Please Wait...


RajaBackLink.com

Penyebab Buta Warna Pada Mata, Beserta Cara Mencegahnya

Penyebab Buta Warna Pada Mata, Beserta Cara Mencegahnya

Buta warna adalah berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang pada umumnya diturunkan oleh orang tua kepada anaknya saat ia lahir. Seseorang yang buta warna akan kesulitan melihat warna merah, warna hijau, biru atau campuran warna lainnya. Masalah buta warna ini juga dapat mempersulit kehidupan seseorang. Jika kamu mengalami buta warna, kamu akan kesulitan untuk membaca pada suatu kertas yang memiliki warna atau mungkin kamu tidak akan mencapai karier atau suatu jenis pekerjan tertentu.

Dan tahukah kamu manusia memiliki 3 jenis sel kerucut pada mata, yaitu sel kerucut merah, sel kerucut hijau, dan sel kerucut biru. Kamu akan terhindar dari buta warna jika ketiga sel kerucut tersebut dapat menangkap dengan baik cahaya dalam jumlah yang berbeda dari tiga dasar warna ini. Konsentrasi tertinggi ditemukan disekitar retina mata.

Ternyata masalah buta warna tidak selalu berasal dari masalah keturunan saja, namun banyak juga faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami buta warna secara tiba-tiba. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kita mengalami buta warna.

1. Pertambahan Usia

Ketika seseorang bertambah usia, fungsi organ tubuh nya juga akan mengalami penurunan fungsi atau kualitasnya. Dalam beberapa kasus buta warna, biasanya seseorang akan mengalami penurunan penglihatan khusus nya saat membedakan warna. Ini adalah termasuk hal yang cukup alami dalam proses penuaan dan tidak perlu dicemaskan secara berlebihan.

2. Penyakit

Banyak penyakit mata yang bisa menyebabkan penurunan kualitas mata sehingga pada akhirnya mengakibatkan buta warna. Bahkan penyakit seperti glaukoma, katarak hingga hipertensi nyatanya bisa mempengaruhi kualitas retina mata, dan yang paling parah bisa membuat mata menjadi tidak bisa melihat warna-warna dasar dengan baik.

3. Bahan Kimia

Bukan hanya faktor dalam diri saja, mata yang terlalu sering terpapar bahan- bahan kimia di lapangan kerja atau di tempat-tempat lain juga dapat mempengaruhi penurunan fungsi mata, sehingga mata akan mengalami buta warna.

4. Efek Samping Pengobatan Tertentu

Ternyata beberapa jenis pengobatan juga berpotensi untuk menyebabkan buta warna. Namun biasanya, jika pengobatan atau pengosumsian obat-obatan telah berhenti, kemungkinan penglihatan juga bisa kembali normal.

Tanda-Tanda Sesorang Mengalami Buta Warna Juga Beragam, Yaitu :

  • Pasti akan sulit mengikuti pelajaran di sekolah yang berhubungan dengan warna.
  • Pasti sulit membedakan warna daging mentah dengan daging yang sudah matang.
  • Penderita buta warna pasti sulit membedakan lampu lalu lintas.
  • Sulit membedakan mana daun yang hijau dan mana daun yang warna kuning.
  • Akan sulit membedakan warna baju yang di pakainya.

Cara Mencegah Dan Mengurangi Buta Warna :

  • Pastikan penderita buta warna menggunakan lensa khusus. Jika kamu ingin tau, lensa khusus ini bisa membantu penderita buta warna untuk mendeteksi warna tertentu. Tapi yang perlu di ingat, tidak semua orang bisa efektif menggunakan lensa khusus ini bagi penderita buta warna.
  • Pastikan di rumah yang penderita buta warna menggukan lampu yang terang, agar cahayanya bisa memperjelas warna yang ada.
  • Ada baiknya menggunakan teknologi pendukung bagi penderita buta warna, seperti aplikasi khusus yang bisa memberitahu warna dari suatu objek yang nampak.
  • Kalau perlu meminta bantuan kepada kerabat atau orang terdekat pada saat mengalami situasi yang susah yang berkaitan dengan warna, seperti meminta mencarikan warna baju yang sesuai dengan yang ingin di pakaikan oleh si penderita buta warna.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.