Cara Supaya CPU Tidak Panas

 
Cara Supaya CPU Tidak Panas

Cara Supaya CPU Tidak Panas - Suhu CPU yang panas pada saat bermain game berat adalah hal yang wajar. Rata-rata suhu CPU berkisar antara 70-80 derajat celcius waktu memainkan game berat atau menjalankan aplikasi rendering video.

Tapi, jika lebih dari suhu tersebut, berarti ada hal yang aneh di dalam komputer ataupun laptop sehingga harus segera di atasi. karena, suhu CPU yang kepanasan bisa merusak komponen yang ada di dekatnya, seperti motherboard, bahkan juga bisa merusak CPU tersebut yang mengalir ke sistem BIOS komputer sehingga tidak bisa hidup lagi.

Berikut ini ada 9 cara yang dapat kamu lakukan yang sebagian cocok untuk komputer dan sebagian lagi cocok untuk laptop. Silahkan di pilih saja yang sesuai.

1. Bersihkan Kipas Dari Debu Yang Menempel Agar Sirkulasi Udara Mengalir Dengan Lancar

Apabila kamu ingin sekali memakai casing terbuka, hal ini boleh-boleh saja. Tapi membersihkan kipas dan heatsink dari debu yang menempel adalah kegiatan wajib yang harus di lakukan secara rutin.

Kamu juga dapat memakai blower listrik, air duster, atau blower tangan untuk menyemprot debu sampai keluar dari sela-sela komponen. Cara ini cukup di sarankan apabila kamu tidak mau membongkar komponennya.

2. Gunakan Casing Yang Tertutup Rapat Supaya Debu Tidak Masuk Ke Heatsink

Pendapat dari beberapa orang, casing yang terbuka berkemungkinan udara masuk dengan lapang dan bisa mendinginkan prosesor atau CPU. Ini terdengar masuk akal, tapi efek sampingnya tidak sebanding dengan cara tersebut.

Debu juga menjadi lebih gampang menempel di heatsink dan kipas sehingga aliran udara yang keluar ke CPU menjadi lebih sedikit dan pada akhirnya membuat proses pendinginan tidak efisien.

3. Tingkatkan Kecepatan Kipas Dengan Memakai Software

Software gratis bernama HWMonitor mempunyai kemampuan menaikkan kecepatan kipas ketika CPU mencapai suhu tertentu. Dengan begitu, sambil bermain game berat, software ini akan mengatasi kecepatan kipas secara otomatis.

4. Tambah Penggunaan Kipas Untuk Memaksimalkan Sirkulasi Udara

Kebanyakan pemilik komputer membiarkan begitu saja slot kipas yang kosong tidak di isi. Mereka beranggapan kipas untuk CPU dan GPU saja sudah cukup lumayan, sementara itu yang lain tidak di butuhkan.

Padahal pabrik pembuat casing sengaja melebihkan slot kipas karena mereka tahu bahwa kipas bawaan pabrik tidaklah cukup.

Usahakan menambah 1 atau 2 kipas lagi di casing komputer kamu. Biarlah banyak membeli tapi komputer selalu safety, tidak kepanasan, dan memperpanjang umur juga. Harganya pun terjangkau, sekitar 20 rb an, ini bisa secara signifikan menurunkan panas yang di hasilkan oleh CPU.

Dan untuk pengguna laptop bisa memakai cooling pad atau vacum cooler yang bisa menurunkan panas laptop dari bawah ataupun dari samping laptop. Itu cukup membantu mendinginkan komponen laptop yang relatif overheat.

5. Beri Ruang CPU Dengan Mematikan Fitur Yang Tidak Perlu

Kamu pasti tidak sadar kalau ada proses latar belakang yang banyak dan tidak butuh berjalan ? Efeknya bisa juga membuat CPU panas.

Cara mengatasinya pun cukup mudah, buka Task Manager dengan klik kanan gambar windows, lalu pilih Task Manager, atau juga bisa dengan menekan kombinasi keyboard CTRL+SHIFT+ESC, setelah itu menuju tab process. Untuk mematikan program yang tidak di butuhkan, cukup klik programnya kemudian tekan End Task.

Ada juga program yang berjalan otomatis pada saat windows startup. Dan ini juga perlu agar CPU tidak panas. Caranya yaitu, pergi ke tab Startup kemudian cari program yang tidak di butuhkan, setelah itu klik Disable.

6. Menonaktifkan Fitur Overclock Pada CPU

Bagi yang tidak tahu apa itu overlocking, silahkan baca artikel mengenai overclocking tersebut ini terlebih dahulu.

Memang benar jika overclocking ini meningkatkan kinerja CPU secara cepat, tapi di sisi lainnya juga akan meningkatkan panas yang berlebih, dan juga menambah beban kerja CPU, walaupun dalam kondisi idle.

Mungkin overclocking terdengar cukup menarik untuk di lakukan, tapi pikir kembali mengingat beban kerja CPU yang bertambah, dan juga akan meningkatkan panas yang berlebih. Jika kamu ingin juga menggunakannya, maka overclock lah sewajarnya saja, atau tidak lebih dari jumlah maksimumnya. Jika tidak butuh, maka overclocknya di matikan saja.

7. Kurangi Pengaturan Graphic Game Supaya Panas GPU Tidak Berdampak Ke CPU

Secara teknis, graphic pada game diolah oleh GPU yang ada di kartu graphic. Jika di atur ke level tertinggi, beban kerja GPU akan meningkat dan akan menyebabkan panas yang berlebih.

Karenda dalam ekosistem yang sama, suhu GPU praktis memengaruhi suhu CPU karena mereka bagi ruang di dalam casing.

Jangan hanya fokus pada keindahan graphic, tapi fokuslah pada saat pengalaman bermain. Admin sangat menganjurkan untuk download Geforce Experience karena software tersebut bisa memilih pengaturan game yang tepat dengan spek komputer kamu.

8. Suhu Ruangan Juga Mempengaruhi Suhu Di Dalam CPU

Sistem pendingin pada komputer sangat bergantug kepada kondisi udara dimana dia berada. Tapi jika memungkinkan, cobalah untuk mengurangi temperatur AC atau kipas angin ke arah komputer.

Hal ini secara efektif mengurangi udara panas yang masuk ke dalam casing komputer.

Jika kamu tidak ada AC atau kipas angin yang layak, meletakkan komputer atau laptop di dekat ventilasi atau ruang terbuka dapat di terapkan sebagai alternatif.

9. Jika Butuh, Pilihlah Komponen Yang Mempunyai Kipas Sendiri

Biasanya, ada 3 komponen yang membutuhkan kipas yaitu, PSU (Power Supply), GPU dan CPU. Tapi ada juga komponen yang lainnya memiliki kipas sendiri yaitu, RAM dan SSD.

Dengan ini, suhu di dalam casing lebih terjaga dan mengurangi beban kerja pada kipas yang lainnya.

Nah, jadi itu saja cara menjaga supaya CPU tidak panas. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Supaya CPU Tidak Panas"