Please Wait...

RajaBackLink.com

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Yang Aman Dan Alami


Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot yang Aman Dan Alami

SYUKRAKA.COM - Luka bakar memang sering kali meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan. Luka bakar ini sering menyebabkan kulit melepuh yang isinya air.

Tidak jarang ketika luka ini sembuh justru meninggalkan bekas seperti noda kecoklatan sampai kehitaman. Bekas luka bakar ini tentu saja akan mengganggu penampilan, terutama jika terjadi di bagian kulit dan kaki.

Luka bakar ini dapat di sebabkan oleh hal apa saja. Mulai dari terkena minyak goreng panas waktu ketika memasak sampai luka bakar yang di sebabkan oleh knalpot yang panas.

Pada luka bakar akibat knalpot ini seringkali meninggalkan bekas luka kecoklatan yang susah hilang. Bekas luka berukuran kecil saja cukup mengganggu, apalagi yang bekas luka berukuran besar.

Tentunya bekas luka ini semakin jelas terlihat, sampai tidak jarang membuat kepercayaan diri seseorang menurun.

Sebetulnya jika mendapatkan luka bakar akibat knalpot, kamu dapat melakukan langkah pertolongan pertama supaya luka tidak semakin parah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengobatinya dengan bahan - bahan yang alami untuk mengurangi rasa perih dan meminimalkan bekas luka yang terjadi berikutnya.

Bahkan bahan alami ini bisa di pakai untuk menghilangkan bekas luka knalpot yang kehitaman. Ada 7 cara untuk menghilangkan bekas luka knalpot secara alami dan aman tentunya, yaitu :

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka knalpot bisa di lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang ke bagian yang terkena luka bakar. Lidah buaya memang terkenal sebagai tanaman yang memiliki sifat anti - inflamasi.

Sehingga lidah buaya ini cocok untuk meringankan dan merilekskan kulit yang teriritasi akibat luka bakar. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bisa membantu penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka bakar di kulit.

Caranya, kamu hanya perlu mengambil satu batang lidah buaya, setelah itu kupas kulitnya dan oleskan secara langsung pada bagian luka bakar. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air mawar sampai merata.

Oleskan pada bagian bekas luka dan berikan pijatan lembut. Tunggu 5 - 10 menit sampai sedikit mengering, kemudian cuci dengan air bersih.

2. Air Bersih

Langkah pertama yang harus di lakukan jika terkena luka bakar knalpot yaitu mencuci bagian luka dengan air bersih. Cara ini dapat di lakukan sekitar 20 menit pertama ketika kulit ingin melepuh.

Dengan mencuci luka dengan air bersih sekitar 20 menit, dapat mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang paling dalam. Tidak hanya itu, juga bisa menghindarkan dari resiko kulit yang melepuh sesudahnya.

3. Kunyit Dan Susu

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya dapat kamu lakukan dengan kunyit dan susu. Kunyit di kenal sebagai rempah - rempah yang mempunyai sifat anti radang dan anti septik.

Kedua sifat ini sangat cocok untuk merilekskan kulit yang teriritasi akibat luka bakar. Sama halnya dengan kunyit, susu juga bisa meredakan peradangan pada kulit secara efektif, bahkan bisa menghilangkan bekas luka yang muncul sesudahnya. Kedua campuran bahan ini tentunya bisa memberikan manfaat secara lebih efektif dan maksimal.

Caranya, campurkan 2 sendok makan susu mentah dan sedikit taburan kunyit bubuk sampai menyatu sempurna. Ambil bola kapas, kemudian celupkan pada campuran kedua bahan tersebut. Oleskan di bagian yang luka atau bekas luka, berikan sedikit pijatan lembut. Tunggu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Madu

Mengoleskan madu juga termasuk salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot yang dapat kamu coba. Sama seperti lidah buaya, madu juga memiliki sifat anti - inflamasi dan anti bakteri.

Sifat ini berfungsi untuk membantu menyembuhkan dan membersihkan bagian kulit yang terkena luka bakar, mengurangi rasa perih sampai bisa menghilangkan bekas luka yang timbul sesudahnya. Sebuah penelitan mengatakan bahwa madu bisa menghilangkan bekas luka lebih cepat di bandingkan dengan krim antibiotik.

Caranya, ambil 1 sendok makan madu setelah itu oleskan langsung pada luka atau bekas luka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencampurkan 2 sendok makan madu dengan bubut kunyit di dalam piring kecil.

Aduk sampai rata menjadi pasta. Kemudian oleskan campuran kedua bahan tersebut pada luka atau bekas luka, diamkan 10 sampai 15 menit setelah itu cuci dengan air bersih.

5. Kentang

Kentang memang banyak di kenal sebagai bahan alami yang mampu menghilangkan bekas jerawat. manfaat kentang yang satu ini juga bisa di pakai untuk menghilangkan bekas luka knalpot.

Selain itu, kentang juga mampu mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga cocok dan sangat baik di pakai untuk mengatasi luka bakar.

Caranya yaitu rebus 1 buah kentang, lalu kupas kulitnya sampai bersih. Setelah itu potong menjadi 2 bagian, lalu gosokkan kentang pada bagian luka atau bekas luka. Berikan pijatan lembut sekitar 5 - 10 menit lalu cuci dengan air bersih.

6. Putih Telur, Tomat Dan Yoghurt

Tomat adalah buah yang bisa di pakai sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot. Tomat banyak mengandung vitamin A, E, C dan K yang baik untuk proses penyembuhan luka.

Manfaat buah tomat ini akan lebih maksimal jika di campurkan dengan putih telur dan yoghurt. Caranya yaitu campurkan 1 sendok makan tomat yang telah di haluskan dengan 1 sendok makan putih telur dan yoghurt ke dalam piring.

Aduk sampai merata, oleskan pada bagian luka atau bekas luka. Berikan pijatan lembut menggunakan jari. Diamkan selama 15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

7. Minyak Wijen

Cara menghilangkan bekas luka bisa juga di lakukan dengan minyak wijen. Minyak wijen menjadi minyak alami yang tidak hanya melembabkan kulit tapi juga bisa menyerap sisa panas pada kulit akibat dari luka bakar.

Dengan begitu, proses penyembuhan luka bakar pun bisa berjalan dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, bahan alami juga bisa mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar sehat.

Jika kamu mau mencoba cara ini, ambil beberapa tetes minyak wijen, setelah itu oleskan secara langsung pada bagian luka.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Yang Aman Dan Alami"