Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Bisnis Waralaba

Syukraka.com - Di dalam dunia bisnis, seringkali kita mendengar istilah waralaba. Tapi, tahukah kamu apa waralaba itu ? Menurut bahasa prancis, waralaba atau franchise yaitu hak atau kebebasan. Sedangkan menurut Wikipedia inggris, arti waralaba yaitu hak - hak untuk menjual sebuah produk, jasa atau pun layanan.

Jika menurut pemerintah Indonesia, arti dari waralaba yaitu ikatan yang salah satu pihaknya di beri hak memanfaatkan atau memakai hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan sebuah imbalan berdasarkan pesyaratan yang di tetapkan oleh pihak lain itu dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut kebanyakan orang, arti dari waralaba sendiri yaitu suatu bisnis cepat yang menguntungkan dan yang mudah untuk di kerjakan. Pertanyaannnya, apakah arti waralaba yang sesungguhnya ?

Waralaba menurut Robert Kiyosaki yaitu suatu skema yang di peruntukkan untuk mengembangkan usaha yang bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dari si pemilik bisnis tersebut.

Jadi, si pemilik bisnis atau lebih di kenal dengan sebutan franchisor memakai uang si pembeli franchise atau biasa di sebut dengan franchisee untuk memperluas bisnisnya. Barternya, dia menjual kepada si pembeli franchise suatu sistem bisnis tanpa harus ber susah - susah membangunnya.

Perlu kamu ketahui, cara mengembangkan suatu bisnis itu ada 4 model, yaitu :

  1. Dengan memakai sistem waralaba seperti yang admin terangkan di atas tadi.
  2. Dengan membuka cabang usaha.
  3. Dengan joint venture.
  4. Dengan membuat perusahaan go public dengan melakukan IPO (Initial Public Offering).

Kesimpulan

Sistem waralaba merupakan cara mengembangkan suatu bisnis dan bukan seperti apa yang di yakini oleh masyarakat pada umumnya. Coba kamu bayangkan, seandainya kamu memiliki suatu bisnis yang telah bagus sistemnya. Bisnis kamu tersebut beralamat di daerah ini. Setelah itu, kamu mau membuka lagi bisnis yang serupa di daerah itu dengan tujuan supaya laba bersih bisnis kamu meningkat.

Dapatkah kamu membuat bisnis yang serupa usaha kamu tersebut, baik dengan modal ataupun dengan modal orang lain ? Tentu bisa. Nah, kalau dengan modal kamu sendiri, berarti kamu membuka cabang. Kalau dengan modal orang lain, berarti kamu membuat waralaba atau melakukan joint venture terhadap bisnismu.

Bagi kamu yang berposisi sebagai orang yang akan membeli waralaba, pastinya kamu telah paham bahwa hakikat dari sistem waralaba yaitu lebih ke kepentingan si pemilik usaha tersebut, yakni mengembangkan bisnis mereka. Meskipun demikian, mereka juga paham bahwa mereka perlu kamu sebagai partner bisnis yang siap secara tempat, modal dan operasional bagi bisnis mereka.

Dengan begitu, mereka ingin berbagi kepadamu, tapi dengan syarat kamu memberikan mereka modal dengan cara membeli sistem bisnis mereka. Dengan kondisi tersebut, kamu harus siap untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Maka dari itu, jangan heran kalau bisnis waralaba yang bagus itu rata - rata harganya mahal.

Bagi kamu yang berposisi mau membuat bisnis franchise atau bisnis waralaba, kamu ingatkah bahwa hakikat dari sistem waralaba yaitu sebagai faktor kali bisnismu ? Maka kamu harus paham betul bahwa sistem waralaba tidaklah suatu jenis bisnis, melainkan cara untuk mengembangkan suatu bisnis. Jadi, salah besar jika kamu minat untuk langsung membuat bisnis dengan skema franchise atau waralaba. Alasannya kenapa ? Karena sistem kamu belum teruji. Bagaimanapun usaha dan tenagamu untuk menyempurnakan sistem waralaba bisnismu, hal itu tidak akan terjadi. Hal ini karena sistem waralaba merupakan sebagai cara untuk mengembangkan suatu bisnis.

Sistem waralaba dapat menjadi sempurna karena dia telah berjalan dan mengalami perbaikan selama bertahun - tahun. Kamu dapat melihat KFC, Mc Donalds dan waralaba terbesar lainnya. Mereka tidak langsung mewaralabakan bisnis mereka. Mereka menyeimbangkan bisnis mereka terlebih dahulu baru mewaralabakan bisnis mereka.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Bisnis Waralaba"