Please Wait...

RajaBackLink.com

Jenis-Jenis Kertas Serta Fungsinya

SYUKRAKA.COM - Kertas adalah salah satu benda yang menjadi kebutuhan semua orang, tidak hanya sebagai pembungkus gorengan atau yang lainnya, namun kertas juga di perlukan untuk pekerjaan dan pendidikan seperti membuat buku dan mencetak laporan bulanan perusahaan.

Maka tidak heran apabila penggunaan kertas setiap harinya berjumlah sangat besar. Banyaknya pemakaian kertas mendorong produksi kertas semakin meningkat. Ada berbagai macam kertas yang di produksi setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan kita sehari - hari, yaitu di antaranya :

1. Linean Jepang

Bentuk kertas linean jepang ini adalah terlihat redup dan mempunyai permukaan yang kasar. Kegunaan kertas ini biasanya untuk sertifikat dan dokumen penting yang lain.

2. Ivory

Bentuk kertas ivory yaitu memiliki warna yang berbeda di setiap sisinya, tidak seperti kertas yang lain. Di sisi pertama mempunyai tampilan mengkilat, dan di sisi kedua mempunyai tampilan redup atau gelap. Kegunaan kertas ini untuk Paper Bag atau tas untuk Souvenir.

3. Art Carton

Kertas art carton hampir sama dengan art paper, akan tetapi kertas ini lebih tebal. Kegunaan kertas ini sebagai sampul buku, sampul majalah, dan katalog.

4. Matt Paper

Bentuk kertas matt paper ini mempunyai permukaan tidak berkilau dan terlihat redup atau gelap. Kertas ini bisa menyerap tinta dengan baik. Kegunaan dari kertas ini untuk isi dari majalah.

5. Concorde

Bentuk kertas ini tekstur serat garisnya sedikit timbul tetapi terlihat tidak beraturan. Kegunaan kertas ini yaitu cocok di jadikan media melukis menggunakan pensil. Karena kertas ini akan membantu menimbulkan kesan artistik saat melukis.

6. HVS

Kertas HVS adalah kertas yang paling banyak di gunakan oleh semua orang, baik untuk fhotocopy, print dan lain - lain. Bentuk kertas ini berwarna putih bersih dan memiliki permukaan yang sedikit kasar.

7. Duplex

Bentuk kertas ini lumayan tebal. Jika kamu membeli makanan untuk di bungkus dan di bawa pulang, kertas ini yang di pakai, karena aman untuk di gunakan.

8. Buffalo

Bentuk kertas ini memiliki tekstur sekilas mirip guratan kayu dan memiliki permukaan yang cukup kasar. Kertas ini banyak menyediakan pilihan warna. Kegunaan kertas ini sebagai sampul jilid buku, map dan lain - lain.

9. Fancy

Kertas ini terbilang cukup mahal karena kualitasnya. Kegunaan kertas ini untuk kartu undangan yang memerlukan sentuhan kemewahan.

10. Kraft

Kertas ini mempunyai warna coklat, permukaan yang kasar dan cukup gelap. Kegunaan kertas ini biasanya untuk paper bag.

11. Jasmine

Kertas ini memiliki beragam warna yang di tawarkan. Dengan demikian, akan sangat menarik untuk membuat kartu undangan yang berkualitas.

12. Corrugated

Kertas ini mempunyai warna coklat dan bergelombang di bagian tengahnya. Kegunaan kertas ini untuk membuat kardus.

Semoga bermanfaat untuk Kamu yang membaca artikel ini.

Tidak ada komentar untuk "Jenis-Jenis Kertas Serta Fungsinya"