13 Nov 2019

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Yang Not Responding



Apa yang Kamu lakukan jika Microsoft Excel yang di laptop Kamu tiba - tiba saja Not Responding ? Kebanyakan orang akan bingung dan risau, karena hasil pekerjaan mereka yang di Microsoft Excel tersebut akan hilang. Jika hal ini terjadi, Kamu jangan risau, karena ada cara praktis untuk memperbaiki Microsoft Excel yang Not Responding dengan mudah.

Keadaan tersebut tidaklah permasalahan yang jarang terjadi, sebab hampir setiap saat bisa saja komputer atau laptop Kamu mengalami hal yang demikian. Apalagi keadaannya Kamu sedang mengetik atau membuat sesuatu tiba - tiba tidak bisa di ketik ataupun di klik. Dapat di bayangkan seberapa kesalnya Kamu, tetapi tetaplah tenang dan jangan langsung bertindak gegabah.

Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan Microsoft Excel menjadi lambat. Untuk itu mari kita baca artikel ini dengan seksama dan jangan lupa baca sampai habis ya...

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Yang Not Responding Dengan Mudah


  • Manfaatkan Microsoft Excel Di Dalam Mode Aman

Mode aman yang di bilang disini yaitu salah satu fitur yang memungkinkan Microsoft Excel mulai bekerja tanpa harus mengalami program startup tertentu. Cara pemanfaatannya adalah Pertama Kamu bisa memulai dengan membuka Microsoft Excel mode aman dengan menekan dan menahan tombol Ctrl di keyboard pada saat akan memulai program.

Pada saat Kamu menjalankan Microsoft Excel di dalam mode tersebut maka Kamu akan melewatkan fungsionalitas dan pengaturan seperti halnya lokasi startup alternatif, Xlstart folder, bar alat mengubah dan add - in Excel. Tapi add - in COM akan di kecualikan.

  • Menginstall Pembaruan Versi Terbaru

Di komputer atau laptop jika Kamu sering mengalami Not Responding cobalah untuk melakukan pembaruan windows dengan cara menyetel secara otomatis untuk proses pengunduhan, install, dan pembaruan yang di sarankan.

Dengan adanya penginstallan secara optimal pada setiap pembaruan maka akan memperbaiki masalah dengan upaya mengganti adanya kedaluarsa file dan memperbaiki faktor kerentanan. Dan apabila masalah masih berlanjut, cobalah untuk memakai tahap selanjutnya.

  • Pastikan Microsoft Excel Sedang Tidak Berjalan Bersamaan Dengan Proses Yang Lain

Apabila Microsoft Excel sedang melakukan proses yang lain secara bersamaan, dapat berpengaruh terhadap performa Microsoft Excel itu sendiri. Informasi ini dapat Kamu lihat pada bilah status yang di tampilkan pada bagian aplikasi bawah Microsoft Excel. Biasanya ketika Kamu melakukan tindakan double atau pengerjaan proses yang lain di Microsoft Excel yang sedang di pakai, maka Microsoft Excel pun bisa jadi akan sulit untuk merespon.

Jadi, solusinya adalah biarkan tugas yang pertama pada Microsoft Excel itu selesai, barulah Kamu mencoba untuk melaksanakan tindakan lainnya memakai Microsoft Excel. Hal tersebut bertujuan supaya Microsoft Excel tidak bekerja terlalu keras sehingga kesulitan untuk bekerja secara optimal.

  • Berkemungkinan Ada Masalah Pada Fitur Add - in

Add - in adalah salah satu fitur untuk meningkatkan pengalaman Kamu. Walaupun demikian, kadang - kadang add - in dapat mengganggu dan menyebabkan masalah pada Microsoft Excel. Untuk itu cobalah menyelidiki kemungkinan Microsoft Excel Not Responding karna Add - in tersebut. Kamu dapat mencoba memulaikan Microsoft Excel tanpa memakai add - in tersebut untuk melihat apakah masalah Kamu hilang.


  • Apabila Kamu menjalankan Windows 10, maka mulai dengan meng klik Mulai → Semua Aplikasi → Sistem Windows → Jalankan. Di dalam kotak jalankan tersebut ketikkan Excel / aman. Kemudian klik opsi "OK".
  • Apabila Kamu memakai Windows 8, maka klik Jalankan di menu aplikasi, kemudian ketikkan kata yang sama yaitu Excel / aman di dalam kotak Jalankan tadi, selanjutnya pilih "OK".
  • Sedangkan yang untuk Windows 7, klik dengan mulai, kemudian tuliskan Excel / aman di kolom pencarian program dan file, selanjutnya tekan "OK"
  • Pada tahap tersebut jika masalah telah teratasi silahkan klik File → Opsi → Add - in
  • Kemudian pilih Add - in COM, selanjutnya jangan lupa pilih Masuk.
  • Di halaman berikut kosongkan seluruh tanda centang yang ada dalam daftar dan pilih OK.
  • Tutup dan cobalah untuk merestart Microsoft Excel.

Jika cara ini tidak membuahkan hasil. Maka lanjut ke tahap berikutnya.

  • Perbaiki Repair Office

Salah satu cara yang lain untuk mengatasi Microsoft Excel Not Responding yaitu dengan memperbaiki Microsoft Officenya. Nah, untuk dapat melakukan hal tersebut, Kamu harus masuk ke menu "Control Panel". Di menu tersebut pilih "Program And Features". Kemudian klik di Microsoft Office yang ada dalam daftar dan klik tombol change yang ada di bagian atas.

Di tahap ini Kamu akan melihat secara otomatis yaitu adanya pilihan "Repair Office". Apabila Kamu telah menjalankannya, berikut coba lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.

  • Copot Dan Pasang Kembali Microsoft Excel

Apabila cara yang di atas belum juga memperbaiki masalah dan Microsoft Excel Kamu terus saja Not Responding, cobalah untuk mencopot pemasangannya dan pasang kembali dari awal. Kamu tidak harus melakukannya secara manual, karna Microsoft Excel sendiri sebetulnya menawarkan program untuk itu yang bernama "Easy Fix". Kamu dapat melihatnya pada situs resmi Microsoft.

  • Memperbarui Aplikasi Anti Virus

Berkemungkinan Aplikasi Anti Virus juga dapat menjadi penyebab adanya masalah pada Microsoft Excel Kamu. Di rekomendasikan untuk Kamu mencoba memeriksa apakah Software Anti Virus yang Kamu pakai adalah versi baru atau tidak.

Untuk memastikan lebih lanjut apakah Microsoft Excel Not Responding karna Aplikasi Anti Virus, maka di persilahkan untuk menonaktifkan Anti Virus dan merestart Microsoft Excel kembali untuk melihat apakah permasalahn sudah teratasi. Namun jika belum membuahkan hasil cobalah untuk mengganti dan menggunakan software pihak ketiga yang bersifat praktis dan efisien seperti halnya Stellar Phoenix Excel Repair.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Buka Komentar