Cara Menurunkan Suhu PC Menggunakan Undervolt

Cara Menurunkan Suhu PC Menggunakan Undervolt

Cara menurunkan suhu PC menggunakan undervolt - Undervolt merupakan proses mengurangi voltase yang berlebihan pada CPU, dengan maksud untuk memaksimalkan pemakaian daya voltase. Tidak seperti underclock ataupun overclock pada umumnya yang mempengaruhi performa, justru undervolt malahan tidak mempengaruhi performa pada komputer. Tapi pemakaian undervolt harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari komputer, sehingga settingannya tidak selalu di pakai jika komputer tidak dalam voltase yang tinggi.

Penting : Sebelum melakukan undervolt pada komputer kamu, pastikan mengetahui daya voltase pada CPU komputer kamu tersebut. Efek pemakaian udnervolt bisa mengakibatkan komputer bluescreen atau error pada saat menjalankan game, apabila voltase yang di atur tidak sesuai dengan CPU komputer.

Berikut caranya :

  1. Download aplikasi ThrottleStop di laman resminya. Jika sudah download, silahkan di install terlebih dahulu, kemudian buka aplikasinya.
  2. Di halaman utama, pilih opsi FIVR untuk membuka setting Turbo FIVR Control.
  3. Di bagian FIVR Control, pilih opsi CPU Core.
  4. Nah, untuk mengubah pengaturan voltase, checklist opsi Unlock Adjust Voltage. Di bagian Offset Voltage, atur nilai voltase yang menyesuaikan kebutuhan CPU. Lakukan ini secara bertahap, agar tidak menimbulkan error nantinya.
  5. Jika sudah, silahkan klik Apply di bagian bawah aplikasi. Kamu juga dapat memilih opsi untuk menyimpan ke pengaturan dari aplikasi dan apabila nilai voltase tidak di simpan, maka yang sudah di atur tadi akan restart seperti semula.
  6. Di halaman dashboard aplikasi, hilangkan opsi Disable Turbo untuk mengurangi kecepatan CPU komputer.

Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menurunkan Suhu PC Menggunakan Undervolt"