Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Kartu ATM : Jenis Kartu ATM, Kelebihan Dan Kekurangan

 

Syukraka.com - Kartu ATM ialah salah satu tipe kartu plastik yang barangkali sangat banyak dikeluarkan oleh lembaga perbankan serta sangat banyak dipergunakan. Boleh dibilang tiap nasabah bank yang mempunyai tabungan tentu mempergunakan ataupun memerlukan kartu ini. Apa sesungguhnya kartu ATM itu? Apa fungsi kegunaan serta manfaatnya? Gimana mendapatkannya dan ketentuan apa yang wajib dipunyai seseorang? Berikut di dasar ini merupakan uraian singkatnya.

Pengertian Kartu ATM

ATM merupakan kepanjangan dari Automatic Teller Machine. Secara harfiah: automatic berdialog otomatis, teller merupakan petugas perbankan yang terletak di lini depan melayani nasabah dalam urusan setor duit (deposit) serta tarik dana (withdraw), sebaliknya machine merupakan mesin. Dengan demikian bisa disimpulkan kalau ATM merupakan suatu mesin yang secara otomatis bisa bekerja mengambil alih kedudukan dari teller yang kerap kita jumpai di bank. Dengan terdapatnya mesin-mesin ATM semacam ini, kita tidak butuh lagi antri di depan teller tiap memerlukan jasa perbankan. Pas tiba ke suatu loket yang sediakan mesin ATM serta umumnya lokasinya terdapat di tiap cabang bank itu sendiri ataupun di tempat- tempat yang ramai serta strategis semacam lobby hotel, mall, perkantoran, dst. Bisa disimpulkan kartu ATM merupakan kartu-kartu yang diterbitkan bank buat bisa dipergunakan di mesin-mesin ATM yang ada.

Pada awal mulanya mesin ATM cuma mempunyai sarana menarik duit tunai. Jadi kartu ATM merupakan kartu yang dipergunakan buat menarik duit tunai melalui mesin ATM. Bersamaan kemajuan zaman, pertumbuhan teknologi serta kebutuhan manusia, menu-menu ATM juga terus menjadi diperbanyak sehingga dapat membayar tagihan, transfer duit, membeli produk serta jasa (pulsa, token listrik, reksadana, dsb). Pertumbuhan lebih lanjut merupakan hadirnya mesin-mesin ATM yang pula dapat setor duit secara langsung. Umumnya dapat kita jumpai di mesin-mesin ATM kepunyaan Bank BCA.

Pada dikala Bank Mandiri mulai beroperasi di Indonesia (hasil penggabungan sebagian bank kepunyaan pemerintah akibat dampak carut marut dunia perbankan serta permasalahan korupsi), Bank Mandiri mempopulerkan suatu sebutan baru ialah "Anjungan Tunai Mandiri" yang memanglah cocok dengan kepanjangan dari ATM. Kata "mandiri" itu diambil dari nama Bank Mandiri. Dengan demikian terdapat akumulasi makna kartu ATM yang dapat jadi kartu anjungan tunai mandiri. Gunanya memanglah dapat menarik tunai oleh diri kita sendiri. Sebaliknya anjungan itu berarti semacam posisi, tempat ataupun fasilitas.

Ketentuan Memperoleh Kartu ATM

Kartu ATM merupakan kartu plastik yang sangat banyak diterbitkan di segala dunia. Wujud serta ukurannya persis semacam kartu kredit ataupun kartu-kartu yang lain. Di depannya ada no kartu serta kadangkala nama sang owner kartu. Sebagian kartu pula mempunyai tanggal ataupun masa berlakunya. Sebaliknya di balik terdapat semacam pita magnetik dan data logo serta no telepon bank penerbit. Guna logo yang tercantum di situ berarti kartu ATM tersebut dapat dipergunakan di seluruh mesin ATM yang pula mempunyai logo yang sama.

Kartu ATM ialah kartu yang sangat banyak dipunyai oleh warga di tiap negeri. Kenapa demikian? Sebab nyaris semua bank mulai dari bank asing, bank pemerintah, bank swasta nasional hingga bank pembangunan wilayah (BPD) menerbitkan kartu semacam ini. Mempunyai kartu ini juga sangatlah gampang. Syaratnya cuma butuh menabung di suatu bank serta mengajukan kepemilikan kartu.

