Please Wait...


RajaBackLink.com

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak

Kebudayaan Betawi memang menarik perhatian.Tidak hanya dari segi seni dan budaya, kuliner Betawi juga amat terkenal sangat enak akan cita rasanya. Kalau Kamu tidak percaya lihat nih artikel ini sampai habis yaitu Makanan khas Betawi yang enak.

1. Kerak Telor

Kerak telor mempunyai rasa yang enak, gurih dan juga legit ini emang makanan favorit masyarakat Jakarta. Makanan khas Betawi tersebut di buat dari bahan - bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi yang di sangrai hingga kering sampai menjadi serundeng dan juga di tambahkan dengan bawang goreng, setelah itu, di kasih bumbu halus yaitu kelapa sangrai dan yang lain sebagainya.

Hal yang unik dari makanan khas Betawi tersebut adalah dai cara memasaknya. Telur di masak pas waktu ketika setengah matang akan di balik wajannya menghadap ke panas arang dari anglo lalu di biarkan begitu sampai matang sehingga akan menjadi kerak.

2. Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk merupakan makanan khas betawi yang lainnya. Proses memasak beras untuk nasi uduk yaitu dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Kemudian di kukus hingga matang. Rasanya enak, gurih dan mempunyai aroma tersendiri.

Nasi uduk betawi pada umumnya di hidangkan dengan taburan bawang goreng, ayam goreng, sambal dan pelelngkap lainnya beserta daun kemangi.

3. Gado - Gado Betawi

Makanan tradisional khas betawi yang selanjutnya yaitu gado - gado Betawi. Gado - gado sendiri dalam bahasa Betawi adalah campur aduk dan ini salah satu makanan favorit masyarakat Betawi. Berbagai jenis sayuran yang di rebus bersama kentang, tahu, tempe, telur yang di di campurkan dengan kuah kacang dan taburan kerupuk yang menjadikan makanan tersebut di sukai oleh banyak orang. Makanan khas dari Betawi tersebut sangat nikmat di makan dengan nasi atau di makan dengan lontong.

4. Semur Jengkol

Semur jengkol makanan khas Betawi tersebut ini terkenal dengan baunya ya... Untuk beberapa orang, bau jengkol bisa membuatnya tidak suka, tapu para penggemar jengkol, makanan ini sangatlah di sukai. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang mempunyai rasa pahit, namun setelah di masak dengan memakai bumbu dan rempah, jengkol menjadi enak untuk di makan. Semur jengkol pada umumnya di hidangkan dengan nasi putih atau nasi uduk yang hangat.

5. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan kuliner makanan khas Betawi dari soto santan dengan isian menggunakan daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti daging ayam. Banyak orang yang menyukai jenis soto daerah Betawi tersebut. Penggemarnya tidak hanya di Kota Jakarta, masyarakat yang lainnya di berbagai daerah di Indonesia juga suka makan masakan khas Betawi tersebut. Soto Betawi mempunyai rasa yang gurih yang berbeda dari soto lainnya.

6. Roti Buaya

Roti Buaya mempunyai peran penting dalam pernikahan adat Betawi. Makanan khas yang satu ini mempunyai panjang berkisar 50 cm ini di bawa oleh mempelai laki - laki untuk di kasih kepada pengantin wanita di dalam pernikahan atau lamaran di pernikahan adat Betawi. Roti Buaya tersebut memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Betawi yakni sebagai ungkapan kesetiaan kepada pasangan yang mau menikah dan telah di percaya oleh masyarakat Betawi secara turun - temurun.

7. Asinan Betawi

Asinan Betawi pada umumnya merupakan campuran dari sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada yang di taburkan dengan kacang tanah yang sudah di goreng. Kesemuanya kemudian di siram dengan kuah kacang dan juga di campur dengan cuka, cabe, kerupuk mie besar yang berwarna kuning.

Selain rasanya yang enak dan segar, makanan khas Betawi tersebut juga tergolong sehat karna memakai banyak sayur - sayuran.

8. Kue Cucur

Kue Cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi yang mudah dan sering kita jumpai di pasar tradisional maupun di toko kue. Kue ini juga bisa di temukan di tempat - tempat pada acara pernikahan, acara potong rambut bayi, dan lain sebagainya. Kue Cucur ini rasanya manis dengan memiliki tekstur yang lembut di bagian tengahnya dan juga renyah di bagian sisinya. Kue yang berbahan dasar beras dan gula merah ini di masak dengan cara di goreng. Makanan khas dari Betawi ini wajib kamu coba bila berkunjung ke sini.

9. Dodol Betawi

Betawi terkenal dengan dodolnya yang bercita rasa yang enak. Cara membuat cemilan khas dari Betawi di buat dengan cara yang tradisional yang menggunakan kuali besar seangatlah unik dan menarik. Kuali besar yang bernama kenceng tersebut berdiameter sekitar 50 cm hingga 1 meter. Dodol tersebut di buat dari kelapa dan ketan yang menjadikannya lengket dan kenyal.

10. Putu Mayang

Putu Mayang merupakan kue tradisional khas Betawi yang di buat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mie dan di campurkan dengan santan kelapa, kemudian di sajikan dengan kinca atau gula jawa yang cair. Umumnya tepung beras di beri warna - warni agar menarik para pengunjung atau para pembeli.

Nah, jadi itulah 10 macam makanan khas betawi yang enak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "10 Makanan Khas Betawi Yang Enak"