Please Wait...


RajaBackLink.com

5 Kuliner Makanan Khas Kota Solok Selatan Yang Wajib Kamu Coba

Kota Solok memiliki banyak cerita dan kisah. Semuanya itu tergambar dari bentang alamnya yang mempesona. Begitu juga keberagaman budaya yang mengakar sejak dulu sampai zaman sekarang ini. menjelajah Kota Solok Selatan untuk setiap daerahnya, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kulinernya.

Berikut ini ada 5 macam kuliner khas Kota Solok Selatan yang wajib kamu coba yaitu :

1. Limpiang Pinyaram


Limpiang Pinyaram adalah kuliner khas dari Kota Solok Selatan yang termasuk ke dalam jenis jajana tradisional. Kue ini terdiri dari limpiang yang berwarna putih dan pinyaram yang berwarna kecoklatan. Sekilas bentuknya seperti kue cucur di Jawa yang bentuknya seperti bulat datar, tapi jika Limpiang Pinyaram ini terdapat tonjolan di bagian tengahnya.

Jajanan ini mudah - mudah susah untuk di cari, umumnya bisa di jumpai di pasar tradisional atau pada prosesi upacara adat dan pernikahan. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang di tambah dengan bahan pelengkap lainnya. Setelah itu di campur menjadi adonan yang nantinya di goreng. Kue ini mempunyai rasa manis dan lebih nikmat di sajikan ketika masih hangat di temani dengan secangkir kopi atau teh.

2. Pangek Pisang


Pangek Pisang adalah kuliner khas dari Kota Solok Selatan yang wajib kamu coba. Bahkan keberadaannya sulit di temukan jika tidak berkunjung ke daerah yang di kenal dengan Nagari Saribu Rumah Gadang. Kuliner berbahan dasar pisang yang di olah sedemikian rupa dengan memakai santan, kunyit dan rempah - rempah lainnya sebingga menciptakan rasa yang gurih dan manis.

Pangek Pisang lebih enak di sajikan bersama dengan ketan pulut warna merah ataupun warna putih. Kuliner ini menjadi sajian yang akan muncul bila ada acara - acara penting dan prosesi upacara adat. Bila kamu menginap di Homestay Daerah Saribu Rumah Gadang akan di sajikan kuliner ini.

3. Kopi Solok Selatan


Di Ranah Minang, Kota Solok Selatan juga terkenal dengan kopinya dan cita rasa yang khas. Ada 2 macam kopi yaitu arabika dan robusta.

Kopi Solok Selatan mempunyai kelebihan dari aroma rempahnya yang kuat dengan karakter rasa citrus (lemon) dan chocolate note. Bagi yang berkunjung ke Solok Selatan jangan lupa juga ya untuk mencicipi kopi dari Solok Selatan ini.

4. Dendeng Pucuk Ubi


Umumnya dendeng berbahan dasar daging, tapi di Solok Selatan ada dendeng pucuk ubi yang berbahan dasar daun singkong (pucuk ubi). Hasil dari pembuatannya semacam keripik yang mempunyai rasa gurih dan cocok dijadikan cemilan ketika bepergian atau menjadi sambal makanan di rumah.

Ternyata dendeng pucuk ubi ini adalah hasil dari kreativitas ibu - ibu dari kelompok Kuliner Bundo yang terletak di kawasan Saribu Rumah Gadang sejak tahun 2017. Jadi, saat berwisata ke Solok Selatan jangan lupa mencicipi dendeng pucuk ubi ini dan bisa juga di jadikan oleh - oleh.

5. Teh Solok Selatan


Kota Solok Selatan termasuk dari salah satu daerah di Ranah Minang yang mempunyai lahan kebun teh. Di kenal sebagai Perkebunan Teh Liki Solok Selatan yang telah eksis sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1940 dan setelah itu di kelola oleh PT. Mitra Kerinci mulai pada tahun 1990 dengan luas lebih dari 2000 Ha.

Ternyata teh dari perkebunan Liki ini mempunyai kualitas yang tinggi, kadar tannin yang tinggi di antara perkebunan teh lainnya yang ada di Indonesia. Seduhan warnanya juga menarik dan berakarakter rasa sepet yang kuat. Jenis teh yang di hasilkan yaitu teh warna putih, teh warna hitam, teh warna merah. Menariknya, teh hijau Solok Selatan ini menjadi minuman favorit Ratu Beatrix Wihelmina Armgard dari kerajaan Belanda.

Jadi itu lah 5 kuliner makanan khas Kota Solok Selatan yang wajib kamu coba. Jika kamu berkunjung kesana jangan lupa mencicipi makanan dan minuman khasnya ya, sekalian di bawa pulang untuk oleh - oleh khas Ranah Minang. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "5 Kuliner Makanan Khas Kota Solok Selatan Yang Wajib Kamu Coba"