Please Wait...


RajaBackLink.com

8 Fakta Unik Dari Hewan Yang Sering Kamu Jumpai Sehari - Hari

Mempelajari hewan emang selalu menyenangkan. Berbagai macam hewan yang ada di sekitar kitapun mempunyai banyak fakta unik yang mungkin kita belum tahu, begitu pula dengan hewan - hewan yang liar yang telah pernah kita pelajari baik di sekolah maupun di berbagai macam sumber lainnya.

Melihat delapan hewan berikut ini. Kamu pasti sudah pernah mengetahui hewan - hewan tersebut ini sebelumnya, bahkan mungkin melihatnya secara langsung. Namun, mereka mempunyai fakta unik yang membuatmu takjub, lho. Nggak percaya ? Simak ulasan berikut ini.

1. Singa Bisa Kawin Sampai Seratus Kali Sehari


Singa dapat di katakan sebagai hewan yang betul - betul memanfaatkan periode musim kawin semaksimal mungkin. Situs Lion Alert mengatakan bahwa singa betina dapat kawin sampai seratus kali sehari. Interval rata - rata antarsesi sekitar 17 menit dan waktu durasi kawin rata - rata 21 detik.

2. Gajah Tidak Dapat Melompat


Gajah merupakan satu dari sedikit mamalia yang tidak dapat melompat. Situs Science Mag mengatakan bahwa secara fisik gajah memang tidak punya kemampuan untuk melompat. Semua tulang kaki gajah menghadap ke bawah sehingga mereka tidak dapat memakai kakinya untuk lompat ke udara.

Lagian, gajah memang tidak butuh kemampuan untuk melompat. Mamalia seperti kangguru dan kelinci bisa melompat supaya terhindar dari predator. Sedangkan gajah lebih mengandalkan ukuran dan kekuatannya yang besar untuk melawan predator.

3.Paus Sperma Mempunyai Kulit Paling Tebal Di Dunia


Paus sperma mempunyai kulit paling tebal di antara semua jenis hewan lainnya. Situs Diving Almanac mengatakan bahwa ketebalan kulit mereka mencapai 35cm.

Paus sperma merupakan pemakan cumi - cumi raksasa atau cumi - cumi kolosal yang mempunyai tentakel dengan ujung yang tajam. Masuk akal juga sih bahwa mereka mempunyai kulit setebal itu untuk menghindari luka pada saat menangkap mangsa.

4. Mata Burung Unta Lebih Besar Daripada Otaknya


Burung unta merupakan salah satu hewan yang ukuran matanya besar daripada otaknya. Bola mata mereka memang berukuran besar, kira - kira sebesar bola billiard menurut situs How Stuff Works.

Sementara, ukuran otak mereka lebih kecil. Itulah kenapa walaupun burung unta merupakan burung terbesar di dunia, mereka buka termasuk burung yang pintar.

5. Burung Tahan Dengan Rasa Pedas


Jika ikut lomba makan makanan yang pedas melawan burung, maka kamu pasti akan kalah. Karena, burung tahan dengan rasa pedas.

Burung juga tidak dapat mencerna biji cabai. Bagi burung, cabai hanyalah semacam cemilan yang tidak ada bedanya dengan makanan yang lain.

6. Beberapa Kepiting Bisa Berenang


Kamu mungkin pernah melihat kepiting bergerak dengan cara jalannya yang menyamping. Ketika di dalam air pun, kepiting tetap saja berjalan seperti itu. Tapi tahukah kamu, ada beberapa kepiting yang bisa berenang ?

Salah satunya kepiting biru (Callinectes Sapidus). Mereka mempunyai sepasang kaki di bagian belakang tubuhnya yang berbentuk seperti dayung. Kakinya itu bisa mereka pakai untuk berenang dan mengambang di air.

7. Gurita Mempunyai Tiga Jantung


Gurita merupakan hewan yang menakjubkan karena memiliki delapan tangan. Lalu, ternyata gurita juga mempunyai 3 jantung. Satu jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sementara jantung lainnya memompa darah ke insangnya. 

Science Focus mengatakan bahwa darah gurita tidak mengandung hemoglobin seperti kebanyakan hewan. Darah gurita mengandung hemosianin yang kaya akan tembaga sehingga darah gurita warnanya biru.

Hemosianin tidak seefektif hemoglobin di dalam mengikat oksigen. Oleh sebab itu, gurita membutuhkan lebih dari satu jantung untuk mengalirkan semua oksigen ke seluruh tubuh dan insangnya.

8. Kungkang Menghabiskan Waktu 1 Bulan Untuk Mencerna Makanannya


Kungkang terkenal sebagai mamalia dengan gerakan yang paling lambat sedunia. Pada saat makan pun, kungkang melakukannya sangat lambat. Tapi ternyata, Pencernaan makanan kungkang bahkan jauh lebih lambat lagi. Situs Live Science mengatakan bahwa tubuh kungkang membutuhkan waktu sampai 1 bulan untuk mencerna makanannya.

Demikian artikel ini yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Tidak ada komentar untuk "8 Fakta Unik Dari Hewan Yang Sering Kamu Jumpai Sehari - Hari"