Sejarah Mouse Komputer : Jenis, Fungsi, Serta Kelebihan Dan Kekurangan

Sejarah Moouse Komputer

Sejarah Mouse Komputer

Siapa sangka barang kecil yang tidak boleh tertinggal dikala kita bawa pc bernama Mouse sudah ditemui 57 tahun silam. Penemu Mouse awal di dunia ini bernama William‘Bill’ English yang baru saja meninggal di umur 91 tahun bertepatan pada 26 Juli 2020 kemarin di California. Wafatnya English pastinya butuh buat dikenang mengingat penemuannya yang sangat berarti buat kita semua. Bersama dengan Douglas Engelbart, English merancang serta melakukan revolusi pada komputasi modern. Douglas Engelbart mengemukakan ide buat membuat peraangkat yang bisa menggerakkan kursor buat melintasi interface di pc tanpa wajib membagikan perintah berbentuk text. Oleh karenanya, English merancang ide tersebut membuat suatu fitur yang setelah itu diucap “mouse”.

Mouse awal yang terbuat oleh mereka di tahun 1968 menggunakan balok kayu dengan roda di bagian bawahnya. Mouse awal di dunia ini diluncurkan bertepatan dengan fitur Komputer Xerox 8010 Star Information System. Tetapi Xerox tidak menyangka fitur ini hendak jadi revolusioner di dunia IT. Sehingga Xerox menggantinya dengan saham Apple kepada Stave Jobs. Sehabis Jobs diberikan akses buat membetulkan inovasi mouse kepunyaan Xerox, Jobs membagikan perintah kepada bawahannya buat membetulkan design mouse kayu tersebut dengan design mouse yang lebih baik.

Pada kesimpulannya Mouse sudah tersebar di warga luas serta diperjual belikan Kala Apple merilis Macintosh pada tahun 1984, sebaliknya mouse yang telah dipatenkan oleh Engelbart telah tidak berlaku lagi. Walaupun demikian, Engelbart serta English sudah diketahui dunia selaku penemu Mouse awal di dunia meski mereka tidak memperoleh royalty sedikitpun atas fitur yang sudah mereka adakan tersebut.

Jenis-Jenis Mouse Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis mouse komputer :

1. Mouse Trackball (Mechanical Mouse)

Diucap mouse trackball sebab pada bagian dasar mouse ini ada suatu bola yang bisa menggerakkan kursor.

Bola ini bisa menggerakkan kursor dengan metode beralih serta menyambungkan ke sensor yang terdapat pada bagian dalam mouse.

Kelebihan dan kekurangan mouse trackball :

Kelebihan :

Harga mouse trackball relatif lebih murah.

Kekurangan :

  • Harus selalu di bersihkan untuk menghilangkan debu yang menempel pada bola-bolanya yang bisa menghambat  putaran pada sensornya, sehingga mouse trackball tidak bisa bekerja dengan baik dalam merespon pergerakan penggunanya.
  • Tingkat akurasinya lebih kecil dari mouse optical.

2. Mouse Serial

Mouse serial ialah tipe mouse dengan port berupa bus yang mempunyai banyak pin. Port serial ini diucap pula port VGA.

Kita masih dapat menciptakannya pada kabel sambungan cpu mengarah monitor pc ataupun dari laptop mengarah proyektor.

Kelebihan dan kekurangan mouse serial :

Kelebihan :

Masih cocok dan berguna pada komputer-komputer versi lama.

Kekurangan :

Sudah tidak di dukung lagi dengan teknologi yang modern menggunakan HID.

3. Mouse Optical

Mouse optical ataupun kerap diucap mouse optik ialah mouse yang dikala ini sangat kerap ditemui.

Mouse ini mengandalkan sinar berbentuk laser buat menggerakkan kursor sehingga lebih ringan serta bisa digunakan pada alas apapun.

Kelebihan dan kekurangan mouse optical

Kelebihan :

  • Lebih sensitif terhadap pergerakkan.
  • Tidak harus permukaan mouse pad yang rata.

Kekurangan :

  • Sinar LED yang berbahaya untuk penglihatan.
  • Lebih mahal.

4. Mouse USB

Mouse USB merupakan mouse dengan port USB dengan 2 sisi atas dasar (bagian penancap serta lubang).

Mouse ini kerap digunakan serta mengadaptasi port mirip flashdisk.

Dikala ini baik mouse trackball jenis terkini sampai mouse optik cenderung memakai port tipe USB.

Kelebihan dan kekurangan mouse USB :

Kelebihan :

  • Tidak mengenal delay pada pointer/cursor
Sensitivitas mouse USB tingga sehingga ketepatan antara gerakan mouse dengan pointer/cursor sejalan.

  • Harga tidak mahal/terjangkau
Bagi kamu yang tidak memiliki cukup budget untuk membeli yang mahal, jangan risau untuk tidak bisa punya mouse.

Mouse USB relatif lebih murah dan lumayan terjangkau di pasaran. Sekitar antara 50-60 ribuan.

  • Tidak membutuhkan baterai
Mouse USB tidak membutuhkan baterai seperti mouse wireless. Kamu cukup menyambungkan mouse USB ke port USB yang tersedia di komputer atau laptop kamu, sehingga bisa langsung di gunakan.

Kekurangan :

  • Tampilan kurang menarik
Tampilan mouse USB sangat sederhana sehingga terlihat kurang menarik karena kebanyakan menggunakan warna polos. Kemudian, agak sedikit risih ketika menggunakannya.

  • Jangkauan terbatas
Ketika menggunakan mouse USB, bisa di pastikan ruang gerak untuk mouse kamu menjadi terbatas. Ruang gerak kamu di pengaruhi oleh panjang atau pendeknya kabel mouse yang kamu gunakan.

5. Mouse PS2

Mouse PS2 mempunyai kepanjangan ialah port serial type 2.

Port pada mouse ini masih berupa lubang-lubang kecil yang ditancapkan pada pin-pin.

Tetapi berbeda dengan port serial yang berupa bis, port type 2 ini berupa bundaran serta tanpa memakai sekrup pemutar.

Port tipe ini tadinya sama dengan port audio serta pembedanya merupakan dari warna hijau yang terdapat pada port.

Kelebihan dan kekurangan mouse PS2

Kelebihan :

  • Harga lebih murah.
  • Cocok untuk komputer-komputer versi lama.
  • Tidak membebani kerja processor
Kekurangan :

  • Tidak bisa plug and play.
  • Jika komputer atau laptop tidak ada penghubung PS2 mesti harus pakai converter ke USB
  • Kurang fleksibel intalasinya.

6. Mouse Wireless

Mouse Wireless ialah mouse dengan teknologi terkini yang tersambung tanpa kabel.

Penggunaannya lumayan gampang ialah dengan memasang port USB mirip semacam flashdisk kecil yang ditancapkan pada pc/laptop.

Berikutnya mouse yang telah disi baterai bisa digunakan pada jangkauan jarak dekat ataupun agak jauh.

Kelebihan dan kekurangan mouse wireless :

Kelebihan :

Mouse wireless mempermudah pengguna yang malas mengatur kabel yang lumayan banyak. Apalagi kalau setup komputer atau laptop di atas meja yang sempit.

Setelah itu, dari segi kenyamanan, mouse wireless umumnya di buat desain yang keren serta di bekali lampu-lampu LED sebagai hiasannya. Jadi, setup komputer bakal kelihatan bagus, apalagi buat para gamer sejati. Hihih...

Kekurangan :

Ada resiko di balik pemakaian dan pemasangan mouse wireless yang mudah dan tidak ribet. Dimana pengguna akan di hadapkan dengan borosnya baterai. Ketika kamu memakainya selama seharian penuh, maka akan sering mengganti baterai.

Ternyata untuk pengguna yang memakai mouse wireless ini seharian penuh, maka kebutuhan baterai akan besar dan boros. Tapi tidak seluruh mouse wireless yang mempunyai dampak demikian, karena beda harga beda kualitas produk.

Jika kamu yang mau mempunyai mouse wireless ini dengan harga mouse yang hanya 30-40 ribuan, perlu di waspadai. Karena harga yang murah akan lebih rentan terjadi error, apalagi buat di pakai seharian.

Error yang di katakan tadi bukan hanya mouse yang berkemungkinan tidak terdeteki sebagai driver atau cursor tidak bergerak pada saat di gerakkan, tapi juga pergerakan cursor yang tidak sesuai lagi dengan perintah sewaktu menggerakkan tangan.

