Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Sistem Operasi { OS }

Sistem Operasi

A. Sejarah Sistem Operasi

Sejarah sistem operasi ada 4 generasi yaitu :

Sistem Operasi Generasi Pertama ( Pada Tahun 1945 - 1955 )

Sistem operasi generasi pertama merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi berbentuk mekanik. Di generasi pertama ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, lalu sistem komputer di beri instruksi yang harus di kerjakan secara langsung.

Sistem Operasi Generasi Kedua ( Pada Tahun 1955 - 1965 )

Sistem operasi yang kedua ini memperkenalkan BPS ( Batch Processing System ) yang merupakan mengerjakannya dalam satu rangkaian, kemudian di eksekusi secara berurutan. DI generasi kedua ini sistem komputer belum di lengkapi dengan sistem operasi, namun beberapa fungsi telah ada.

Sistem Operasi Generasi Ketiga ( Pada Tahun 1965 - 1975 )

Di generasi ketiga ini kemajuan sistem operasi untuk melayani banyak pengguna sekaligus, dimana user / pengguna bisa berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user yang di gunakan oleh pengguna sekaligus dan multi programming melayani banyak program sekaligus.

Sistem Operasi Generasi Keempat ( Pada Tahun 1980-an - Pasca 1980-an )

Yang di generasi keempat ini berguna untuk jaringan komputer, dimana pengguna menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling tersambung satu dengan yang lainnya.

B. Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi dalam bahasa inggris - nya yaitu Operating System dan biasa kita tau dengan singkatan OS. Sistem operasi adalah software yang tugasnya yaitu melakukan controlling dan manajemen hardware serta operasi yang ada pada sistem, dan menjalankan software aplikasi seperti program yang mengolah data yang dapat di pakai untuk memurahkan kegiatan manusia di dalam kesehariannya.

Sistem Operasi Komputer adalah software pada lapisan pertama yang di letakkan pada memori komputer yaitu Hardisk, pada saat komputer di hidupkan. Sedangkan software - software yang lainnya di jalankan setelah sistem operasi komputer di jalankan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software - software tersebut. Layanan inti yang umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task dan antar muka user / pengguna. Sehingga masing - masing dari software tidak perlu lagi melakukan tugas - tugas inti yang umum tersebut, karena dapat di layani dan di lakukan oleh sebuah sistem operasi. Bagian - bagian kode yang mengerjakan tugas - tugas dan umum tersebut bisa di sebut dengan kernel suatu sistem operasi.

Perlu kamu tahu bahwa sistem operasi juga berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Tidak hanya itu, sistem operasi juga melakukan perintah yang penting di dalam komputer, serta beberapa aplikasi yang berbeda kegunaannya dapat berjalan dengan sangat lancar secara bersamaan tanpa melalui hambatan. Sistem operasi komputer memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak atau software yang lain bisa memakai memori, melakukan input dan juga output terhadap peralatan yang lain dan mempunyai akses ke sistem file. Namun jika aplikasi berjalan dengan bersamaan, maka sistem operasi akan mengatur waktu dengan tepat, sehingga sebisa mungkin yang ada pada semua proses komputer mendapatkan waktu yang pas untuk menggunakan CPU dan tidak akan saling beradu dengan perangkat lainnya.

C. Cara Kerja Sistem Operasi Komputer

Perangkat Keras atau Hardware mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi perangkat keras komputer hanyalah sampah yang tidak berguna. Sistem operasi adalah Pengasuh di semua perangkat lunak aplikasi / software aplikasi yang akan berinteraksi dengan perangkat keras atau hardware.

Cara kerja sistem operasi komputer dalam rangkaian cara kerja komputer antara lain yaitu :

1. Melakukan Manajemen Proses

Sistem operasi menjadwalkan setiap proses seperti membuat file, menghapus file, sinkronisasi file, komunikasi antar file dan yang lainnya. Sistem operasi juga bisa melakukan penundaan prose, melanjutkan proses atau menghentikan proses secara paksa. Hal yang berhubungan dengan menunda dan melanjutkan proses sangat bergantung kepada RAM untuk menampung proses sementara waktu dan register prosessor yang menampung proses yang masih berjalan. Sedangkan yang berhubungan dengan pengolahan suatu file membutuhkan bantuan dari Control Unit yaitu komponen proses yang ada di dalam CPU.

2. Manajemen Penyimpanan Sekunder

Penyimpanan sekunder kuat hubungannya dengan media penyimpanan seperti Harddisk, Flashdisk, SSD, DVD dan yang lainnya. Aplikasi komputer biasanya akan menyimpan file atau data hasil proses di media penyimpana sekunder karena penyimpanan sifatnya sementara dan juga terbatas. Oleh sebab itu, sistem operasi komputer juga harus melakukan perantaraan file maupun data yang akan di simpan di dalam sistem penyimpanan sekunder dengan memerhatikan beberapa aspek yaitu efisiensi, optimalisasi, dan security.

3. Manajemen File

Ada 4 macam aspek yang penting di dalam manajemen file yaitu membuka file, menulis file, menyimpan file dan menghapus file.

4. Manajemen Memori Utama

Sistem operasi komputer tersebut harus bisa mengatur mengalokasikan jumlah memori yang di perlukan serta alamat memori yang di butuhkan untuk menampung proses. Jika tidak bisa, maka terjadi proses yang berantakan dan terjadi error atau hank karena memori tidak cukup untuk menampung beban proses.

5. Manajemen Sistem Input Dan Output

Sistem operasi komputer harus bisa melakukan hal yang berhubungan dengan masukan dan keluaran data. Data yang di berikan oleh pengguna melalui keyboard, mouse, dan perangkat yang lain harus mampu di tampung. Hal - hal yang berhubungan dengan manajemen sistem inut dan output adalah buffering atau penampungan data, scheduling atau penjadwalan data, spooling atau meletakkan pekerjaan di dalam buffer dan mengalokasikan driver untuk perangkat keras atau hardware yang tersambung ke CPU.

D. Jenis - Jenis Sistem Operasi

Jenis - jenis sistem operasi yang umum di pakai adalah :

1. Posix.
2. Unix.
3. Ms. DOS.
4. Ms. Windows.
5. Linux.
6. Apple.
7. Dan lain - lain.

Dari sekian banyak sistem operasi dapat juga di bagi menjadi dua berdasarkan kontak ( interface ) yaitu :

- Graficial User Interface ( GUI )

Graficial User Interface ( GUI ) adalah kontak user dengan perangkat keras yang berbasis gambar atau grafik. Misalnya : Ms. Windows, Unix, dan Linux.

- Command Line Interface ( CLI )

Command Line Interface ( CLI ) yaitu kontak user dengan perangkat keras atau hardware yang berbasis teks ( huruf, angka, simbol atau tanda baca ). Seperti : Ms. DOS, Posix dan Linux.

Nah, jadi itulah pengertian sistem operasi komputer. Semoga bermanfaat untuk Kamu yang membutuhkan. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Sistem Operasi { OS }"