Please Wait...

RajaBackLink.com

Berbagai Macam Jenis Stress Dan Cara Mengatasinya


Syukraka.com - Stress dapat muncul kapan saja tanpa ada tanda - tanda. Efeknya pun beragam mulai dari ketidaknyaman kepada diri sendiri sampai ke lingkungan sekitar.

Meskipun begitu, selalu ada cara untuk menghilangkan stress dan kembali ke versi ideal yang nyaman Anda.

Adapun berbagai macam jenis stress serta cara mengatasinya adalah :

1. Stress Karena Kehidupan Kota

Jason Thomas ELP dari Evenflow Meditation menganjurkanmu untuk berlatih meditasi dan menerapkan sikap mindfullness untuk mengatur stress dengan efektif. Latihan ini memberikanmu kapasitas yang lebih untuk menyadari pikiran, emosi, sensasi tubuh, dan sikap yang di lakukan. Pada akhirnya, kamu pun bisa mempunyai keseimbangan emosional.

2. Stress Karena Trauma Masa Kecil

Jenis stress ini meliputi pengalaman bencana alam, perang, kekerasan seksual, kecelaan dan lain - lain. Tidak ada yang menginginkan hal tersebut terjadi, tapi sayangnya trauma yang di alam bahkan bisa berlangsung seumur hidup. Akibatnya, Anda pun jadi kesulitan di dalam mengatur emosi, fokus, mengingat sesuatu sampai mengalami stress kronis.

Pencegahan yang di lakukan sebetulnya perlu di terapkan sejak dini, tapi nyatanya masih banyak juga usia dewasa yang berjuang dengan kondisi tersebut. Adapun jenis pencegahan yang di perlukan yaitu sesi terapi dengan pihak yang professional.

3. Stress Karena Pekerjaan

Menurut World Health Organization yaitu stress yang berhubungan dengan pekerjaan bisa menimbulkan gangguan fisik, mengurangi produktivitas, dan membuat Anda menjadi terdemotivasi. Dr. Fran Walfish PsyD dari Beverlly Hills juga menyebutkan bahwa penelitian dari Preventive Medicine baru - baru ini mengindikasikan stress karna kerja yang tidak berkesudahan bisa meningkatkan resiko berbagai macam kanker secara spesifik seperti usus, rektal, perut, paru - paru, dan limfoma non - hodgkin.

Untuk mencegahnya, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin sekitar 30 menit. Tidak hanya itu, hindari memendam perasaan dan berpikiran negatif. Bila ada yang membuat Anda tidak nyaman, diskusikan perasaan Anda dengan Atasan atau dengan orang - orang terdekat Anda.

4. Stress Karena Perubahan Dalam Hal Hidup

Kematian atau kehilangan orang - orang terdekat dan tersayang, perceraian, penyakit serius, pindah ke kota lain dan lain - lain juga bisa memicu stress. American Institute of Stress pun mencatat faktor - faktor tersebut bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap level kecemasan Anda.

Agar tidak larut dalam situasi ini, lakukanlah berbagai macam hal yang bermanfaat dan menyenangkan seperti pergi jalan - jalan, menemukan hal yang baru, pergi nonton film atau bahkan hang out dengan teman atau kekasih. Libatkan diri Anda dalam hal - hal positif dan berkumpulah dengan orang - orang yang positif juga.

5. Stress Karena Media ( Ambient Anxiety )

Yang satu ini adalah yang paling berpotensi menjadi kronis. Anda dapat dengan mudahnya menjadi stress ketika membaca berita di media sosial mengenai kasus perampokan, pembunuhan, pemerkosaan, kecelakaan dan lain - lain. Namun bisa jadi sebuah empati, kecemasan yang Anda rasa sesungguhnya adalah ketakutan bahwa hal tersebut juga akan menimpa Anda atau orang - orang di sekitar Anda.

Menurut Dr. Walfish, penderira Ambient Anxiety tidak mempunyai pembatas antara psikologis internal dan emosinya. Apa yang di lihat akan langsung di terima begitu saja tanpa memikirkannya. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu lebih peduli kepada diri sendiri, mengurangi membaca berita terkait dan menghindarkan diri dari orang - orang negatif.

Stress akan membuat Anda menjadi kurang nyaman di dalam menjalankan aktivitas sehari - hari. Oleh sebab itu, cobalah untuk terus lebih terbuka kepada diri sendiri dan memperbaiki akar dari masalah yang di hadapi daripada hanya di abaikan dan menunda menyelesaikannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Berbagai Macam Jenis Stress Dan Cara Mengatasinya"