Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian, Sifat Dan Jenis Aset


Pengertian Aset

Sebelum mengumpulkan aset dan mengerti apa saja macam - macam aset, alangkah baiknya jika Kamu terlebih dahulu tau dengan pengertian aset. Pengertian ini harus Kamu ketahui untuk menghindari miskonsepsi yang bisa saja membuat Kamu salam di dalam menilai apa itu aset nantinya.

Aset merupakan istilah yang di artikan menjadi beberapa definisi oleh beberapa subjek. Definisi pertama datang dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang menyatakan bahwa aset adalah kekayaan semacam uang atau wujud benda lainnya yang nyata.

Jenis - Jenis Keberadaan Aset Menurut Fisik

Aset tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan masih di klasifikasikan terlebih dahulu baru di isi oleh jenis sesuai dengan golongannya. Klasifikasi yang pertama semacam jenis aset menurut keberadaan fisiknya.

Menurut keberadaan fisik, aset dibagi menjadi 2 yakni aset berwujud dan tidak berwujud. Aset berwujud terdiri dari benda apa saja yang dapat di rasakan dan di lihat dengan mata, yaitu rumah, tanah, alat kantor, uang, emas, surat berharga, mesin dan lain - lain. Sedangkan aset yang tidak berwujud kebalikan dari aset yang berwujud, yakni tidak bisa di lihat. Contohnya, hak paten, merek dagang, hak cipta, kekayaan intelektual dan lain - lain.

Jenis - Jenis Keberadaan Aset Menurut Konvertibilitas

  • Aset Lancar

Aset lancar adalah aset yang tidak sulit untuk di konversikan menjadi bentuk yang lain. Aset lancar ini mempunyai banyak sebutan. Disebut juga sebagai aset likuid dan current assets. Contohnya, deposito, surat berharga, saham, kas, dan barang dagangan.

  • Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar adalah aset yang sulit di konversi ke dalam bentuk yang lain. Contohnya, merek dagang, hak paten, tanah, alat, dan bangunan.

Sifat - Sifat Aset

Sifat dari aset yaitu sumber daya, nilai ekonomi dan kepemilikan. Aset tentunya merupakan sumber daya yang dapat di manfaatkan di masa yang akan datang nanti. Tidak hanya itu, aset juga jelas mempunyai nilai ekonomi karna dapat di perjual - belikan. Aset juga dapat mencerminkan kekayaan seseorang yang mana dapat di konversikan menjadi uang tunai atau bentuk kekayaan yang lain.

Jadi itulah pengertian, sifat dan jenis - jenis aset yang Admin ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian, Sifat Dan Jenis Aset"