20 Nov 2019

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Menggunakan Tombol Power Semua Tipe



HP Oppo menjadi salah satu merek Handphone Android kekinian yang paling banyak di gunakan. Tapi, banyak dari pengguna tersebut belum mengetahui secara jelas kegunaan di setiap fitur yang ada pada semua tipe HP Oppo.

Mengetahui informasi yang penting ini sebagai alternatif apabila suatu saat tombol power mengalami kerusakan. Sebetulnya tidak hanya dengan tombol power saja Kamu dapat melakukan restart, reboot atau menghidupkan HP Android dengan mudah.

Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Menggunakan Tombol Power Semua Tipe


Menggunakan aplikasi Power Button To Volume Button

Jika keadaan layar Handphone Kamu sekarang sedang hidup, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi Power Button To Volume Button. Kamu dapat mencoba menginstallnya terlebih dahulu di Perangkat Smartphone Kamu. Ini langkah - langkahnya :

  1. Silahkan Kamu masuk ke Google Play Store dan cari Power Button To Volume Button, jika sudah ketemu, maka lambang aplikasinya berbentuk simbol tombol power dan download lah terlebih dahulu.
  2. Setelah selesai mendownloadnya, buka aplikasi dan jalankan. Kemudian aktifkan opsi Enable Atau Disable Volume Power hingga terlihat ikon telah hidup.
  3. Di bagian bawah, jangan lupa untuk mengaktifkan opsi Boot dan Screen Off. Hal tersebut bertujuan untuk sepenuhnya tombol volume dapat di gunakan sebagai pengganti fungsi tombol power.
  4. Jika sudah aktif semuanya, cobalah untuk merestart Handphone untuk memulai melihat penggunaannya.
  5. Dan selesai, sekarang Kamu sudah bisa mematikan atau menghidupkan HP Oppo walaupun tombol powernya sudah tidak berfungsi lagi.
  6. Berikutnya Kamu dapat menghidupkan HP dengan menggunakan tombol volume up atau down. Sedangkan untuk mematikan layar, Kamu dapat memulainya dengan membuka Notification Bar kemudian tekan opsi Turn Off Screen.

Mengaktifkan Fitur Double Tap To Wake

Tidak hanya cara yang di atas saja yang bisa Kamu coba. Ada cara lain yaitu menggunakan fitur yang bernama Double Tap To Wake yang umumnya hanya ada di Smartphone atau Android yang versi terbarunya. Di cara ini Kamu hanya perlu mengetuk layar sebanyak 2 kali maka Smartphone yang dalam keadaan mati bisa menyala dan membuka layar kunci Smartphone.

Hanya saja Smartphone yang versi lama belum mempunyai fitur yang canggih satu ini. Jika Kamu tidak tahu caranya. Ini langkah - langkahnya :

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi Double Tap Screen Off And On di Google Play Store.
  2. Jika sudah selesai menginstall aplikasinya, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Berikutnya mengaktifkan opsi Double Tap To Screen On. Apabila muncul kotak yang berisi peringatan. Kamu harus mengklik tombol OK.
  4. Jika ingin mematikan layar HP, Kamu dapat langsung mengetuk aplikasi bawaan dari Android yang bernama Screen Off yang sebelumnya telah Kamu aktifkan untuk memberikan perizinan Device Administratornya.

Cara ini hanya ada di beberapa tipe Android dan Smartphone. Jika kamu sudah mencoba cara ini tapi tidak berhasil. Maka cara sebelumnya saja yang di pakai.

Menggunakan Fitur Pengatur Waktu Tugas

Fitur pengatur waktu tugas biasanya tersedia di seluruh jenis HP Android dan Smartphone. Kamu dapat memastikannya terlebih dahulu apakah fitur ini di Handphone Kamu atau tidak. Ini langkah - langkahnya.

  1. Langkah pertama yaitu buka Pengaturan pada perangkat Smartphone Kamu.
  2. Berikutnya pada pengaturan cari dan pilih opsi Pengaturan Lainnya.
  3. Di tahap ini cari opsi Pengatur Waktu Tugas yang umumnya tersedia di bawah opsi tanggal dan waktu.
  4. Setelah menemukannya pilih dan lihat pilihan yang ada di dalamnya.
  5. Tahap berikutnya atur jam atau hari kemudian geser point yang tersedia di sebelah kanan untuk mematikan atau menghidupkan HP Android.
  6. Jika sudah aktif, HP kamu akan menjalankan tugas  sesuai waktu yang sudah di pilih.

Biasanya cara yang satu ini mempunyai langkah - langkah yang berbeda di setiap Smartphone. Untuk itu yang pertama sekali Kamu harus menyesuaikan caranya dengan tipe HP yang Kamu gunakan. Walaupun berbeda mempraktekkannya tidak akan sulit.

Memanfaatkan Fitur Sensor Biometrik

HP Android yang versi terbarunya termasuk Oppo sebetulnya telah menggunakan sensor yang namanya Biometrik. Salah satu yang paling terkenal yaitu sensor fingerprint atau sidik jari. Fitur Biometrik lainnya yaitu Face Unlock hingga Irish Scanner.

Jadi untuk menghidupkan HP Android tanpa tombol power di seluruh merek misalnya Samsung, Oppo, Asus, Kamu bisa mencoba cara dan langkah - langkah berikut :

  1. Pertama, Kamu pergi ke menu Pengaturan atau Setting di HP Android atau Smartphone yang Kamu miliki. Kemudian pilih opsi selanjutnya Lock Screen And Password.
  2. Lalu pilih lagi opsi Add Fingerprint tujuannya untuk menambahkan sidik jari yang baru kemudian pilih opsi Kunci Layar.
  3. Langkah berikutnya Kamu dapat memilih memakai pin atau password dan lainnya. Cobalah untuk memilih PIN.
  4. Kamu bisa membuat PIN sesuai dengan keinginan Kamu. Tetapi pastikan PIN yang Kamu baut mudah untuk mengingatnya. Kemudian ikuti sesuai dengan prosedurnya pada setiap tipe Smartphone milik Kamu.
  5. Ikuti proses penambahan sidik jari sesuai dengan yang di tampilkan di layar Handphone.
  6. Apabila sidik jari Kamu telah di tambahkan, maka Kamu juga bisa menambahkan sidik jari lainnya.
  7. Setelah tahapan prosedur ini selesai, Kamu bisa memulai membuka kunci layar dengan mudah menggunakan fingerprint sensor.

Nah, jadi itulah cara mematikan HP Oppo tanpa tombol power semua tipe. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar