Please Wait...

RajaBackLink.com

Definisi, Fungsi Dan Jenis Software Yang Harus Kamu Ketahui


Definisi Software

Software merupakan sekelompok instruksi yang berfungsi untuk menjalani perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan kegunaan dari hardware dan juga menjalankan sistem.

Agar komputer bisa membaca, mengingat, membuat keputusan, menghitung, dan juga menghasilkan keluaran berupa informasi di dalam monitor maupun cetakan, komputer harus dapat membaca dan menambahkan program ke dalam penimpanan utama atau memori utama.

Program yakni instruksi di dalam bahasa mesin, yang dapat di baca oleh komputer yang di rancang khusus untuk tujuan tertentu sehingga operator bisa menjalankan komputer dan menekan tombol tertentu.

Pengertian software atau perangkat lunak merujuk kepada program dan alat bantu yang bersifat menambahkan keahlian komputer sebagai alat untuk melakukan operasi tertentu.

Program aplikasi bisa di buat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus atau berupa paket yang memiliki aplikasi umum. Disebut juga dengan software atau perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang di eksekusi oleh mesin komputer di dalam menjalankan pekerjaannya. Software tersebut merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah ataupun dokumen dan juga arsip atau dokumen lainnya.

Jenis Software

Software di bagi menjadi 3 yaitu :

- Firmware ( BIOS )
- Sistem operasi ( Windows, Linux, MacOs, dan lain sebagainya )
- Software aplikasi atau program aplikasi ( Photoshop, Rufus, Internet Explorer dan lain sebagainya )

Propietary Software

Propetary software merupakan software yang tidak bebas atau semi bebas dan tidak terbuka. Pemakai dilarang atau minta izin atau di kenakan pembatasan lainnya jika memakai, menyebarkan lalu memodifikasinya. Source code yang normal tidak tersedia. Contoh dari propietary sofware yaitu Windows. Jenis inilah yang banyak banyak di razia oleh aparat berwajib.

Open Source Software

Alur Open Source ada karna kebebasan berkarya, tanpa berfikir dan mengungkapkan apa yang di inginkan dengan memakai pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika di lepaskan ke publik. Komunitas yang lain mendapatkan kebebasan untuk belajar, mengotak atik, merevisi ulang, membenarkan ataupun menyalahkan, tapi kebebasan tersebut juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas dengan tanggung jawab.

Open Source Software sering dikatakan dengan free software, padahal ada banyak hal yang harus di penuhi bila di anggap sebagai open source software yakni bebas di distribusikan tanpa adanya persyaratan royalty. Program harus mempunyai source code, lisensi yang harus dapat di modifikasi dan diturunkan, integrity dari pembuat source code, lisensi tidak mendeskriminasikan seseorang atau sekelompok orang, tidak ada diskriminasi melawan area pengembangan, hak cipta kepada suatu program harus mampu di aplikasikan dan di distribusi kembali oleh siapapun, lisensi tidak mengarah kepada spesifikasi suatu produk, lisensi tidak membatasi tempat dimana software tersebut di distribusikan, dan lisensi harus berisi teknologi yang netral atau standar.

Fungsi Software

Fungsi software yaitu :


- Mengatur input dan output (I/O) dari PC
- Menyediakan, mengatur dan juga memerintahkan hardware supaya dapat berjalan dengan baik.
- Menjalankan perintah - perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik dan memutar video.

Tidak ada komentar untuk "Definisi, Fungsi Dan Jenis Software Yang Harus Kamu Ketahui"