Please Wait...


RajaBackLink.com

Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Pancasila adalah ideologi dasar Negara Indonesia. Pancasila memiliki lima sendi utama yaitu :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Atau Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dan pada tanggal 1 Oktober di tetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila. Sebagai dasar Negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai pondasi dasar suatu Negara. Pancasila mempunyai makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan juga pertahanan dan keamanan. Fungsi Pancasila sebagai dasar Negara merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur Negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur - unsur yaitu pemerintahan, wilayah dan rakyat. Dalam Pancasila terdapat cita - cita bangsa untuk membuat bangsa ini lebih menjadi baik dalam menjalankan Negara ini dengan tujuan dan juga ide yang sesuai dengan dinamika Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar Negara tidak mau menghapuskan perbedaaan, tapi merangkum semuanya di dalam satu semboyan "Bhinneka Tunggal Ika".

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah sesuatu yang bernilai. Pancasila sebagai pandangan hidup berisikan konsep kehidupan yang di cita - citakan bangsa Indonesia, sekaligus mengandung pemikiran yang mendasar mengenai tatanan kehidupan yang sesuai dengan nilai - nilai Pancasila. Selain itu Pancasila di pakai sebagai petunjuk arah untuk melaksanakan kegiatan di dalam segala bidang kehidupan, baik dari kehidupan di dunia maupun pasca kehidupan di dunia. Pandangan hidup ini yang menjadi suatu bangsa mempunyai arah yang jelas. Bangsa Indonesia berkeinginan untuk menjalankan dan mengatur Negara berdasarkan Pancasila. Sebagai dasar Negara maka Pancasila sekaligus sebagai sumber hukum di dalam arti semua hukum yang di susun harus sesuai dengan Pancasila.

Nah, jadi itulah artikel mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia"