Please Wait...

RajaBackLink.com

Perlu Di Waspadai ! Ada Potensi Gelombang Tinggi Di Perairan NTB


BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi yang terjadi di perairan NTB. Di prediksi tingginya mencapai lebih dari 2 meter.

Suhu di permukaan laut perairan NTB dan sekitarnya berkisar antara 28⁰ celcius sampai 30⁰ celcius dengan anomali suhu di permukaan laut kurang dari 1⁰ celcius sampai 0,5⁰ celcius.

Angin pada permukaan wilayah NTB berhembus dengan variasi arah yang dominan dari Timur ke Selatan dengan kecepatan angin maksimal mencapai 30km / jam. Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah NTB.

Kata prakirawan Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok, Herin Hutri Istyarini, pada hari Minggu tanggal 3 November 2019, mengatakan :

"Diprediksi pada awal musim hujan di bulan November ini terjadi di hari minggu ketiga"

Lalu Herin menyambung :

"Perlu di ingat bahwa fase awal musim hujan biasanya terjadi pada saat curah hujan rendah, tidak langsung tinggi"

Berdasarkan kondisi tersebut, peringatan dini tingginya gelombang 2 meter berpotensi terjadi di Selat Lombok bagian Utara dan juga Selatan, Selat Alas bagian Selatan, Perairan Selatan Sumbawa, Samudera Hindia Selatan NTB dan juga Selat Sape.

BMKG juga memberikan kriteria tingkat ketinggian gelombang laut 1,25 meter sampai 2 meter berbahaya bagi perahu nelayan. Tinggi 2 meter sampai 3 meter, berbahaya untuk perahu nelayan dan tongkang.

Sementara itu untuk ketinggian gelombang 3 meter sampai 4 meter akan berbahaya bagi perahu nelayan, tongkang, dan juga kapal feri. Yang lebih dari 4 meter itu berbahaya bagi semua kapal.

Nah, itu lah artikel yang bisa Admin bagikan. Semoga bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Perlu Di Waspadai ! Ada Potensi Gelombang Tinggi Di Perairan NTB"