Fungsi Mouse

Mouse mempunyai fungsi utama sebagai pointing device, ialah menggerakan pointer pada layar monitor baik itu personal computer (Komputer) ataupun laptop. Tetapi tidak hanya guna tersebut, bila kita cermati lebih lanjut nyatanya mouse ini memiliki banyak manfaat yang kerap tidak kita sadari. Berikut merupakan sebagian guna mouse yang butuh kamu tahu:

1. Buat Mengeksekusi Sesuatu Program

Mouse mempunyai peranan berarti dalam perihal ini. Kita hendak sangat kerap memakai mouse buat membuka file ataupun melaksanakan program. Pada biasanya sesuatu file maupun program bisa dibuka serta dijalankan dengan metode melaksanakan double click.

2. Buat Memilah Objek

Memilah ialah kegiatan yang tidak dapat kita jauhi dalam dunia pc. Mulai dari memilah file, folder, apalagi perkata dalam program penyusunan semacam Microsoft Word. Dengan memakai mouse kita bisa melaksanakan opsi cocok keinginan.

3. Melaksanakan Drag Serta Drop

Dengan memakai mouse kita kerapkali melaksanakan proses drag and drop pada item-item di dalam pc kita, mulai dari pembedahan move, cut, hingga copy. Dengan didukungnya keahlian ini lewat mouse, mempermudah kita dalam melaksanakan operasi-operasi simpel tersebut.

4. Memperoleh Data Lewat Hover Mouse

Hover merupakan kondisi dimana pointer kita terletak pada menu, file, ataupun folder tertentu. Kala pointer terdapat dalam keadaan hover, hingga kita hendak memandang suatu data yang ditampilkan. Data inilah yang diucap selaku tooltips. Guna ini sangat bermanfaat untuk kita buat lekas mengenali apakah guna dari item yang hendak kita click. Bisa jadi Kamu kurang atensi dengan fitur yang satu ini. Jadi kala Kamu mengoperasikan pc ataupun laptop Kamu, cobalah buat melaksanakan eksplorasi menimpa fitur hover ini.

5. Melaksanakan Operasi Scroll

Coba Kamu cermati apa yang sangat kerap Kamu jalani kala tengah membaca artikel-artikel dalam halaman ini. Ya. Benar sekali. Kamu sangat banyak melaksanakan scrolling, ialah proses menjelajahi isi halaman dengan menggulungnya.

Pasti scrolling tidaklah salah satunya metode biar Kamu dapat membaca postingan ini terus ke dasar. Selaku gantinya Kamu dapat memakai ciri panah (arrow) pada keyboard Kamu. Tetapi itu sangat tidak instan. Jelas kalau fitur dorongan mouse ini sangat menolong kegiatan Kamu dalam mengoperasikan pc ataupun laptop Kamu.

6. Fungsi Lain Mouse

Fungsi lain yang diartikan di sini merupakan fungsi-fungsi lanjut dari mouse yang biasanya digunakan pada bahasa pemrograman. Bila Kamu merupakan seseorang programmer, pasti Kamu tidak asing dengan perihal ini. Selaku contoh kala kita membuat suatu program, kita menginginkan sesuatu event berjalan kala mouse lagi melaksanakan sesuatu prosedur.

Penyebab Mouse Nyala Tapi Tidak Berfungsi

Mouse yang menyala tapi tidak berfungsi sehingga menyebabkan kursor tidak bergerak mempunyai banyak sebab.. Setiap kasus mempunyai faktor yang berbeda-beda sehingga harus di lakukan cek terlebih dahulu untuk bisa memperbaiki masalah tersebut. Jika penyebabnya sudah di ketahui, maka kamu akan dengan mudah memperbaiki kerusakan yang terjadi. Berikut ini lah beberapa penyebab mouse menyala tapi tidak berfungsi :

1. Ada Kabel Mouse Yang Putus

Di dalam mouse mempunyai 4 kabel yang berfungsi beda-beda. Yang pertama itu adalah kabel warna merah yang berarti kabel power, kemudian warna putih, setelah itu warna hijau yang berarti kabel data, selanjutnya yang terakhir yaitu warna hitam yang di pakai sebagai ground. Jika kasus yang kamu alami yakni mouse nyala tapi tidak berfungsi bisa jadi salah satu kabel data yang putus sehingga kursor tidak dapat bergerak.

