Please Wait...


RajaBackLink.com

Karakteristik Dan Klasifikasi Software


Karakteristik Software

Setiap orang menilai software secara berbeda. Ini karna mereka terlibat dengan software yang berbeda. Contohnya, pengguna mau software tampil sesuai dengan kebutuhan mereka. Begitu pula dengan pengembang atau developer yang terlibat dalam perancangan, pengkodean, dan pemeliharaan software yang mengevaluasi software dengan melihat karakteristik internalnya, sebelum mengirimkan ke pengguna.

Adapun karakteristik software dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Functionality : Mengarah kepada tingkat kinerja software terhadap tujuan yang sudah di tentukan.
  • Reliability : Mengarah kepada kemampuan software untuk menyediakan fungsionalitas yang di inginkan di dalam kondisi tertentu.
  • Usability : Mengarah kepada sejauh mana software bisa di gunakan secara mudah.
  • Effiency : Mengarah kepada kemampuan software untuk memakai sumber daya sistem dengan cara yang paling efektif dan efisien.
  • Maintabillity : Mengarah kepada kemurahan modifikasi yang bisa di lakukan di dalam sistem software untuk memperluas kegunaannya, memperbaiki kinerjanya, dan memperbaiki kesalahannya.
  • Portabillity : Mengarah kepada kemurahan pengembang software mana yang bisa mentransfer software dari satu platform ke platform lainnya, tanpa perubahan. Secara sederhana, ini mengarah kepada kemampuan software untuk berguna dengan baik pada berbagai macam platform hardware dan software tanpa membuat perubahan apapun yang ada di dalamnya.

Selain dari karakteristik yang di sebutkan tadi, robustness dan integrity juga sangat penting. Robustness mengarah kepada sejauh mana software bisa dapat berguna dengan baik meskipun dilengkapi data yang tidak valid, sementara itu, integrity mengarah kepada sejauh mana akses yang tidak sah terhadap software atau data yang bisa di atasi.

Klasifikasi Software

Software bisa di terapkan di berbagai macam bidang, seperti bisnis, pendidikan, sektor sosial, dan bidang yang lain sebagainya. Ini di bentuk supaya sesuai dengan beberapa tujuan spesifik seperti pemrosesan data, berbagi informasi, komunikasi, dan lain sebagainya.

Adapaun klasifikasi Software adalah :

  • System Software

Kelas Software ini mengelola dan mengendalikan operasi internal system komputer. Ini merupakan sekelompok program yang bertanggung jawab untuk memakai sumber daya komputer secara efisien dan efektif.

  • Real - Time Software

Kelas software ini mengamati, menganalisa dan mengendalikan dunia nyata di saat terjadi. Biasanya, sistem Real - Time menjamin respon terhadap peristiwa atau kejadian eksternal dalam jangka waktu tertentu.

  • Bussiness Software

Kelas softtware tersebut banyak di pakai di daerah mana pengelolaan dan pengendalian kegiatan keuangan sangat penting. Komponen fundamental dari sistem bisnis terdiri dari software penggajian, inventaris, akuntansi yang mungkin bisa jadi pengguna mengakses data yang valid dari database. Kegiatan tersebut biasanya di lakukan dengan bantuan software bisnis khusus yang memfasilitasi susunan kerja yang efisien di dalam operasi bisnis dan keputusan manajemen.

  • Engineering And Scientific Software

Kelas software tersebut sudah muncul sebagai alat bantu yang ampuh dalam penelitian dan pengembangan teknologi generasi berikutnya. Misalnya aplikasi belajar tentang benda langit, aktivitas di bawah permukaan dan pemrograman jalur orbit untuk angkutan luar angkasa sangat bergantung kepada software teknik dan ilmiah. Software tersebut di rancang untuk melakukan perhitungan yang tepat terhadap data numerik kompleks yang di dapatkan selama lingkungan real - time.

  • Artificial Intellegence ( AI ) Software

Kelas software tersebut di pakai dimana teknik pemecahan masalah bersifat non algoritmik. Pemecahan dari masalah tersebut biasanya tidak sesuai dengan perhitungan dan analisis secara langsung. Sebaliknya, masalah ini membutuhkan strategi pemecahan masalah yang spesifisik yang mencakup sistem pakar, pengenalan pola sistem, dan teknik bermain game. Tidak hanya itu, mereka melibatkan berbagai macam teknik pencarian yang mencakup penggunaan heuristik. Peran AI Software adalah menambahkan tingkat kecerdasan tertentu ke hardware mekanis supaya pekerjaan yang di inginkan dilakukan dengan cara yang tangkas.

  • Web - Based Software

Kelas software ini bertindak sebagai antarmuka antara pemakai dan internet. Data di internet berupa teks, audio, atau format video yang di sambungkan dengan hyperlink. Web Browser adalah software yang mengambil halaman web dari internet. Software ini menggabungkan perintah eksekusi yang di tulis di dalam bahasa script khusus seperti CGI dan ASP. Tidak hanya menyediakan navigasi di web, software ini juga mendukung fitur tambahan yang berfungsi saat mengakses internet.

  • Personal Computer Software ( PC Software )

Kelas software ini di pakai untuk penggunaan resmi dan pribadi. Pasar software komputer pribadi sudah berkembang dalam dua dekade terakhir dari editor teks biasa sampai pengolah kata dan dari kuas sederhana sampai software editing gambar tingkat lanjut. Ini sudah muncul sebagai alat bantu serbaguna untuk aplikasi rutin.

Semoga artikel ini bermnafaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Karakteristik Dan Klasifikasi Software"