Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Overclock Beserta Resiko Dari Overclock

A. Pengertian Overclock

Syukraka.com - Overclock adalah tindakan untuk meningkatkan komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari standar pabrikannya. Overclock umumnya di lakukan ke CPU dan GPU, tapi komponen yang lain juga dapat di overclock.

Meningkatkan clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari standarnya, tapi juga dapat meningkatkan panas yang berlebihan. Overclock dapat membuat komputer berjalan lebih cepat dari standarnya, namun juga membutuhkan pendinginan atau cooler dan perawatan perangkat yang rutin. Jika tidak memberikan cooler yang tepat, maka salah satu komponen komputer menjadi rusak, tidak stabil atau sistem operasi akan melakukan restart otomatis.

Tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kecepatan CPU, kita juga dapat mengatur kecepatan CPU dengan pengaturan yang tinggi atau multiplier pada BIOS, memaksa sistem bekerja lebih keras perdetiknya.

B. Bisakah Kita Melakukan Overclock ?

Jawabannya yaitu tergantung dari motherboard yang kita pakai, kebanyakan motherboard Intel CPU di pasarkan dengan locked multiplier, sehingga mencegah kita untuk melakukan overclock. Tapi ada juga Intel yang menyediakan motherboard yang khusus untuk overclock, yaitu Extreme Edition dengan CPU Unlocked Multiplier.

Jika kita mau membuat PC gaming yang cepat dan kuat maka kita harus siap dengan pendinginan  menggunakan air atau water cooling system. Dengan begitu komponen atau perangkat keras yang di overclock akan lebih terkendali sehingga tidak akan terjadi overheat. Namun, jika kita membeli komputer yang standar, berkemungkinan kita tidak bisa melakukan overclock.

C. Apakah Untung Dari Overclock ?

Keuntungan dari overclock pasti sudah jelas, yaitu kalau komputer kita jika di overclock akan lebih cepat berjalan dari standarnya. Tapi sepertinya overlock sudah tidak di butuhkan lagi dengan semakin majunya teknologi.

Bagi gamers yang mau hardware komputer mereka berjalan lebih kencang dengan menggunakan overclock, sepertinya  CPU modern sekarang tidak membutuhkan overclock lagi. CPU zaman sekarang yang menggunakan kartus grafis atau graphic card tidak akan ada pengaruhnya ketika menggunakan overclock.

D. Resiko Penggunaan Overclock

Beberapa komputer khusus gaming pasti tau bahwa overclock bisa meningkatkan performa dari laptop yang di gunakan. Overclock dapat meminimalisir biaya dengan cara menaikkan performa seperti komponen pc yang memiliki spesifikasi yang jauh berbeda seperti yang kita miliki.

Jika pc di overclock maka perlu di perhatikan juga resiko yang di timbulkannya, yaitu :

- System Menjadi Tidak Stabil

Kalau overclock yang sudah melewati batas maksimum, maka hal yang tidak di inginkan akan terjadi, yaitu system instabilities atau ketidakstabilan sistem. Sistem yang tidak stabil juga bermacam-macam, mulai dari aplikasi yang error, sampai dengan bluescreen.

Penyebabnya yaitu umumnya cuman karena komponen yang di overclock kekurangan daya atau voltase, maka hal ini bisa error sendiri.

- Boros Daya

Meningkatkan performa berarti meningkatkan daya listrik. Kebutuhan listrik pun meningkat. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang serius, karena komponen sirkuit sudah di rancang sedemikian rupa oleh pabrik untuk mendapatkan tegangan yang sesuai, jika sudah di overclock maka secara tiba-tiba komponen mendapatkan tegangan yang tinggi. Maka hasilnya dapat membuat pc menjadi tidak stabil, bisa menyebabkan kebakaran dan biaya tagihan listrik meningkat.

- Overheat Atau Panas Berlebih

Resiko yang sering terjadi ketika di overclock adalah overheat atau panas yang berlebihan pada komponen. Setiap komponen di dalam pc tidak semuanya di buat untuk di overclock. Jika kita terus memaksa untuk overclock, apalagi tidak di imbangi dengan sistem pendinginan yang baik, maka panas yang berlebihan tesebut akan mengurangi masa pakai dari komponen itu sendiri.

- Garansi Langsung Hangus

Beberapa produsen melarang penggunanya untuk melakukan overclock pada komponen. Hal tersebut di sebabkan karena komponen akan rusak di overclock secara terus-menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa memperdulikan standar produsen pabrik. Pastinya hal ini dapat menghilangkan status garansi dari produk yang di overclock.

- Umur Komponen Menjadi Berkurang

Setelah di overclock secara terus-menerus, sudah di pastikan komponen yang di overclock akan berkurang umurnya, atau bisa saja hal yang paling bahaya yaitu bisa panas berlebihan dan langsung meledak dan tidak bisa di pakai kembali.

Walaupun resiko kebakaran lebih rendah pada saat sekarang ini, karena banyaknya produsen yang membuat komponen komputer dengan pendinginan atau cooler yang efektif seperti water cooling dan mainboard yang di desain khusus overclock. Tapi, bukan berarti resiko kebakaran benar-benar bisa di hindari. Oleh sebab itu, sebelum mengoverclock, kalian harus mempertimbangkan dan menyiapkan diri untuk resiko yang mungkin terjadi di dalam melakukan overclock. Dan yang terpenting sekali yaitu kalian harus tau dulu bagaimana cara overclock yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Overclock Beserta Resiko Dari Overclock"