2. Port USB Komputer Atau Laptop Rusak

Mouse yang tidak berfungsi tidak selamanya kursor yang mengalami kerusakan. Akan tetapi bisa jadi port USB komputer atau laptop kamu yang mengalami kerusakan. Bisa saja pada bagian power masih mengalir arus listrik, tapi d bagian data yang rusak. Hal ini juga membuat mouse nyala tapi tidak berfungsi.

3. Port USB Tidak Kompatibel

Seperti yang kita ketahui bahwa post USB mempunyai beberapa tipe mulai dari 2.0 yang terbaru yaitu 3.0. Port USB yang beda tipe bisa mempengaruhi terhubungnya 1 port dengan port yang lainnya. Jika mouse kamu nyala tapi tidak berfungsi, berkemungkinan port USB tersebut tidak cocok, sehingga mouse gagal tersambung yang menyebabkan cursor tidak dapat bergerak secara normal.

4. Fungsi Optical Rusak

Kebanyakan mouse sekarang ini memakai sistem optik seperti sinar infrared untuk mendeteksi suatu pergerakan. Jika fungsi infrared pada mouse rusak, maka dapat di pastikan bahwa cursor tidak dapat bergerak. Pada kendala ini umumnya lebih mudah di kenali karena tombol klik dan scroll masih dapat berfungsi normal. Kerusakan pada optik seperti ini akan sangat susah untuk di perbaiki.

Cara Mengatasi Mouse Yang Menyala Tapi Tidak Berfungsi

Jika mouse kamu menyala tapi tidak berfungsi jangan cepat-cepat untuk kepikiran mengalami kerusakan, apalagi sampai mau membuang mouse tersebut. Bisa jadi hal yang di sebabkan oleh masalah ringan yang sebetulnya bisa di selesaikan dengan baik dan benar. Ini cara mengatasi mouse nyala tapi tidak berfungsi dengan normal.

1. Cabut dan Pasang Lagi

Cara ini mungkin sedikit terdengar agak lucu. Tapi jangan juga menertawakannya dahulu. Mencabut port USB mouse pada kursornya tidak bergerak, setelah itu menyambungkannya lagi bisa membuat posisi kursor kembali pas.

2. Update Driver

Driver memang sangat berperan penting dan juga vital terhadap hardware. Hardware tidak akan dapat di gunakan tanpa adanya bantuan driver. Seperti itu juga dengan mouse. Jadi, jika mouse kamu menyala tapi tidak berfungsi, silahkan di coba untuk mengupade driver ke versi terbaru. Kamu bisa melihatnya di Device Manager dari System Properties.

3. Konfigurasi BIOS

Pengaturan di BIOS juga dapat mempengaruhi berfungsi atau tidaknya sebuah hardware. Silahkan cek di BIOS komputer atau laptop kamu apakah ada fitur hidupkan/matikan (atau dalam bahasa Inggris "Enable/Disable") atau tidak. Jika ada pastikan kamu telah menyalakannya dengan cara mengubah konfigurasi tersebut menjadi hidup. Jika salah setting biasanya akan menjadi masalah sepele yang membuat kesal.

4. Gunakan Converter USB

Pada saat mouse nyala tapi tidak berfungsi karena USB yang di gunakan tidak cocok, kamu bisa memperbaikinya dengan memakai converter USB. Cara ini bisa membantu port USB dari mouse yang tidak cocok menjadi terdeteksi di komputer atau laptop. Jika mau, kamu dapat membelinya di toko-toko komputer di daerahmu.

5. Bongkar Mouse

Cara yang terakhir ini sangat beresiko jika salah dalam melakukan pembongkaran mouse yang ujung-ujungnya bisa rusak permanen. Membongkar mouse bisa di lakukan bila ada kerusakan tertentu seperti kabel mouse putus atau optik dari mouse rusak. Anda bisa mempelajari cara untuk menyambungkan mouse terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan untuk membongkarnya. Cara ini paling sulit di lakukan, tapi ini jalan satu-satunya jika mouse rusak secara fisik.

Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar untuk "Sejarah Mouse Komputer : Jenis, Fungsi, Serta Kelebihan Dan Kekurangan"