Please Wait...

RajaBackLink.com

Rahasia Agar Selalu Sehat Di Usia Senja


Rahasia Agar Selalu Sehat Di Usia Senja - Siapa yang tidak mau tetap sehat dan aktif di usia senja ? Meskipun usia tidak lagi muda, semua orang jelas ingin hidup secara "bebas". Bebas beraktivitas tanpa ada beban, bebas dari gangguan kesehatan, dan bebas bahagia di usia senja. Dan apakah Kamu mau tau rahasianya ? Lihat artikel ini sampai habis ya...

Perubahan Seiring Bertambahnya Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi - fungsi sistem tubuh akan semakin turun. Hal tersebut kemudian berhubungan dengan berbagai macam masalah kesehatan seperti sering kelelahan, osteoporosis, sering terjatuh dan juga berbagai macam penyakit kronis.

WHO atau World Health Organization menyatakan bahwa beberapa macam gangguan kesehatan yang umum di alami di usia senja antara lain masalah pendengaran, gangguan penglihatan, nyeri pada leher dan punggung, nyeri sendi, masalah sistem pernafasan, diabetes dan juga demensia.

Pentingnya Pola Makan Yang Sehat Pada Usia Lanjut

Perlu di catat, menajalani pola makan yang sehat pada usia senja akan sangat bermanfaat. Pola makan yang sehat dan juga seimbang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mencapai dan mempertahankan berat badan dalam kisaran sedang, menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit kronis, dan juga membantu supaya tetap berenergi pada saat beraktifitas.

Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan jika di bilang bahwa pola makan yang sehat adalah salah satu kerangka utama untuk bisa tetap sehat dan bahagia pada usia senja.

Perbanyak Makan Serat

Buah - buahan, sayur - sayuran dan juga bijian yang utuh adalah sumber serat yang bermanfaat menjaga kesehatan pada saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Variasikan dan juga gabungkan berbagai jenis buah - buahan dan sayur - sayuran dengan warna yang berbeda - beda, berupa sayuran hijau, pepaya, pisang, jeruk, apel, anggur, pir, dan lain sebagainya.

Protein Di Usahakan Tercukupi

Protein berguna untuk menjaga massa otot yang sangat penting untuk mencegah jatuh. Cari dan pilihlah sumber protein yang sehat berupa telur, susu rendah lemak, ikan dan juga kacang - kacangan.

Penuhi Kebutuhan Kalsium Dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalam susu, produk olahan susu, sayuran hijau, dan beberapa macam ikan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Membatasi Asupan Gula, Garam Dan Lemak

Mengkonsumsi gula, garam dan lemak tinggi yang berhubungan dengan masalah berat badan dan berbagai macam penyakit kronis. Tidak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak juga bisa mengurangi asupan makanan kaya akan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan.

Rutin Berolahraga Untuk Selalu Aktif

Usia senja tidak halangan untuk selalu tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Bahkan, rutin berolahraga di usia senja justru bisa memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk membantu pengaturan berat badan, menurunkan resiko penyakit kronis, mempertahankan massa otot, menjaga kesehatan tulang dan sendi, menjaga kebugaran jantung dan sistem pernafasan dan juga mengurangi resiko jatuh.

Jika kamu baru memulai olahraga, lakukan dengan cara perlahan dan bertahap. Pastikan juga untuk melakukan pemanasan dan juga peregangan sebelum dan setelah berolahraga.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Rahasia Agar Selalu Sehat Di Usia Senja"