16 Nov 2019

Cara Menginstall Driver Laptop Yang Terbukti Berhasil



Driver laptop dan komputer mempunyai fungsi yang sangat penting bahkan mutlak diperlukan. Baik laptop lama ataupun laptop baru, driver berperan sebagai pendukung untuk kinerja software dan hardware agar windows nyambung pada saat akan di pakai. Tanpa adanya driver, mustahil perangkat Kamu dapat bekerja secara optimal.

Seringkali sekian banyak orang mempunyai kesulitan pada saat akan memasang sistem driver di laptop atau komputer mereka. Ada yang mengatakan terlalu rumit dan susah. Apa benar ? Jawabannya tidak. Untuk bisa melakukan penginstallan driver di perangkat, Kamu hanya harus tau metode dan tipsnya saja. Memang sih, menginstall driver tidak boleh di lakukan secara sembarangan seperti halnya menginstall pada HP Android.

Sebelum menginstall driver, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan berdasarkan merek, tipe dan seri dari laptop tersebut. Baik yang memakai Windows 10, 8, atau 7 secara online ataupun offline, Sekurangnya Kamu harus menyimak cara - cara yang ampuh untuk menginstall driver laptop pada penjelasan di bawah ini.

Cara Menginstall Driver Laptop Yang Terbukti Berhasil


  • Cara Manual
  1. Bukalah Device Manager di komputer atau laptop Kamu. Caranya yaitu Klik Start yang ada di bagian kiri bawah sisi desktop. Pada kolom pencarian, ketikkan kata Device Manager, kemudian tekan Enter.
  2. Tunggu beberapa saat sampai Kamu di arahkan ke bagian menu Device Manager
  3. Lalu, untuk menginstall dan mengupdate driver, Kamu cukup melakukan klik kanan di Hardware yang mau di perbarui. Kemudian klik Update Driver Software.
  4. Dibagian selanjutnya, Kamu akan di beri dua pilihan yaitu Menginstall driver secara offline atau online. Maka, jika Kamu menggunakan Wi- Fi di persilahkan untuk menginstall secara online saja. Di rekomendasikan cara yang terbaik yaitu menginstall driver secara online karna lebih mudah dan pada saat itu pun, Kamu dapat di arahkan ke versi yang terbaru.
  5. Sesudah memilih penginstallan secara online, maka selanjutnya memilih opsi Search Automatically.
  6. Maka secara otomatis sistem driver akan mencari driver yang mau Kamu perbarui.
  7. Terus mengikuti pengarahan dan langkah berikutnya sampai software berhasil terinstall pada perangkat Kamu.
  • Memanfaatkan CD Driver
  1. Masukkan terlebih dahulu CD yang berisikan driver laptop Kamu ke dalam laptop. Tunggulah beberapa saat kemudian sampai ada pemberitahuan notifikasi yang menyatakan bahwa CD telah masuk ke dalam laptop.
  2. Apabila CD telah masuk dan terbaca, setelah itu Kamu harus masuk ke dalam halaman Windows Explorer / File Explorer.
  3. Di tahap ini, akan ada disk baru yang mau muncul, disk itu sendiri adalah bentuk dari kepingan CD yang telah Kamu masukkan sebelumnya tadi.
  4. Kemudian klik kanan pada opsi Computer lalu Properties.
  5. Berikutnya pada bagian di sebelah kiri atau pilih Device Manager, dan tunggu selama beberapa saat hingga menu Device Manager ini terbuka.
  6. Jika sudah terbuka, Kamu bisa langsung melakukan klik kanan pada device yang mau di install atau di update drivernya.
  7. Setelah itu klik sekali lagi di Update Driver Software.
  8. Halaman selanjutnya akan menampilkan Welcome To The Hardware Update Wizard dengan pilihan di bawahnya. Dan disini Kamu hanya cukup memilih opsi No, Not This Time. Lalu, pilih Next.
  9. Berikutnya akan muncul pilihan lainnya, Kamu harus memilih opsi dengan keterangan Install From A List Or Specific Location (Advance) kemudian pilih Next.
  10. Di halaman selanjutnya akan tampil dimana Kamu perlu mencentang beberapa poin. Yang perlu Kamu centang yaitu Search Removable Media dan juga Include This Location Search. Jika sudah, langsung tekan tombol Next.
  11. Pada tahap berikutnya Kamu harus mengklik Browse, tujuannya agar mencari letak driver pada CD. Apabila telah di temukan, yang terakhir pilih OK atau Next.
  12. Lalu tunggu beberapa saat hingga driver berhasil untuk di install, apabila telah selesai akan di tandai dengan munculnya notifikasi untuk Restart Computer, Maka di persilahkan untuk merestart terlebih dahulu laptop atau komputer. Hal ini baik juga untuk melihat efek dari penginstallan driver tersebut.
  • Memanfaatkan Software Driverpack Solution
  1. Cara lainnya yang bisa di lakukan tanpa menggunakan CD yaitu memanfaatkan Software Driverpack Solution.
  2. Hal pertama yang harus Kamu lakukan yaitu mendownload Driver Pack Solution terlebih dahulu. File tersebut nantinya masih berbentuk iso. Maka Kamu harus mengubah ROM-nya dengan Daemon Tools terlebih dahulu sebagai persyaratan dari cara ini.
  3. Apabila telah di download dan di ubah menjadi daemon tools, berikutnya Kamu dapat membuka softwarenya.
  4. Tunggu hingga proses loading selesai. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama karna software harus melakukan scan pada driver laptop atau komputer Kamu.
  5. Apabila proses scan telah selesai, pilih Install Automatically untuk menginstall seluruh driver yang ada pada laptop atau komputer.
  6. Tunggu prosesnya kembali sampai selesai. Jika telah selesai maka akan muncul tulisan The Driver Has Been Installed.
  7. Yang terakhir, lakukan restart pada laptop atau komputer Kamu. Hal tersebut bertujuan agar melihat efek dari penginstallan driver.

Nah jadi itulah cara menginstall driver laptop yang terbukti berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

      Buka Komentar