Please Wait...

RajaBackLink.com

9 Manfaat Bernyanyi Di Dalam Kamar Mandi

Manfaat Bernyanyi Di Dalam Kamar Mandi

Kenapa banyak orang nyanyi di kamar mandi?

Percaya atau tidak, suara Anda mungkin terdengar jauh lebih baik saat mandi. Anda pun jadi makin semangat untuk mengadakan konser tunggal dadakan sambil membasuh seluruh tubuh. Selain karena suara jadi lebih baik, Waktu Anda bernyanyi dalam kamar mandi, Anda tidak perlu khawatir tentang siapa saja yang mendengarkan, kesalahan lirik, ataupun mengkritik suara Anda. Dengan begitu Anda bisa menjadi diri sendiri, dan hal tersebut juga bisa membuat mandi anda menjadi lebih seru. Namun sebenarnya mengapa orang-orang cenderung bernyanyi sambil mandi, bukan sambil memasak atau bekerja? Apakah ada manfaat dari nyanyi di kamar mandi? Intip jawaban nya di bawah ini, ya!
 
1. Hirup Banyak Oksigen
 
Ketika Anda bernyanyi, Anda akan menghirup banyak oksigen, bernyanyi juga merupakan latihan yang baik untuk otot leher, tenggorokan, rahang, dan wajah.
 
2. Melatih Otot Perut
 
Dengan bernyanyi akan melibatkan otot di sekitar perut, dan tulang rusuk, itu adalah daerah yang bekerja keras mengelola inflow dan outflow udara.
 
3. Merangsang Laring
 
Dengan bernyanyi bisa merangsang laring, yang bisa meminimalisir dengkuran saat tidur, juga mencegah susah tidur.
 
4. Merangsang Tiroid
 
Bernyanyi juga bisa merangsang tiroid Anda, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi metabolisme.
 
5. Melatih Motorik
 
Melantunkan lagu secara metodis juga dapat mengubah keterampilan motorik Anda. Ketika mulai belajar teknis bernyanyi, Anda menikmati manfaat untuk otak juga.
 
6. Pembunuh Rasa Sakit
 
Bernyanyi juga dipercaya sebagai pembunuh rasa sakit. Dengan menembangkan lirik lagu dapat menenangkan jiwa, mengatasi kesedihan, dan depresi. Juga dapat melepaskan perasaan terpendam, atau sumbatan emosional dalam hati.
 
7. Kurangi Kekacauan Mental Dan Mengusir Stres
 
Bernyanyi adalah terapi yang baik untuk mengurangi kekacauan mental Anda, dan menghilangkan stres. Karena menyanyi di kamar mandi bisa membuat Anda merasa jauh lebih baik. Menurut para ahli, pada saat menyanyi mau tidak mau Anda akan melatih pernafasan. Apalagi ketika kadar oksigen di tubuh sedang baik. Hal ini mirip seperti latihan yoga. Yang secara otomatis membuat Anda lebih rileks dan kadar stres pun berkurang.
 
8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
 
Berdasarkan hasil penelitian di dalam journal of Behavioral Medicine, menyanyi dapat menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon kortisol yang berlebihan akan menganggu sistem kekebalan tubuh. Maka semakin sedikit hormon kortisol Anda, semakin kuat pula kekebalan tubuh dalam menghalau berbagai penyakit.
 
9. Meningkatkan Daya Ingat
 
Penelitian lain dalam journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan bahwa rutin menyanyi di pagi hari mampu meningkatkan daya ingat kita. Ini karena seni musik mampu merangsang aktivitas otak. Dengan demikian, fungsi kognitif otak pun jadi semakin terasah dan Anda bisa menghindari risiko dementia dan penyakit Alzheimer.
 
Itulah beberapa penjelasan nya, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "9 Manfaat Bernyanyi Di Dalam Kamar Mandi"