15 Apr 2020

Manfaat Biji Pokat Yang Bagus Untuk Tubuh


Setelah Anda memakan buah avokad/alpukat, biasanya anda akan membuang biji nya bukan? karena dianggap tidak ada manfaatnya, jangan salah biji avokad juga memiliki banyak manfaat sama seperti daging nya. Berikut beberapa manfaat dari biji buah avokad.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Berdasarkan penelitian yang di terbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Malaysia, biji pokat mengandung phytochemical bioaktif yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan resiko penyakti diabetes.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak biji avokad dapat mengendurkan pembuluh darah. bukan hanya itu, ekstrak biji avokad juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor utama dari penyakit jantung.

3. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti, jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2. dan stroke. Oleh karena itu biji avokad dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita. Karena bubuk biji avokad mengandung antioksidan dan senyawa fenolik yang mempunyai efek hipolipedemik, dan dengan mengkonsumsi bubuk  biji avokad bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

4. Mengelola Penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian mengatakan bahwa biji avokad bagus digunakan untuk pengobatan tradisional bagi penyakit alzheimer atau pikun, yang biasanya dialami oleh para lansia. Hal ini dapat terjadi karena adanya aktivitas antioksidan dan kemampuan pembersihan radikal dalam biji avokad yang terkait dengan pengobatan penyakit alzheimer. Selain itu biji avokad juga mengandung sifat fungisidal, insektisida, dan antimikroba.

5. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat dari biji buah avokad yaitu mencegah kanker, karena antioksidan yang dapat  melawan radikal bebas yang menjadi penyebab dari penyakit kanker, biji avokad juga mengandung flavonoid, yaitu zat yang mampu mencegah kanker, selain itu biji avokad ini juga bisa mencegah sel dari kerusakan yang menyebabkannya berubah menjadi kanker.

6. Mengatasi Sembelit

Jika anda sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit, ada baiknya Anda mencoba mengonsumsi ektrak biji avokad, karena kandungan serat alami yang sangat tinggi yang terdapat di dalamnya. Sehingga dapat melancarkan pencernaan, menyehatkan lambung dan juga usus anda.

7. Menyembuhkan Radang

Biji buah avokad dapat menyembuhkan peradangan karena adanya fungsi antiinflamasi pada biji buah avokad yang dapat membuat radang menjadi semakin membaik. Maka ketik anda mengalami radang di bagian tubuh, anda dapat mencoba mengonsumsi biji buah avokad.

8. Mengatasi Penyakit Maag

Maag merupakan penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, dan hampir sebagian orang sering mengalami nya, penyakit ini membuat penderitanya merasakan sakit dibagian ulu hati bahkan hingga lemas dan muntah. Oleh karena itu Anda harus mengantisipasi penyakit maag dengan mengonsumsi makanan yang bisa mencegah penyakit maag, salah satunya biji avokad.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji buah avokad sekitar 70%,dapat membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit, menguatkan sistem imun, dan menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit dan juga dapat membuat anda lebih awet muda.

10. Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda sedang diet mengonsumsi ekstrak biji avokad merupakan salah satu pilihan yang paling tepat, karena kandungan serat yang tinggi pada biji buah avokad yang akan membuat anda merasakan kenyang lebih lama, dan jika anda mengonsumsinya secara rutin, maka berat badan anda dapat berangsur turun.

Itulah beberapa manfaat dari biji buah avokad, tapi sebelum mengkonsumsinya biji buah avokad harus diolah terlebih dahulu karena teksturnya sangat keras. Biji avokad harus dikeringkan di oven pada suhu tinggi selama kurang lebih dua jam, biji yang sudah kering inilah kemudian dicacah  atau di blender sampai berbentuk bubuk. Lalu bubuk inilah yang kemudian dapat ditambahkan smoothie. teh, sup, oatmeals, atau makanan lainnya, atau bisa juga diseduh dengan air panas dan biarkan bubuk biji avokad mengendap selama 10 menit.

Buka Komentar