13 Okt 2019

Interaksi Manusia Dan Komputer Dalam Hal Penglihatan


Penglihatan Manusia Berhubungan dengan mata. Mata merupakan indera utama dalam berinteraksi dengan komputer.

Kegunaan mata menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, posisi, tekstur dan warna.

Sistem visual yang ada pada manusia mampu merasakan objek dalam kondisi terang sinar matahari dan dalam kegelapan malam.

Mata juga bisa merasakan dan mengikuti objek yang bergerak dengan cepat seperti melihat serangga terbang dan kejadian yang sekejap setelah itu menghilang seperti sambaran petir.

Tapi juga banyak hal yang tidak bisa di lihat, seperti gerakan peluru saat di tembakkan, pertumbuhan tanam - tanaman dan sinar inframerah. Semua yang di lihat oleh mata Kita di iinterpretasikan oleh otak untuk memahami maksud yang di lihat.

Di dalam faktor manusia daris segi penglihatan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penglihatan Kita :

  • Luminans

Yaitu banyaknya cahaya yang di pantulkan permukaan objek. Semakin besar luminans suatu objek, maka rincian objek yang bisa di lihat oleh mata semakin bertambah bukan berkurang.

Besarnya luminans suatu objek juga menyebabkan mata bertambah sensitif terhadap kedipan (flicker). Luminans adalah besaran terukur dengan satuan lilin atau meter persegi, semakin besar luminans, maka diameter anak - anak luminans (pupil) akan semakin mengecil, sehingga intensitas cahaya yang di terima retina tidak begitu besar, dan akan meningkatkan kedalaman fokusnya (deep of field).

Hal yang serupa juga terjadi pada kamera yang sering kita gunakan, di kamera saat kita mengatur dia fragma pada lensa, semakin kecil diafragma, maka besar intensitas cahaya yang masuk akan semakin kecil juga, tapi kedalamannya (deep of field) juga semakin besar.

  • Kontras Atau Pencahayaan

Yaitu hubungan antara cahaya yang di keluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut. Kontras adalah selisih antara luminans objek dengan latar belakangnya di bagi dengan luminans latar belakang.

Nilai kontras positif akan di dapatkan jika cahaya yang di pancarkanoleh suatu objek lebih besar di bandingkan yang di pancarkanoleh latar belakangnya. Nilai kontras positif bisa menyebabkan objek yang sesungguhnya "terserap" oleh latar belakang, sehingga menjadi tidak tampak.

Dengan begitu, objek bisa mempunyai kontras negatif atau positif tergantung dari luminans objek itu terhadap luminans latar belakangnya.

  • Kecerahan

Kecerahan atau Brightness yaitu tanggapan subjektif  mata terhadap cahaya yang di pancarkan atau di pantulkan oleh objek. Tidak ada arti khusus dari tingkat kecerahan seperti pada luminans, sehingga nilai dari kecerahan suatu objek tidak bisa di ukur (tidak mempunyai satuan), atau bersifat kualitatif subjektif. Secara umum, luminans yang tinggi berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.

  • Sudut dan Ketajaman Penglihatan

Sudut penglihatan yaitu sudut yang terbentuk oleh objek dan mata. Sedangkan ketajaman penglihatan adalah sudut penglihatan minimum pada saat mata masih bisa melihat objek dengan jelas.

Karena sudut yang terbentuk pada umumnya kecil, maka di nyatakan dalam satuan menit atau detik busur (second or minutes orc). Untuk kepentingan interaksi manusia dan komputer, desainer penampil visual ada baiknya mencatat kondisi tersebut untuk memperoleh penglihatan yang nyaman bagi pengguna atau user. Sudut yang nyaman untuk melihat mata yang normal berkisar antara 15 - 21 menit busur. Ini sama dengan objek yang setinggi dengan 4,3 mm - 6,1 mm yang di lihat dari jarak 1 m.

Sudut penglihatan (visual angle) merupakan sudut yang berhadapan oleh objek pada mata. Ketajaman pada penglihatan yaitu sudut penglihatan minimum ketika mata masih bisa melihat suatu objek dengan jelas. Perlu di ketahui, sudut penglihatan maya yang nyaman adalah 15 menit (90°).

  • Area Penglihatan

Area penglihatan bisa di artikan sebagai area atau wilayah yang bisa di lihat oleh manusia normal. Area ini berbagai variasi, tergantung posisi kepala dan mata apakah keduanya diam, kepala diam mata boleh bergerak, ataukah kepala dan mata boleh bergerak.

Di kasus dimana mata dan kepala boleh bergerak, sehingga memungkinkan posisi leher dan kepala yang lebih fleksibel, maka area binokuler dapat mencapai 100 - 120°, sedangkan area monokuler bisa menjangkau semua sudut 360° sehingga menghilangkan area buta (blind spot). Sudut maksimum yang di rekomendasikan optimum berada pada sudut 15°.

Area penglihatan adalah faktor yang sangat penting di dalam menentukan ukuran layar penampil yang khususnya, atau tata letak penampilan dan control peralatan pendukung.

  • Warna

Cahaya yang nampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik. Panjang cahaya yang paling nampak berkisar pada 400 - 700 nano meter yang berada di daerah ultraviolet (UV) sampai inframerah (Infrared). Jika panjang gelombang berada pada panjang di atas luminans dan juga saturasi di jaga tetap, seseorang dengan penglihatan normal bisa membedakan sampai 128 warna yang berbagai macam jenisnya. Jika luminans dan saturasi ditambahkan secara berlainan ke panjang gelombang, maka akan bisa membedakan sampai 8000 warna yang berbeda. Walaupun bisa membedakan 8000 warna yang berlainan, hanya 8 - 10 warna yang bisa di deteksi secara akurat tanpa latihan seseorang dengan mata yang normal.

Perlu di ketahui, warna itu terbentuk dari :

Hue (Corak)

Bentuk dari berbagai macam warna dalam corak yang berbeda. Semakin tinggi nilai suatu corak, semakin cerah dan jelaslah warna yang di tampilkan.

Intensity (Intensitas)

Yaitu kecerahan dari suatu warna.

Saturation (Kejenuhan pada warna)

Semakin sedikit unsur putih dari suatu warna, semakin gelaplah warna tersebut. Sebaiknya, semakin banyak jumlah warna putih, semakin jenuh lah warna tersebut.

Tips Dari Admin Agar Menjaga Kesehatan Mata Akibat Dari Radiasi Komputer

  • Jagalah jarak mata Kamu dengan monitor komputer yaitu berkisar 35 cm.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.
  • Setelah memakai komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 - 20 menit agar mata Kamu tidak terlalu tegang. Dan saran dari Admin, lihat daun - daun yang berwarna hijau. Karna Admin sendiri suka yang berwarna hijau, heheeh...


Nah, jadi itulah artikel tentang Interaksi Manusia Dan Komputer Dalam Hal Penglihatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.
Buka Komentar