Kartu ATM tidaklah kartu wajib. Kita dapat saja menolak mempunyai ataupun memakai kartu ini bila bagi kita kurang berguna ataupun katro. Berhubung khasiatnya yang sangat banyak, rasanya sayang bila kita tidak mempunyai kartu satu ini. Pada dikala kita memerlukan duit tunai, ke manakah kita wajib meminjam? Sebaliknya bank tidak beroperasi 24 jam serta terdapat hari liburnya. Dengan mempunyai kartu ATM, kita dapat lekas ke mesin ATM terdekat buat menarik duit tunai. Tidak hanya itu dengan terdapatnya bermacam sarana semacam m-banking, internet banking, dsb. membuat kita dengan bebas dapat membayar seluruh bayaran serta tagihan. Tanpa mempunyai kartu ATM kita tidak dapat mempergunakan sarana bank yang lebih mutahir tersebut.

Walaupun tidaklah kewajiban, menabung di bank tanpa mempunyai kartu ATM rasanya konyol. Malah dengan terdapatnya kartu ATM ini mendesak kita lebih tertarik buat menabung. Karena kapan saja serta di mana saja kita dapat menarik kembali duit kita sepanjang masih terdapat mesin ATM. Mesin ATM beroperasi 24 jam nonstop kecuali listrik mati ataupun lagi dalam revisi sistem jaringan (maintenance). Bank-bank yang tidak mempunyai produk kartu ATM tentu hendak ditinggalkan nasabah mereka.

Dalam pertumbuhan selanjutnya, kartu ATM jadi kartu harus yang dipunyai oleh tiap nasabah ataupun owner tabungan. Kartu kartu ATM ini dapat dijadikan salah satu perlengkapan verifikasi perbankan. Karena suatu kartu cuma diterbitkan kepada seseorang nasabah. Bila terdapat kartu yang sama hingga mungkin kartu tersebut telah diduplikasi oleh pihak lain. Dunia perbankan tumbuh sedemikian kilat serta luar biasa. Contoh-contoh kartu ATM yang dapat kita temukan semacam kartu PASPOR BCA, ATM Mandiri, ATM Danamon, ATM BNI, dsb.

Jenis-Jenis Kartu ATM

Keberadaan mesin ATM tentu ikut serta dalam mendukung kemudahan masyarakat dalam mengakses berbagai macam fasilitas perbankan. Sekarang, mesin ATM tidak lagi sulit di temukan. Karena, pihak perbankan memang sangat antusias untuk mengupayakan dan selalu menambah jumlah mesin-mesin ATM tersebut.

Dengan begitu, nasabah dapat mengaksesnya dengan lebih cepat dan mudah. Hampir di seluruh wilayah pertokoan atau supermarket dapat di temukan mesin ATM tersebut. Dan para nasabah pun tidak lagi mengalami kesulitan untuk mencari dan mengakses fasilitas perbankan ini.

Pada sekarang ini, setidaknya terdapat 3 jenis mesin ATM di Indonesia yang dapat di pakai untuk berbagai macam kebutuhan transaksi keuangan, yaitu :

1. ATM Setor Tunai

Di mesin ATM setor tunai, nasabah dapat melakukan penyetoran langsung sejumlah uang ke nomor rekening milik nasabah, sehingga tidak perlu menunggu antrian dan berlama-lama di teller. Mesin ATM ini yang paling menyenangkan dan lumayan membuat nasabah dengan mudah melakukan setoran ke rekening pribadinya.

2. ATM Tarik Tunai

Mesin ATM ini adalah yang paling mudah di temukan. Tidak hanya di daerah perkotaan saja, pemakaian mesin ATM tarik tunai sudah mencapai daerah pedesaan. Pastinya bergantung kepada keberadaan banknya di daerah pedesaan tersebut. Biasanya yang sering di temukan adalah Bank BRI dan Bank BPD di daerah tersebut.

Mesin ATM tarik tunai biasanya hampir seluruh semua transaksi di lakukan, seperti transfer uang, beli pulsa, tarik tunai, bayar tagihan, dll.

