6 Jun 2020

Ini Dia, Cara Menjadi Orang Yang Lebih Bijaksana


Banyak orang berpikir bahwa kebijaksanaan hanya dapat di peroleh pada usia senja, setelah menerima banyak pengetahuan dan pengalaman. Tapi, sebetulnya tidak semua orang yang lansia merupakan orang yang bijaksana. Hal tersebut membuktikan bahwa pengalaman dan usia tidaklah satu - satunya sumber kebijaksanaan.

Untuk menjadi orang yang lebih bijaksana, sesungguhnya kita bisa belajar melalui karakter - karakter orang bijak tersebut. Dengan menerapkan karakter bijaksana dalam kehidupan sehari - hari niscaya hidup lebih bermakna dan penuh arti.

Ada 7 karakter yang harus di kembangkan agar menjadi orang yang lebih bijaksana yaitu :

1. Jujur Kepada Orang Lain

Kejujuran pada diri sendiri akan menolong kita juga untuk jujur kepada orang lain. Hal ini dapat terjadi karena kejujuran adalah mengungkapkan apa yang kita pikirkan dan di yakini dengan terbuka.

Kejujuran pada orang lain akan membuat seseorang tampil apa adanya tanpa berusaha menutupi diri. Ketidakjujuran kepada orang lain akan membuat hidup kamu sangat palsu. Dan pastinya hidup dalam kepalsuan itu sangat melelahkan.

2. Jujur Kepada Diri Sendiri

Hal ini tidak semudah mengatakannya karena jujur pada diri sendiri memerlukan tingkat kesadaran diri yang tinggi. Artinya kita harus belajar mendefinisikan emosi diri, mengenali nilai pribadi, mengetahui apa yang di inginkan, mengakui kesalahan, dan berani bertanggung jawab setiap keputusan dan tindakan.

3. Mendengarkan Perubahan Dalam Diri

Manusia pada dasarnya selalu berubah karena berbagai macam faktor, bisa jadi bahagia, sedih, kehilangan, kemenangan, kekuasaan dan lain - lain. Manusia yang bijaksana menyadari perubahan - perubahan kecil ataupun besar di dalam dirinya, sehingga bisa menghadapi dirinya sendiri dalam perubahan itu.

4. Fokus Kepada Proses, Bukan Hasil

Dalam hidup ini, orang banyak berpatokan pada hasil. Tapi, orang yang bijaksana malah melakukan sebaliknya. Pendekatannya terhadap sesuatu berdasarkan kepada prosesnya. Mereka sangat menghargai proses daripada menghargai hasil. Dengan melakukan cara ini, hidup bisa menjadi lebih fokus pada saat ini tanpa ada rasa khawatir yang berlebihan pada masa yang akan datang.

5. Mempunyai Perspektif Yang Baik

Orang - orang bijaksana mempunyai kemampuan untuk tetap tersenyum dan tertawa dalam proses hidupnya. Dengan perspektif yang baik mereka menempatkan masalah dan kejadian sebagai bagian hidup yang harus di terima dan di jalani. Mereka tidak mau hidup ini di jalani dengan kaku tanpa kelapangan pada diri sendiri.

6. Belajar Dari Kesalahan

Orang yang bijaksana ingin belajar dari kesalahan dan masalah. Mereka belajar untuk menghadapi masalah dan menyelesaikannya, bukan malah menghindarinya. Bagi mereka tidak ada gunanya menyalahkan keadaan atau orang lain ketika masalah muncul. Dia juga tidak membiarkan dirinya mengasihani dirinya sebagai korban, tapi menarik pelajaran penting dari setiap kesalahan atau masalah yang di hadapi.

7. Mempunyai Tujuan

Orang bijaksana mempunyai tujuan dalam segala sesuatu sebagai bagian dari tujuan hidupnya. Dia tidak mau hidup apa adanya. Dia sadar bahwa setiap manusia pasti memiliki talenta, bakat, kemampuan, dampak yang baik, dan kontribusi untuk dunia ini, tidak peduli seberapa besar ataupun kecil. Oleh sebab itu, dia berupaya memberikan kontribusi terbaik yang dia punya untuk mencapai tujuan yang sudah di rencanakan.

Nah, jadi itulah cara menjadi orang yang lebih bijaksana. Semoga bermanfaat.

Buka Komentar