? Berikut ini Saya bagikan dengan penjelasannya.

1. Sate Matang


Sate Matang merupakan makanan khas Aceh yang isinya daging kambing atau daging sapi yang di ungkep dengan bumbu khas lalu di bakar. Sate Matang yang paling enak di makan dengan kuah soto yang kaya dengan bumbu rempah istimewa.

2. Mie Aceh


Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi yang namanya dengan mie. Salah satunya yaitu mie Aceh yang dapat Kita makan dengan dua cara yaitu dengan di goreng dan dengan di kuah.

Untuk rasa pedas dan tidaknya itu sesuai dengan selera Kamu masing-masing. Mie Aceh juga bisa di sajikan dengan beberapa varian ikan atau seafood lainnya.

3. Gulai Kambing Khas Aceh


Gulai Kambing khas Aceh dimasak dengan menggunakan bumbu rahasia khas Aceh. Gulai Kambing ini dimasak dengan menggunakan kuali yang besar dan dalam hidangannya selalu dalam keadaan yang panas.

4. Kuah Pliek U



Kuah Pliek U adalah makanan khas Aceh yang melambangkan keberagaman dan keeratan, di dalam masyarakat Aceh yang ter tuang di dalam satu kali, sehingga memunculkan satu rasa yang tersendiri. Kuah Pliek U merupakan cara penyaluran hasil bumi daerah Aceh. Makanan khas Aceh yang satu ini wajib Kamu coba bila Kamu berkunjung ke Aceh.

5. Kuah Sie Itek


Kuah Sie Itek adalah makanan khas Aceh yang olahannya dari itik atau bebek. Namun, cara pengolahannya menggunakan cara yang berbeda dan resep yang di wariskan pun turun temurun dari para leluhur masyarakat Aceh. Bahkan makanan khas Aceh yang satu ini masih di sajikan sampai sekarang di restoran - restoran.

6. Kuah Masem Keu-Eung


Kuah Masem Keu-Seung tidak hanya dapat Kamu dapatkan di Aceh saja, tapi hampir di seluruh Indonesia juga bisa Kamu dapatkan. Bagi masyarakat Aceh sendiri makanan pedas dan masam memiliki makna yang cocok dengan makanan lidah bangsa Indonesia.

 7. Rujak Aceh


Rujak Aceh adalah makanan khas dengan cita rasa yang berbeda dari rujak yang lain pada umumnya. Isi dari Rujak Aceh adalah buas rumbia Aceh yang di siram dengan saus rujak. Rujak Aceh sangat nikmat bila di hidangkan dalam keadaan dingin dan di tambah dengan es serut, yang sangat cocok di makan dalam cuaca yang panas.

8. Ayam Tangkap Aceh


Ayam Tangkap Aceh adalah olahan dari daging ayam yang di potong kecil - kecil yang di taburi dengan daun teumuru, cabe hijau serta bawang goreng. Jika Kamu mau mencari makanan khas Aceh yang satu ini, Kamu harus mencari yang yang di taburi dengan daun teumuru tersebut.

9. Ungkot Kemamah


Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh dengan cita rasa yang enak dan menantang. Makanan khas Aceh ini berbahan baku ikan tuna yang di keringkan dan setelah itu di cincang.

Ikan Kemamah ini biasa di masak dengan menggunakan santan kelapa, cabe hijau, kentang dan bahan masakan yang lainnya. Pada saat di zaman perang melawan Belanda dulu, Ungkot Kemamah ini merupakan masakan yang sudah populer karena menggunakan cara masak yang berbeda.

10. Martabak Aceh


Berasal dari daerah yang berbeda dan tentu beda juga rasa martabaknya. Inilah dia Martabak Aceh yang dalam pembuatannya berbahan roti cane sebagai lapisan luar dan di tambah dengan taburan bawang merah, cabe hijau dan di lengkapi dengan kuah sambal.

Martabak Aceh ini sangat enak bila di makan bersama keluarga di waktu menjelang malam hari.

11. Kopi Khas Aceh


Penghasil kopi terbesar di Indonesia dari dulu meman Aceh yang dengan cita rasa yang khas aroma kopi yang sangat kuat sebagai ciri khas Kopi Aceh Gayo. Kopi pada dasarnya adalah sama, namun yang berbeda adalah cara pengolahannya. Kopi Aceh mengandung antitoksin yang bisa menambah tenaga di dalam tubuh serta juga bisa mengencangkan kulit.