3. ATM Non-Tunai

Mesin ATM yang satu ini tidak akan bisa di pakai untuk tarik tunai. Tapi, melalui mesin ATM ini, kita dapat melakukan transaksi keuangan yang lain, seperti transfer uang, bayar tagihan, cek saldo, beli voucher listrik, dll.

Jaringan Dan Biaya Yang Di Kenakan

Berbagai macam kemudahan yang di berikan mesin ATM pastinya menggunakan biaya yang menjadi kewajiban nasabah. Hal ini umumnya akan sangat bergantung pada aturan/kebijakan yang di tetapkan oleh Bank. Sebagian Bank membebaskan para nasabah atas seluruh biaya tarik tunai selama di lakukan di jaringan yang sama dan jumlah minimal yang mereka terapkan. Hal yang berbeda bisa saja terjadi pada Bank yang lain. Karena setiap Bank mempunyai ketetapan tersendiri mengenai aturan/kebijakan tersebut.

Secara garis besar, Bank di Indonesia mempunyai kerja sama dan juga jaringan khusus yang mereka pakai untuk memudahkan nasabahnya dalam mengakses layanan. Jaringan ini terintegrasi dan terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Jaringan ATM Prima

Jaringan ATM ini mempunyai anggota sejumlah 57 Bank, yaitu, Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank CIMB NIAGA, dll.

Adanya jaringan ATM Prima ini memungkinan nasabah untuk  melakukan berbagai macam transaksi keuangan di ATM yang tidak sama dengan ATM milik nasabah tersebut. Tapi, masih dalam biaya transaksi yang lumayan rendah. Hal tersebut pasti akan membantu karena bisa saja nasabah tidak mempunyai akses terdekat ke mesin ATM dari Bank yang di pakai. Atau bisa saja sewaktu-waktu nasabah tersebut perlu melakukan transaksi keuangan pada hari itu. Sementara di daerahnya berada, tidak terdapat mesin ATM yang di pakai nasabah tersebut. Pilihan yang tersedia palingan ATM Prima atau ATM Bersama.

2. Jaringan ATM Bersama

Jaringan ATM bersama adalah jaringan ATM terbesar di Indonesia. Jaringan ini memiliki anggota sebanyak 82 Bank di Indonesia, yaitu Bank Danamon, Bank BNI, Bank Panin, Bank BRI, dll.

Berbagai macam transaksi yang menggunakan jaringan ATM Prima dan ATM Bersama akan di kenai biaya sebagai berikut :

  • Untuk biaya cek saldo di kenakan pajak sebesar Rp. 4000,-
  • Untuk biaya tarik tunai di kenakan pajak sebesar Rp. 7500,-
  • Untuk biaya transfer di kenakan pajak sebesar Rp. 7.500,-

Jumlah biaya tersebut tentu sama mengingat kemudahan dan kenyamanan yang di dapatkan oleh nasabah dengan adanya ATM Prima dan ATM Bersama yang dapat di pakai sepanjang waktu.

Kelebihan Dan Kekurangan ATM

Kartu ATM bisa di katakan fasilitas paling dasar yang bisa di jumpai pada saat pembuatan rekening baru. Bentuknya seperti kartu dan terbuat dari bahan plastik. Di bagian bawah ada pita magnetik yang berguna untuk menyimpan data perbankan pemilik rekening tersebut. Cara memakainya yaitu dengan memasukkan ke mesin ATM dan sistem keamanannya menggunakan PIN 6 angka.

Keuntungan yang paling utama dari ATM ini adalah bisa menarik uang, jika keuntungan yang lainnya yaitu dapat di pakai di ATM Bank apapun, selanjutnya kalau ATM keluaran dari Bank yang besar di Indonesia bisa di manfaatkan juga untuk mengakses ATM luar negeri, walaupun ATM tersebut punya Bank lokal di sana. Meskipun rekening kamu tabungannya rupiah, tapi di pakai di ATM luar negeri, akan tetap mengeluarkan uang negara tersebut. Jika kamu berkunjung kesana dan kehabisan uang cash, ini pasti sangat di perlukan.

Tidak hanya di pakai di mesin ATM saja, kartu ATM ini dapat juga di pakai sebagai kartu debit. Contohnya saja, jika kamu berbelanja di supermarket, dan kamu lupa membawa uang cash, yang ada hanya kartu ATM doang, di tambah lagi kamu malas cari-cari ATM sana sini, maka kartu ATM itu lah yang akan membayar belanjaan kamu. Caranya pun cukup mudah, tinggal di gesekkan saja ke mesin EDC, kemudian selesai deh.

Kalau kekurangannya menurut saya hanya 1, yaitu kartu ATM tidak dapat menarik uang di rumah-rumah atau di tempat-tempat pribadi. Jadi, kalau tempat tinggal kamu jauh dari lokasi ATM dapat merepotkan juga. Tapi, jika dekat kamu harus bersyukur karena itu suatu keberuntungan.

Ciri-Ciri Kartu ATM Terblokir

Ciri-ciri kartu ATM terblokir mungkin tidak sama antara Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat, Bank BCA, dan Bank-Bank lainnya. Tapi ada satu persamaan yang terlihat jelas tentang ciri-ciri kartu ATM yang terblokir yang harus kamu tahu yaitu : Jika kartu ATM udah di blokir, kamu akan di tolak pada saat melakukan transaksi di mesin ATM.

Adapun penulisan tentang kartu ATM terblokir bisa jadi bermacam-macam yang menandakan kartu ATM kamu terblokir.

Ada juga yang muncul di layar mesin ATM: Kartu ATM Anda di tolak, ini menandakan juga kartu ATM kamu terblokir.

Jika telah di tolak, walaupun bisa memilih bahasa awalnya, artinya memang kartu ATM sudah tidak bisa di gunakan.

Ciri-ciri kartu ATM yang terblokir lainnya yaitu : Kadang-kadang muncul tulisan "Silahkan Hubungi Call Center".

Namun, apa penyebabnya kartu ATM terblokir ? Ini penyebabnya...

Penyebab Kartu ATM Terblokir

Mungkin ini sebab mengapa kartu ATM kamu terblokir :

1. Kartu ATM Kedaluwarsa Atau Expired

Kartu ATM mempunyai masa berlaku, biasanya 5 tahun. Jika kartu ATM telah kedaluwarsa melewati tanggalnya, maka kartu ATM tidak dapat di gunakan lagi, dan harus segera di ganti ke Bank.

2. Salah Memasukkan PIN 3 Kali Berturut-Turut

Admin sendiri sih pernah salah memasukkan pin 3 kali berturut-turut. Setelah 3 kali salah, otomatis kartu ATM admin di blokir. Terpaksa deh, admin langsung ke Bank. Jika kamu salah juga memasukkan PIN sebanyak 3 kali, Admin sarankan datang ke Bank untuk melapor, atau jika malas ke Bank, telfhon aja call center Bank kamu.

3. Kamu Meminta Sendiri Supaya Kartu ATM Kamu Terblokir

Jika hal ini terjadi, biasanya karna ada kecelakaan atau kemalingan yang membuat kamu terpaksa untuk melakukan sendiri blokir kartu ATM agar tidak menimbulkan masalah nantinya dan data serta uang kamu aman di dalamnya. Atau mungkin bisa jadi kartu ATM kamu hilang, ini juga membuat kamu terpaksa melakukan blokir kartu ATM untuk tujuan keamanan.

Nah, bagaimana cara mengatasinya ? Ini caranya...

Cara Mengatasi Kartu ATM Yang Terblokir

Jika kamu sudah tau ciri-ciri kartu ATM yang terblokir beserta penyebabnya, ini cara mengatasinya :

  • Datang langsung ke Bank bagian costumer service dengan membawa buku tabungan, kartu ATM yang terblokir, dan KTP.
  • Menghubungi Call Center Bank, jika seandainya malas ke Bank, tapi alangkah lebih baiknya datang langsung ke Bank, agar mendapatkan informasi lebih lanjut, jika di telfhon pulsa yang habis, karena nelfhon Call Center Bank tidak gratis.

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Kartu ATM : Jenis Kartu ATM, Kelebihan Dan Kekurangan"