12. Kue Timphan


Kue Timphan adalah kue yang berbahan dasar tepung ketan yang di campur dengan pisang beranang dan sarikaya. Dalam masyarakat Aceh, Kue Timphan merupakan makanan wajib untuk tamu yang berkunjung ke rumah ketika hari raya lebaran, baik itu Hari Raya Idul Fitri ataupun Hari Raya Idul Adha.

13. Kue Adee Atau Bingkang


Kue Adee atau Bingkang merupakan kue tradisional Aceh yang hanya bisa Kamu temui di Aceh saja di kawasan Pidie Jaya. Tekstur yang lembut legit dan manis yang sangat cocok bila di hidangkan untuk tamu maupun berkumpul bersama keluarga.

14. Manisan Pala


Seperti namanya yaitu Manisan Pala yang bahan bakunya dari buah pala. Banyak sekali masyarakat Aceh yang membuat Manisan Pala ini. Bahkan buah pala merupakan komoditi terbesar di Aceh Selatan. Bila Kamu berkunjung ke Aceh Selatan, maka Kamu akan menjumpai banyak sekali buah pala di daerah Aceh Selatan tersebut.

15. Kopi Susu Sanger


Sanger merupakan Kopi Susu khas Aceh. Yaitu campuran kopi hitam, susu kental manis dan gula. Sanger mirip dengan kopi yang ada di cafe - cafe pada umumnya. Tapi Kopi Sanger ini sangat berbeda pada jenis kopi pada umumnya karena tidak semua orang bisa membuat Kopi Sanger tersebut.

Di saat kopi di seduh dengan saringan atau kain yang berbentuk kerucut, lalu di tambah dengan susu kental manis dan sedikit gula itulah yang membuat Kopi Sanger ini berbeda dengan kopi yang lain pada umumnya.

16. Kembang Loyang


Kembang Loyang merupakan makanan khas Aceh Tamiang. Bahan baku pembuatan kembang loyang adalah tepung roti yang di campur dengan gula, telur, dan sari pati santan kelapa. Kembang Loyang sering hadir pada saat acara hajatan dan hari - hari besar masyarakat Aceh.

17. Pisang Sale


Pisang Sale telah lama di kenal sebagai makanan tradisional terkhusus di kawasan Aceh Timur sebagai sentra Pisang Sale di wilayah Aceh. Pisang Sale ini mempunyai rasa dan aroma yang khas, Pisan Sale ini terbuat dari pisang yang sudah matang, lalu di jemur sampai kering dan di asapi supaya tahan lama. Pisang Sale dapat di makan langsung atau di goreng terlebih dahulu.

18. Jadah Lemang


Jedah Lemang adalah makanan khas dengan cita rasa yang gurih. Jedah Lemang terbuat dari beras ketan yang di campur dengan kelapa yang berbumbu garam. Rasa gurih yang Kita biki ngiler sangat cocok di santap dengan rendang bila di makan pada saat Hari Raya Idul Adha.

19. Lepat


Lepat adalah makanan yang di bungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus yang mana masyarakat Indonesia pastinya sudah tau dengan makanan yang satu ini. Lepat yang berisi dengan parutan kelapa di bagian tengahnya. Banyak di hidangkan pada hari besar dan bisa bertahan sampai dua minggu lamanya.

20. Kue Bhoi


Kue Bhoi merupakan kue bolu yang mempunyai beragam bentuk yang unik, mulai dari bentuk ikan, berbentuk bunga ataupun berbentuk binantang. Sebagai makanan tradisional, Kue Bhoi bisa di beli dengan seharga 5 ribu sampai 10 ribu per kemasan.

Kadang - kadang Kue Bhoi juga di hargai sampai ratusan ribu. Pada saat perayaan pernikahan, Kue Bhoi merupakan kue yang dapat di jadikan hadiah bagi pengantin pria pada saat pelaksanaan upacara pernikahan. Bila Kamu tidak ingin menunggu di acara pernikahan, maka Kamu bisa jumpai di toko - toko atau di pasar - pasar tradisional.

Jadi itulah makanan khas Aceh dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu yang ingin berkunjung ke Aceh. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar